πŸ“’ SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   πŸ“’ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Evaporator AC Mobil Mitsubishi Kotor? Penting Untuk Segera Ditangani

Evaporator AC Mobil Mitsubishi Kotor, Penting Untuk Segera Ditangani

Bagi Anda yang menggunakan mobil pabrikan Mitsubishi, ada beberapa tanda evaporator AC mobil Mitsubishi kotor. Tanda dari evaporator kotor ini tentunya tidak boleh disepelekan. Hal ini karena evaporator memiliki peran yang penting di dalam mobil, terutama untuk bagian AC mobil. Dimana dengan adanya AC pada mobil, akan dapat membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman, terutama pada saat musim panas yang terik dengan sinar matahari yang menyengat.

Dalam AC mobil sendiri, terdapat beberapa komponen penyusun yang bekerja bersama. Salah satu komponen penting di dalam AC mobil ini adalah evaporator. Seiring dengan penggunaan dari AC mobil yang terlalu sering dan jarang di bersihkan. Maka, evaporator AC akan menjadi kotor, dan berikut ini akan saya bahas tentang penyebab dari evaporator AC mobil Mitsubishi kotor.

Mengenal Tentang Evaporator AC Mobil

Sebelum kita membahas tentang penyebab dari evaporator AC mobil Mitsubishi Kotor. Alangkah baiknya jika kita juga harus mengetahui tentang apa itu evaporator mobil. Evaporator mobil merupakan bagian yang terdapat di dalam sistem pendingin pada AC. Dimana komponen ini terletak di antara kompresor dan juga katup di bagian ekspansi.

Fungsi dari evaporator yang ada pada sistem AC ini berguna untuk menangkap hawa panas. Dimana setelah ditangkap, hawa panas ini kemudian akan disalurkan ke bagian refrigerant untuk di ubah menjadi sebuah hawa dingin. Jika pada bagian komponen evaporator ini mengalami kerusakan atau mungkin juga kotor. Maka, secara otomatis AC mobil juga tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan menghasilkan udara dingin.

Dampak Evaporator AC Mobil Mitsubishi Kotor

Dampak Evaporator AC Mobil Mitsubishi Kotor

Untuk lebih jelas tentang akibat dari evaporator AC mobil Mitsubishi kotor, berikut ini akanΒ  dijelaskan dampak dari evaporator AC mobil Mitsubishi kotor dan juga bagaimana cara untuk bisa mengatasi permasalah tersebut.

AC Mobil Tidak Dingin

Hal pertama yang menjadi akibat dari evaporator AC mobil Mitsubishi kotor adalah AC yang tidak diingin. Mungkin, beberapa dari Anda pernah mengalami hal yang serupa. Dimana, meskipun AC mobil sudah disetel pada posisi paling dingin. Tetapi, Udara yang keluar justru tidak terasa dan lebih parahnya, yang keluar dari AC tersebut hanya bunyi dengan angin kecil.

Kondisi AC yang seperti ini, bisa terjadi karena permasalahan pada bagian evaporator. AC yang tidak bisa dingin biasanya disebabkan karena evaporator yang mengalami bocor atau bisa juga kotor. Dimana seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa evaporator ini berguna untuk mengubah udara panas menjadi dingin. Sehingga apabila evaporator kotor, Udara yang disirkulasikan ini akan mampat oleh kotoran yang menumpuk, dan kemudian membuat AC menjadi tidak dingin karena udara dingin yang ada terjebak di dalamnya.

AC Mobil Mengeluarkan Bau yang Tidak Sedap

Setelah menyebabkan AC menjadi tidak dingin, evaporator AC mobil Mitsubishi kotor ternyata juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Beberapa dari Anda para pengguna mobil, tentunya pernah mengalami hal yang seperti ini. Dimana pada saat Anda sedang berkendara, Anda mencium bau yang tidak sedap dan sangat menggangu. Bau ini, biasanya berasal dari AC mobil yang disebabkan oleh evaporator yang kotor.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Evaporator AC mobil Mitsubishi kotor ini dapat mengakibatkan keluarnya bau yang tidak sedap dari dalam AC mobil. Hal ini disebabkan karena sebuah kotoran yang berasal dari udara, dimana kotoran tersebut akan menumpuk dan kemudian mengendap pada bagian evaporator. Kotoran yang mengendap di dalam evaporator ini dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap dikarenakan oleh bakteri. Oleh karena hal itu, sangat penting bagi para pemilik mobil untuk mengecek secara rutin dan juga membersihkan bagian evaporator mereka.

Baca Juga: Kenali Penyebab serta Solusi Evaporator AC Mobil Kotor

Memberikan Hembusan AC Mobil yang Pelan

Selain dengan hal di atas, evaporator AC mobil Mitsubishi kotor juga bisa menyesuaikan AC mobil menjadi berhembus secara pelan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa evaporator yang kotor bisa membuat AC menjadi tidak dingin karena kotoran yang menyumbatnya. Sama halnya dengan hal itu, evaporator AC yang kotor juga akan bisa membuat AC menjadi berhembus pelan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda yang jelas bahwa evaporator AC mobil perlu untuk dibersihkan.

Biasanya, evaporator yang berhembus pelan ini akan dibarengi dengan AC mobil yang terasa panas. Hal ini mungkin terjadi karena udara yang masuk kedalam evaporator dan harus di sirkulasikan, terpaksa mampet disebabkan oleh kotoran yang ada. Sehingga, karena udara yang tidak bisa keluar ini akhirnya AC pun menjadi terasa panas. Selain karena kotoran, hembusan AC yang pelan ini juga bisa terjadi karena evaporator yang mengalami kebocoran sehingga menyebabkan freon habis.

Selain dengan itu, kisi-kisi yang ada pada evaporator yang rontok juga bisa menghambat sirkulasi udara yang ada pada evaporator.

Cara Memeriksa Kondisi Evaporator AC Mobil

Setelah mengetahui tentang apa saja tanda dari evaporator AC mobil Mitsubishi kotor. Selanjutnya, Anda juga harus tahu bagaimana cara untuk melakukan pengecekan evaporator mobil. Pengecekan pada bagian evaporator ini perlu dilakukan agar AC dapat berjalan dengan normal seperti yang sehat. Untuk bisa mengetahui kondisi dari evaporatoe mobil, maka Anda perlu untuk melakukan pembongkaran terhadap evaporator terlebih dahulu.

Setelah evaporator mobil ini berhasil dicopot, maka selanjutnya Anda perlu untuk membersihkan kotoran yang ada pada bagian evaporator terlebih dahulu. Setelah itu, selanjutnya Evaporator mobil kemudian akan diberi tekanan udara sebesar 250 Psi. Sebelum akhirnya evaporator mobil tadi dimasukan ke dalam bak berisi air. Pada saat evaporator mobil sudah berhasil direndam.

Maka, apabila ada sebuah kebocoran yang terjadi atau juga masalah lain pada evaporator akan bisa terlihat. Karena, jika terdapat sebuah gelembung udara yang keluar pada saat evaporator direndam. Maka, akan secara otomatis menunjukkan bahwa kondisi evaporator mengalami sebuah kebocoran.

Tips Membersihkan Evaporator AC Mobil Mitsubishi Kotor

Evaporator AC mobil Mitsubishi kotor menyebabkan banyak sekali permasalahan pada AC mobil Mitsubishi. Oleh karena hal itu, melakukan pembersihan tentunya sangat penting dilakukan. Evaporator AC mobil yang kotor ini bisa dilakukan pembersihan di bengkel resmi seperti di bengkel Dokter Mobil atau bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Bagi Anda yang ingin melakukan pembersihan evaporator sendiri, maka langkah yang perlus dilakukan juga cukup mudah.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk melakukan pembersihan ini adalah membersihkan evaporator menggunakan cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan evaporator. Anda perlu mengingat bahwa membersihkan evaporator ini tidak boleh menggunakan air sabun. Hal ini disebabkan, air sabun akan dapat menyebabkan karat pada bagian evaporator. Sehingga, jika ingin melakukan pembersihan, hanya gunakan cairan pembersihan khusus.

Langkah pertama, bersihkan filter AC terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian evaporator. Hal ini dikarenakan apabila evaporator mobil kotor, filter AC juga akan dipastikan ikut kotor. Setelah membersihkan filter AC, semprotkan cairan pembersih kebagian evaporator. Hal ini dilakukan dengan menyemprot cairan tersebut ke dalam blower AC.

Kemudian tunggu sekitar 15 hingga 20 menit agar cairan tersebut dapat meresap ke bagian evaporator. Apabila sudah selesai, bilas evaporator mobil dengan air bersih. Hal ini bertujuan agar kotoran yang menempel terbuang bersama dengan cairan pembersihnya. Selanjutnya, pasang kembali bagian evaporator.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!