📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Alat Pendingin Mesin Mobil, Kenali Apa Saja Komponennya

Alat Pendingin Mesin Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Supaya mampu memastikan suhu mesin tetap terjaga maka seluruh mobil sekarang ini sudah terlengkapi dengan alat pendingin mesin mobil. Biasanya alat tersebut sering dinamakan dengan cooling system. Jadi sistemya mampu pastikan suhu sekaligus temperature mesin berada dalam kondisi optimal.

Mesin mobil memang terdiri atas beragam komponen yang bisa bekerja secara bersamaan. Komponen yang sudah bekerja perlu kita saja supaya tetap berada dalam suhu stabil. Hal ini perlu dilakukan supaya kinerja mesinnya lebih maksimal.

Bahkan alat pendingin mesin mobil sering juga disebut dengan radiator. Dimana ia bekerja menjaga suhu mobil supaya tetap dalam kondisi dingin saat mesinnya menyala.

Sebab jika suhu mobil terbilang terlalu tinggi maka mesin mobilnya harus bekerja keras. Jangan sampai membiarkan begitu saja kondisi tersebut terjadi.

Apabila mesin terlalu alami overheat nantinya bisa menjadikan mesin mobil mati. Panas yang berada pada mobil perlu dibuang hanya dengan pergunakan alat pendingin.

Mengenal Beragam Komponen Alat Pendingin Mesin Mobil

Alat Pendingin Mesin Mobil

Tentunya anda juga harus mengerti beragam komponen dari alat pendingin mobil ini. Dari sini nantinya cara kerja alat tersebut juga dijelaskan. Dari pada penasaran sebaiknya simak ulasannya:

Radiator

Radiator merupakan salah satu komponen yang mampu bekerja mendinginkan air pendingin mesin yang telah dipergunakan. Cara kerjanya pun dengan membuang panas melalui kisi-kisi radiator.

Air yang dipergunakan mendinginkan mesin mobil nantinya air yang dipergunakan nantinya bakalan didinginkan kembali oleh radiator kemudian dibuang lewat kisi-kisi yang berada pada radiator.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Proses pendinginan air jadi panas dikarenakan dipergunakan untuk mendinginkan mesin. Air tersebut  pada akhirnya bakalan ditampung oleh lower tank kemudian diputar kembali agar mampu mendinginkan mesin mobil.

Kipas radiator

Alat pendingin mesin mobil yang satu ini tak patut anda lewatkan begitu saja. proses pendinginan air jadi panas dipergunakan untuk mendinginkan mesin tersebut.

Sistem pendingin bisa dipergunakan untuk dua jenis kipas yakni fan radiator bekerja langsung dengan tali kipas dan motor fan radiator yang sengaja dijalankan menggunakan sistem komputer dalam mobil.

Kipas radiator ini mempunyai fungsi berikan aliran udara pada radiator. Hal ini tentu saja berbeda sekali dengan kipas biasa sebab kipas radiator tidak bakalan meniupkan udara tetapi menghisap udara yang berasal dari radiator. Udara dingin yang sudah dihasilkan nantinya bakalan dialirkan menuju mesin mobil lewat kisi radiator.

Pompa air

Alat pendingin mesin mobil ini mempunyai fungsi mengantarkan sirkulasi air dari lower tank yang berada pada radiator menuju mesin. Pengaliran kembali tujuannya agar air radiator bisa menjalankan fungsinya sebaik mungkin.

Cara kerjanya tentu saja menyesuaikan dengan putaran mesin. Sebab pulley yang berada pada komponen tersebut tersambung V belt yang menjadi penghubung mesin dengan komponen pompa air. Jadi air bakalan terus mengalir meskipun dalam siklus tertutup.

Thermostat

Komponen yang satu ini memang bekerja sebagai pengatur sirkulasi air pendingin mesin. Konon sudah tersedia dua jenisnya yakni thermostat dengan katup by pas maupun tanpa katup by pass.

Komponen tersebut bakalan bekerja ketika panas mesin mencapai suhu tertentu. Jadi saat panas belum mencapai suhu kerja maka komponen tersebut bakalan menjaga airnya supaya tidak lakukan sirkulasi.

Radiator Cap

Radiator cap sebagai alat pendingin mesin mobil juga perlu kita ketahui fungsinya. Dimana fungsi dari komponen ini hanyalah untuk menyegel lubang yang berada pada blok mesin sekaligus kepala silinder.

Namun komponen tersebut ternyata juga mempunyai fungsi lainnya. Konon fungsinya mampu tingkatkan sekaligus menjaga titik didih air supaya selalu berada di bawah 100 derajat celcius. Bahkan tutup radiator pun biasanya bakalan mengalirkan air menguap menuju tabung cadangannya.

Selang radiator

Supaya mampu menjaga suhu yang berada pada mobil bekas maupun baru maka anda membutuhkan komponen lain yakni selang radiator. Dimana selang tersebut memang menghubungkan antara radiator dengan blok mesin.

Selang pun juga hadir dalam dua jenis yakni selang atas dan selang bawah. Konon selang atas bisa mengalirkan air panas menuju radiator. Sedangkan selang bawah mampu alirkan air yang telah mengalami proses pendinginan dalam radiator menuju mesinnya.

Tangki Radiator Cadangan

Perlu anda ketahui jika tangki radiator cadangan ini mampu menampung air yang sudah meluap dari radiator. Apalagi ketika suhu mesin meningkat, tekanan yang berada pada sistem pendingin juga bertambah.

Baca Juga : Fortuner 2021, Mobil Bongsor Yang Perlu Diperhatikan Perawatannya

Inilah yang menjadikan air perlu dikeluarkan dari sistem guna mengurangi tekanan. Alat pendingin mesin mobil yang satu ini hanya bisa bekerja saat mesin begitu panas jadi airnya meluap. Air tidak mampu terbuang dan air bakalan ditampung kemudian disimpan pada tangki cadangannya.

Water pump

Fungsi alat pendingin pada mobil yang satu ini ternyata mampu memompa air menuju semua sistem pendingin. Water pump biasanya bakalan diputar oleh belt lewat puli dari engine.

Water jacket

Fungsi dari alat yang satu ini ternyata menjadi tempat sirkulasi air pendingin dalam mesin. Jadi bisa menyerap panas hasil pembakaran yang dilakukan secara langsung.

Itulah tadi serangkaian penjelasan menarik mengenai komponen alat pendingin mesin mobil yang bisa anda ketahui. Usahakan semua komponen berada dalam kondisi yang baik agar kinerjanya lebih maksimal lagi.

Dari sini kita pun semakin paham akan kebutuhan alat pendingin mesin mobil. Ketika mesin mobil panas maka komponen alat tersebut sangatlah dibutuhkan. Apabila ada salah satu komponen mengalami kerusakan maka sistem pendingin mesin nantinya tidak mampu bekerja secara maksimal.

Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan supaya nanti kinerja alat pendingin pada mesin mobil bisa bekerja lebih optimal.

Dari sini anda pun semakin paham mengenai beragam komponennya. Apalagi mengenai fungsi dari komponen alat pendingin mesin mobil.

Tune Up Mobil Berkualitas Hanya Di Dokter Mobil

Berbicara mengenai perawatan mobil tentu saja sebagai pengguna harus mampu merawat mobil sebaik mungkin. Jangan biarkan permasalahan pada mobil merajalela hingga membuat mesin mobil tidak menyala. Usahakan selalu melakukan service secara berkala hanya pada bengkel mobil berkualitas yakni Dokter Mobil.

Konon sekarang ini mereka menghadirkan sebuah penawaran menarik yakni free general check up mobil. Jadi alangkah baiknya pergunakan tawaran ini sebaik mungkin.

Tentu saja penawaran tersebut lumayan sekali bagi anda yang terbatas dengan dana. Semoga layanan yang sudah dihadirkan oleh Dokter Mobil ini bisa memenuhi kebutuhan para pengguna mobil. Dokter Mobil memang sudah terpercaya bahkan mampu mengatasi segala macam permasalahan pada mobil.

Baca Juga : Dokter Mobil Bengkel Cirebon Paling Terpercaya

Jadi perawatan pada mobil pun bisa dilakukan sebaik mungkin. Di atas tadi kita juga sudah membahas mengenai alat pendingin mesin mobil.

Sebagai pengguna seharusnya anda mengenal beragam komponennya sekaligus fungsi dari komponen tersebut. Jadi ketika mesin mobil panas bisa segera mempergunakan komponen tersebut dengan baik.

Semoga dengan pembahasan di atas mampu memperluas pengetahuan anda terkait alat pendingin yang berada pada mesin mobil. Dari sini anda juga bisa mengerti beragam fungsi dari setiap komponennya. Jadi jangan sampai melewatkan begitu saja untuk membaca artikel ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *