New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
kondensor mobil

Jenis-Jenis Kerusakan Kondensor Mobil Beserta Solusinya

Kondensor mobil ini memiliki peran cukup penting pada komponen AC. Sebab, kondensor adalah komponen yang berguna untuk menurunkan suhu gas freon dari kompresor. Apabila kondensor kendaraan rusak, maka blower hanya mengeluarkan suhu udara panas. Sebab, suhu freon tidak dapat diturunkan karena gagalnya proses kondensasi di kondensor.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk segera mencari langkah solutif agar kondensor kendaraan kembali normal. Apabila kondensor tidak segera dilakukan langkah service, maka dapat dikhawatirkan komponen mengalami kerusakan permanen.

Anda juga disarankan untuk lebih selektif dalam memilih bengkel mobil. Sebab, masih banyak bengkel abal-abal yang mencari keuntungan dengan cara menipu konsumen. Bahkan, kondensor Anda kembali rusak meskipun Anda telah membayar jasa service kondensor dua kali lipat dari bengkel resmi.

Ini Dia Macam-Macam Kerusakan pada Kondensor Mobil

kondensor mobilAda berbagai macam kerusakan pada komponen kondensor. Kerusakan tersebut tidak boleh dianggap remeh. Sebab, jika tidak segera dibawa ke bengkel spesialis, kondensor bisa saja mengalami kerusakan permanen.

Akibatnya, Anda wajib mengganti unit kondensor yang harganya tentu saja lebih mahal dibandingkan biaya perawatan atau service. Maka dari itu, ini dia daftar kerusakan pada komponen kondensor. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Selang Kondensor Bocor

Kerusakan pertama ada di bagian selang kondensor. Selang kondensor bocor ini menyebabkan pelemahan fungsi. Akibatnya, AC mobil terasa panas meskipun pengemudi memutar panel switch di kecepatan tinggi.

Sehingga, hal tersebut menyebabkan pengemudi kurang nyaman dalam berkendara. Selang kondensor bocor ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari menumpuknya debu dan kotoran hingga adanya benturan antar komponen AC mobil.

  1. Suhu Kondensor Terlalu Panas

Kerusakan kondensor mobil ini juga disebabkan karena suhu panas meningkat. Komponen ini memang tidak boleh mencapai suhu tertentu. Akibatnya, kondensor bisa saja rusak permanen.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemilik wajib tahu penyebab suhu kondensor naik. Umumnya, kenaikan suhu kondensor disebabkan karena extra fan mobil rusak. Selain itu, kadar oli kompresor terlalu banyak juga menyebabkan kondensor kendaraan cepat panas.

  1. Adanya Penyumbatan pada Kondensor

Penyebab kerusakan pada kondensor selanjutnya adalah adanya penyumbatan. Penyumbatan ini disebabkan karena banyaknya kotoran yang menyebabkan aliran kondensor ke filter AC mobil terganggu. Akibatnya, kondensor mengalami kebocoran.

  1. Usia Kondensor AC Mobil

Dan faktor penyebab kondensor AC mobil rusak ini disebabkan oleh usia penggunaan. Memang, kondensor AC mobil ini harus diganti setidaknya 2 hingga 3 tahun sekali. Sebab, kondensor mobil adalah salah satu komponen yang rentan rusak.

Ya, kondensor adalah salah satu komponen terpenting untuk menghasilkan udara dingin pada kabin mobil. Jadi, segera lakukan penggantian komponen apabila usia penggunaan telah melewati batas.

Cara Mengatasi Masalah Kondensor yang Mengalami Kerusakan

Apabila kondensor bermasalah, maka segera lakukan perbaikan ke bengkel mobil terdekat. Sebab, masalah pada kondensor ini tidak dapat diatasi secara mandiri. Sehingga, Anda butuh rekomendasi bengkel spesialis kerusakan dan perawatan komponen AC mobil terbaik.

Maka dari itu, kami sarankan untuk segera ke Dokter Mobil cabang terdekat. Sebab, Dokter Mobil merupakan salah satu rekomendasi bengkel spesialis kerusakan dan perawatan AC mobil terbaik. Ada beberapa keuntungan dengan memilih Dokter Mobil sebagai tempat service kondensor.

Keuntungan pertama, Anda mendapat jaminan garansi apabila unit kembali rusak. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, bengkel mobil abal-abal tentu tidak memberikan garansi apabila ada kerusakan komponen kembali. Hanya saja, ada beberapa persyaratan untuk menggaransikan kerusakan seperti kondensor.

Baca Juga : Ini Dia Penyebab Mobil Bergetar Saat Jalan, Anda Wajib Tahu!

Keuntungan kedua, lokasi bengkel Dokter mobil ini sangat mudah dijangkau. Tercatat, ada 16 cabang yang tersebar di kawasan Jabodetabek, Provinsi Jawa Barat, Surabaya, hingga Makassar. Maka dari itu, segera cari tahu alamat kami di Google Maps.

Keuntungan ketiga, Anda bisa langsung berkonsultasi mengenai kerusakan kondensor. Anda bisa meminta tips-tips menjaga kondensor mobil tetap stabil. Sebab, montir Dokter Mobil ini tentu telah tersertifikasi dan berpengalaman di bidang otomotif. Jadi, percayakan Dokter mobil untuk memperbaiki kondensor mobil jika mengalami kerusakan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap