📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab dan Solusi Mesin Overheat saat AC Menyala

Penyebab dan Solusi Mesin Overheat saat AC Menyala

Apakah Anda pernah mengalami mesin mobil yang overheat saat AC menyala? Jika iya, maka Anda tidak sendirian. Masalah ini adalah hal yang umum terjadi pada mobil, terutama pada musim panas yang panas. Namun, mesin overheat tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan membuat mobil tidak dapat digunakan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab mesin overheat saat AC menyala dan solusinya. Kami juga akan memberikan informasi tentang mengapa Anda harus membawa mobil Anda ke dokter mobil untuk menyelesaikan masalah ini.

Penyebab Mesin Overheat saat AC Menyala

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mesin mobil overheat saat AC menyala. Mari kita bahas faktor-faktor tersebut.

  1. Kebocoran Kipas Radiator

Kipas radiator memiliki peran penting dalam menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Kipas tersebut membantu menjaga aliran udara yang masuk ke dalam mesin. Jika kipas radiator bocor atau rusak, maka sirkulasi udara yang masuk ke mesin akan terhambat. Akibatnya, suhu mesin akan naik dan menyebabkan mesin overheat.

Solusinya: Untuk mengatasi masalah ini, segera bawa mobil Anda ke dokter mobil untuk diperiksa dan diganti kipas radiator yang bocor atau rusak.

  1. Kerusakan Termostat

Termostat adalah bagian penting dalam sistem pendingin mesin. Termostat membuka dan menutup aliran pendingin ke mesin, tergantung pada suhu mesin. Jika termostat rusak atau macet, maka aliran pendingin ke mesin akan terhambat dan menyebabkan mesin overheat.

Solusinya: Anda harus segera membawa mobil Anda ke dokter mobil untuk diperiksa dan diganti termostat yang rusak atau macet.

  1. Kurangnya Cairan Pendingin/Freon

Cairan pendingin berperan penting dalam menjaga suhu mesin stabil. Jika cairan pendingin kurang atau habis, maka mesin tidak akan dapat didinginkan dengan baik. Akibatnya, suhu mesin akan naik dan menyebabkan mesin overheat.

Solusinya: Pastikan Anda selalu memeriksa dan mengganti cairan pendingin secara teratur untuk menghindari masalah ini.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Radiator Tersumbat

Radiator yang tersumbat akan menghambat aliran udara dan cairan pendingin ke mesin. Akibatnya, suhu mesin akan naik dan menyebabkan mesin overheat.

Solusinya: Anda perlu membawa mobil Anda ke dokter mobil untuk membersihkan atau mengganti radiator yang tersumbat.

  1. Kerusakan pada Head Gasket

Head gasket adalah bagian yang menghubungkan kepala silinder dengan blok mesin. Jika head gasket rusak, maka dapat terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Akibatnya, suhu mesin akan naik dan menyebabkan mesin overheat.

Solusinya: Anda perlu membawa mobil Anda ke dokter mobil untuk memperbaiki atau mengganti head gasket yang rusak untuk mengatasi masalah ini.

  1. Kerusakan pada Water Pump

Water pump adalah pompa yang membantu sirkulasi cairan pendingin ke seluruh mesin. Jika water pump rusak atau bocor, maka sirkulasi cairan pendingin akan terhambat dan menyebabkan mesin overheat.

Solusinya: Anda perlu membawa mobil Anda ke dokter mobil untuk memeriksa dan mengganti water pump yang rusak atau bocor.

  1. Overload pada AC

AC yang overload dapat menyebabkan mesin overheat. Ini terjadi ketika beban pada sistem listrik mobil terlalu berat, sehingga mesin tidak dapat menangani beban tersebut.

Solusinya: Anda perlu membatasi penggunaan AC pada mobil, terutama saat mengendarai dalam kondisi macet atau lalu lintas yang padat.

Solusi Mengatasi Mesin Overheat saat AC Menyala

Ada beberapa solusi untuk mengatasi mesin overheat saat AC menyala pada mobil Anda. Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat membantu:

  1. Hentikan Mobil

Jika mesin mobil overheat, segera hentikan mobil di tempat yang aman dan jangan memaksa untuk terus melaju. Tunggu beberapa saat sampai mesin dingin sebelum Anda melanjutkan perjalanan.

  1. Periksa Cairan Pendingin

Pastikan bahwa cairan pendingin di dalam mobil Anda selalu terisi penuh. Jika cairan pendingin kurang, segera tambahkan cairan pendingin sesuai dengan petunjuk yang tertera di buku panduan.

  1. Matikan AC

Jika mesin mobil overheat saat AC menyala, matikan AC untuk mengurangi beban pada mesin. Tunggu beberapa saat sampai mesin dingin sebelum Anda menyalakan kembali AC.

  1. Periksa Kipas Radiator

Pastikan bahwa kipas radiator tidak bocor atau rusak. Jika kipas radiator rusak, segera bawa mobil Anda ke dokter mobil untuk diperiksa dan diganti.

Baca Juga: 9 Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

  1. Periksa Termostat

Pastikan bahwa termostat tidak rusak atau macet. Jika termostat rusak, segera bawa mobil Anda ke dokter mobil untuk diperiksa dan diganti.

  1. Periksa Radiator

Pastikan bahwa radiator tidak tersumbat. Jika radiator tersumbat, segera bawa mobil Anda ke dokter mobil untuk membersihkan atau mengganti radiator yang tersumbat.

  1. Periksa Head Gasket

Pastikan bahwa head gasket tidak rusak. Jika head gasket rusak, segera bawa mobil Anda ke dokter mobil untuk memperbaiki atau mengganti head gasket yang rusak.

  1. Periksa Water Pump

Pastikan bahwa water pump tidak rusak atau bocor. Jika water pump rusak atau bocor, segera bawa mobil Anda ke dokter mobil untuk memeriksa dan mengganti water pump yang rusak atau bocor.

Mengapa Anda Harus Membawa Mobil Anda ke Dokter Mobil untuk Menyelesaikan Masalah Ini?

Mesin overheat dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada mesin mobil Anda. Jika Anda mencoba untuk menyelesaikan masalah ini sendiri, Anda dapat membuat masalah menjadi lebih buruk dan merusak mesin mobil Anda secara permanen. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa mobil Anda ke Dokter Mobil untuk menyelesaikan masalah ini.

Mesin overheat saat AC menyala adalah masalah yang umum terjadi pada mobil. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini, seperti kebocoran kipas radiator, kerusakan termostat, kurangnya cairan pendingin, radiator tersumbat, kerusakan pada head gasket, kerusakan pada water pump, dan overload pada AC.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form