📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tips Perawatan Mobil Setelah Perjalanan Jauh untuk Mudik

Tips Perawatan Mobil Setelah Perjalanan Jauh untuk Mudik

Mudik dengan mobil memang menjadi pilihan banyak orang untuk merayakan hari raya bersama keluarga. Namun, perjalanan jauh dengan mobil dapat mempengaruhi kondisi mobil Anda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan mobil setelah perjalanan jauh sehabis mudik, agar kondisi mobil tetap paripurna dan siap digunakan kembali.

Kiat Perawatan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Mudik

Anda baru saja pulang dari mudik ke kampung halaman? Berikut ini adalah beberapa tips perawatan mobil setelah perjalanan jauh mudik yang perlu Anda ketahui dan lakukan segera setelah mudik:

  1. Cek Kondisi Ban

Ban mobil adalah salah satu komponen penting yang perlu diperiksa setelah dan dilakukan perawatan mobil setelah perjalanan jauh. Perjalanan jauh dapat membuat tekanan angin pada ban turun sehingga menyebabkan ban menjadi kempis. Jika kondisi ban terlalu kempis, maka dapat mempengaruhi handling mobil dan bahkan dapat memicu kecelakaan.

Selain itu, periksa juga kembangan ban dan keausan pada permukaan ban. Kembangan ban yang tidak seimbang dapat mempengaruhi keseimbangan mobil, sedangkan keausan pada permukaan ban yang tidak merata dapat mengurangi daya cengkeram ban pada jalan. Oleh karena itu, pastikan kondisi ban mobil Anda dalam keadaan yang baik setelah perjalanan mudik.

  1. Ganti Oli Mesin

Perjalanan jauh dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil Anda. Oli mesin menjadi penting dalam menjaga kinerja mesin mobil Anda agar tetap optimal. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas dan pendingin pada mesin mobil. Namun, setelah perjalanan jauh, oli mesin dapat mengalami degradasi dan kinerja oli mesin menjadi menurun.

Oleh karena itu, ganti oli mesin mobil Anda setelah perjalanan mudik untuk perawatan mobil setelah perjalanan jauh. Pastikan untuk menggunakan oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi pabrik agar kinerja mesin mobil Anda tetap optimal.

  1. Bersihkan Kaca Mobil

Kaca mobil menjadi salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan untuk perawatan mobil setelah perjalanan jauh mudik. Debu dan kotoran dari jalan dapat menempel pada kaca mobil dan membuat visibilitas pengemudi menjadi berkurang. Hal ini dapat berbahaya saat berkendara terutama di jalan yang ramai dan berkelok.

Pastikan untuk membersihkan kaca mobil Anda setelah perjalanan mudik untuk meningkatkan visibilitas dan memastikan keselamatan dalam berkendara. Pastikan juga tidak ada kotoran yang tertinggal pada wiper mobil Anda dan pastikan wiper mobil Anda dalam keadaan yang baik untuk perawatan mobil setelah perjalanan jauh. Hal ini akan membantu Anda dalam membersihkan kaca mobil secara lebih efektif.

  1. Cek Kelistrikan Mobil

Kelistrikan mobil adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan mobil setelah perjalanan jauh saat mudik. Perjalanan jauh dapat mempengaruhi kinerja kelistrikan mobil Anda, terutama pada sistem pengisian listrik dan baterai mobil. Cek baterai mobil Anda untuk memastikan daya baterai masih dalam kondisi baik.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika ditemukan tanda-tanda baterai mulai melemah, sebaiknya ganti baterai mobil Anda agar mobil Anda tidak mogok saat di jalan. Selain itu, cek juga kabel busi dan sistem pengisian listrik untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika ditemukan masalah pada sistem kelistrikan mobil Anda, segera perbaiki sebelum masalah bertambah parah.

  1. Periksa Pendingin Radiator

Setelah perjalanan jauh, pastikan untuk memeriksa pendingin radiator mobil Anda untuk perawatan mobil setelah perjalanan jauh mudik. Perjalanan jauh akan membuat mesin mobil Anda panas dan pendingin radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil Anda. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada sistem pendingin radiator. Kebocoran pada sistem pendingin radiator dapat menyebabkan mesin mobil Anda overheat dan dapat mengakibatkan kerusakan mesin yang serius. Oleh karena itu, pastikan sistem pendingin radiator mobil Anda dalam kondisi baik setelah perjalanan mudik dengan lakukan pemeriksaan dan perawatan mobil setelah perjalanan jauh.

  1. Cuci Mobil

Setelah perjalanan jauh, pastikan untuk mencuci mobil Anda untuk menghilangkan debu dan kotoran dari jalan. Debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil Anda dapat menyebabkan korosi pada bodi mobil Anda. Selain itu, mencuci mobil juga dapat membantu Anda untuk melihat dengan lebih jelas apakah ada kerusakan pada bodi mobil Anda. Jika ada kerusakan pada bodi mobil Anda, segera lakukan perawatan mobil setelah perjalanan jauh sebelum masalah bertambah parah.

  1. Periksa Sistem Rem

Sistem rem mobil adalah salah satu bagian penting yang perlu diperiksa untuk perawatan mobil setelah perjalanan jauh. Cek kanvas rem dan kampas rem untuk memastikan tidak ada aus yang berlebihan. Jika kanvas rem dan kampas rem terlalu aus, maka dapat mempengaruhi kinerja sistem rem mobil Anda dan bahkan dapat memicu kecelakaan. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada sistem rem mobil Anda. Kebocoran pada sistem rem dapat mengakibatkan kehilangan tekanan pada sistem rem dan dapat mengakibatkan kecelakaan saat berkendara.

  1. Cek Sistem Suspensi

Perjalanan jauh dapat mempengaruhi kinerja sistem suspensi mobil Anda. Cek suspensi mobil Anda untuk memastikan tidak ada kebocoran pada shock absorber dan pastikan juga suspensi mobil Anda berfungsi dengan baik. Jika terdapat masalah pada sistem suspensi mobil Anda, dapat menyebabkan mobil Anda tidak stabil saat berkendara. Hal ini dapat berbahaya saat berkendara terutama pada jalan yang berkelok atau bergelombang.

Baca Juga: 6 Penyebab Suspensi Mobil Keras & Cara Mengatasinya

  1. Isi Bahan Bakar

Setelah perjalanan jauh, pastikan untuk mengisi bahan bakar mobil Anda. Hal ini tidak hanya untuk mempersiapkan mobil Anda untuk perjalan selanjutnya, tetapi juga untuk menjaga kesehatan mesin mobil Anda. Mengisi bahan bakar secara teratur dapat membantu menjaga kinerja mesin mobil Anda dan mengurangi risiko kegagalan bahan bakar.

Selain itu, pastikan juga tidak ada kebocoran pada tangki bahan bakar mobil Anda. Kebocoran pada tangki bahan bakar dapat mengakibatkan bahaya yang serius seperti kebakaran atau bahkan ledakan. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa tangki bahan bakar mobil Anda secara teratur.

Penutup

Dalam melakukan perawatan mobil setelah perjalanan jauh untuk mudik, pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan teratur. Lakukan pemeriksaan pada komponen-komponen penting seperti ban, oli mesin, kaca mobil, kelistrikan mobil, pendingin radiator, sistem rem, sistem suspensi, dan tangki bahan bakar mobil Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!