New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Faktor Penyebab dan Akibat Jika Thermostat AC Mobil Rusak

Faktor Penyebab dan Akibat Jika Thermostat AC Mobil Rusak

Thermostat AC merupakan komponen penting dalam pengntrol temperatur derajat suhu AC mobil anda. Sebab adanya thermostat, suhu mesin mobil tetap stabil meskipun panasnya sudah mencapai 80 hingga 90 derajat Celcius. Sudah terbayang betapa panasnya kabin mobil tanpa adanya thermostat?

Penyebab Thermostat AC Mobil Jadi Rusak

Thermostat AC

Kehidupan menghidupkan AC di siang atau malam hari biasanya dibarengi dengan menyetel ulang thermostat.

Kesalahan pemiliki mobil pada umumnya adalah memposisikan thermostat pada posisi paling dingin padahal udara diluar sedang dalam keadaan rendah (malah hari atau habis hujan).

Jika kinerja dari mesin mobil terganggu, otomatis akan menurun apabila mesinnya terlalu panas

Akibat Thermostat AC Mobil Rusak

1. Kinerja Thermostat Sangat Lama

Thermostat akan terbuka saat suhu mesin sangat panas atau dingin, dan akan tertutup saat suhu mesin kembali normal. Nah, pada saat thermostat rusak, kinerja untuk menstabilkan suhu ini menjadi sangat lama dan membuat suhu di dalam radiator menjadi sangat dingin.

2. Mesin Overheating

Pada saat thermostat rusak, suhu mesin mobil menjadi overheat yang berakibat pada keluarnya asap pada sat mesin sedang dioperasikan.

Mesin mobil yang overheating akan ditandai dengan menurunnya performa mobil saat sedang melaju, mesin terasa menggelitik sewaktu dibawa saat perkalanan jauh, suhu yang dihembuskan AC mobil tiba-tiba panas, dan warna oli yang mulai kecokelatan apabila overheatnya sudah terlalu parah.

3. Thermostat Macet

macetnya thermostat dapat diketahui saat katup thermostat tidak membuka pada saat suhu mesin mencapai 90 derajat celcius. Hal ini akan mengakibatkan sirkulasi ke radiator akan terhambat, sehingga hembusan AC mobil menjadi panas.

4. Boros Bahan Bakar

Bahan bakar akan mudah habis ketika thermostatnya rusak. Kenapa? Karena pada saat suhu mesin terlalu rendah, mesin membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak agar suhunya kembali ke suhu kerja yang sesungguhnya.

Jadi, biaya untuk bahan bakar akan dua sampai tiga kali lipat banyak dibandingkan saat thermostat masih baik-baik saja.

Lihat Juga : Menjaga AC Mobil Sehat

Thermostat AC

Nah, itulah ulasan terkait Faktor Penyebab dan Akibat Jika Thermostat AC Mobil Rusak. Yuk selalu jaga rutin Ac mobilmu agar meminimalisir biaya kerusakan yang semakin besar nantinya. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4312

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap