🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Accu Mobil, Kenali 7 Tanda Ada Masalah Dan Cara Merawatnya

accu mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sebagai pemilik kendaraan roda empat kalian tentunya sudah tidak asing dengan accu mobil bukan? Karena accu ini adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi mobil.

Fungsi utama dari accu ini adalah menyediakan energi agar dinamo mobil dapat berputar. Dan kemudian mesin mobil berjalan dengan baik. Jadi dapat kalian bayangkan sendiri apabila aki mobil mengalami masalah.

Aki sudah seperti baterai bagi mobil, yang mana dia berperan untuk menyediakan serta menyimpan daya yang kelak akan digunakan oleh mobil sebagai kebutuhan energi listrik.

Mulai dari lampu mobil, dinamo dan segala kebutuhan elektrik mobil sumber dayanya adalah dari accu. Oleh karena itu, dikatakan bahwa accu adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi mobil.

Inilah Tanda Kerusakan Accu Mobil

accu mobil

Mengingat pentingnya accu mobil bagi keperluan mobil, maka akan sangat repot apabila aki mobil sampai bermasalah. Sebagai pemilik mobil, kita harus memahami apa yang menjadi tanda-tanda kerusakan aki mobil. Untuk lebih lengkapnya, simak daftar berikut :

  1. Mesin mobil sulit dihidupkan

Ciri kerusakan accu mobil yang pertama adalah saat mesin mobil tidak bisa dinyalakan. Hal ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling jitu untuk mengecek kondisi aki mobil. Jadi kita bisa menghidupkan mesin mobil untuk mengeceknya.

Jika mesin mobil tidak bisa menyala saat distarter, maka disini dapat disimpulkan bahwa terjadi masalah pada aki mobil. Bisa saja hal ini ini menjadi tanda bahwa air aki sudah berada di batas minimum. Jadi dalam kasus ini aki sudah tidak bisa menghantarkan daya listrik kepada starter.

Namun untuk pengguna aki jenis aki kering, biasanya hal ini bisa terjadi karena adanya guncangan yang merusak sel di dalam aki. Atau bisa juga terjadi karena umur aki kering yang sudah terlalu lawas.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang
  1. Ada bau menyengat saat menghidupkan mesin

Tanda-tanda kerusakan aki mobil yang berikutnya adalah adanya bau menyengat saat mesin mobil dihidupkan. Bau menyengat ini asalnya adalah dari sel aki yang sudah mengalami kerusakan.

Jadi saat mesin mobil kita starter, maka bau menyengat ini akan keluar dan air aki mendidih. Hal ini biasanya lebih sering terjadi saat menggunakan aki basah. Jika hal ini terjadi, solusi terbaiknya adalah membeli aki baru. Karena komponen-komponen dalam aki sudah mengalami kerusakan dan akan sulit untuk diperbaiki.

  1. Air aki berwarna keruh

Ciri kerusakan accu mobil yang berikutnya adalah air aki warnanya menjadi keruh. Lagi-lagi hal ini ini terjadi pada aki basah. Jadi kita sebagai pemilik kendaraan harus selalu menjaga agar air aki jangan sampai habis.

Kita harus rutin melakukan penggantian air aki. Karena penggantian ini akan mencegah berubahnya warna air menjadi keruh. Berubahnya air aki menjadi keruh biasanya disebabkan karena kotoran yang menumpuk dalam jangka waktu lama.

Apabila hal ini dibiarkan, akibatnya bisa membuat aki rusak. Jadi solusi terbaiknya adalah air aki harus diganti secara rutin agar kondisi mobil juga terjaga.

  1. Tegangan aki berkurang

Berkurangnya tegangan accu mobil juga menjadi salah satu tanda kerusakan pada aki mobil. Hal ini ditandai dengan tegangan dari aki mobil yang terlampau kecil. Untuk mengeceknya, kita bisa menggunakan alat yang dinamakan road tester atau cranking.

Jika tegangan accu mobil posisinya berada dibawah 10 volt, maka hal ini menjadi tanda bahwa kita harus segera mengganti aki. Karena aki yang dayanya berada dibawah 10 volt, dia tidak akan kuat jika digunakan untuk menyalakan mobil.

  1. Aki mengalami korsleting

Kerusakan pada accu mobil juga bisa ditandai dengan adanya korsleting. Hal ini menjadi sesuatu yang berbahaya karena korsleting pada akhirnya bisa menimbulkan kebakaran pada mobil.

Baca Juga : Selain Aki, 5 Komponen Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Sama Sekali

Korsleting ini pada umumnya disebabkan karena umur aki yang sudah terlalu lawas. Disini beberapa atau bahkan kebanyakan komponen dalam aki sudah mengalami kerusakan.

Jadi untuk solusinya, kita harus secara rutin melakukan penggantian aki. Jika memang tidak yakin, kita bisa mengeceknya dulu pada bengkel. Jika memang sudah banyak komponen yang rusak, kita harus segera menggantinya dengan yang baru.

  1. Suara klakson mobil lemah

Suara klakson mobil yang lemah juga menjadi salah satu tanda kerusakan accu mobil. Karena jika aki mengalami kerusakan, dia tidak bisa menghantarkan daya dengan baik kepada sistem yang membutuhkan listrik, salah satunya yaitu klakson.

  1. Lampu mobil meredup

Lampu juga menjadi salah satu komponen mobil yang dayanya di suplai dari aki. Jadi ketika aki mengalami kerusakan, lampu mobil juga akan meredup. Hal ini bisa menjadi tanda dan kalian bisa langsung mengecek bagian aki.

Sebenarnya masalah lampu redup juga bisa terjadi karena kualitas lampu mobil yang sudah terlalu lawas. Jadi kalau akinya tidak rusak, kita bisa mengecek mungkin saja lampu mobil sudah membutuhkan yang baru.

Pahami Bagaimana Cara Merawat Accu Mobil

Setelah mengetahui terkait tanda-tanda kerusakan pada accu mobil, kita juga harus mengetahui cara merawat mobil.

Dengan mengetahui cara merawatnya, maka aki mobil kita akan bertahan lebih lama. Apa saja cara yang dapat kita lakukan untuk merawat aki ? Berikut daftarnya.

Pertama kita harus memperhatikan beban penggunaan aki. Disini Kita harus melakukan pengecekan secara rutin. Pengecekan ini untuk mengetahui kondisi aki secara mendetail. Untuk melakukan pengecekan dengan hasil maksimal, kita bisa melakukannya Di bengkel Dokter mobil.

Kedua Kita harus membersihkan aki secara berkala. Salah satunya kita harus fokus pada bagian yang dinamakan Terminal aki. Karena bagian ini biasanya lebih rentan terkena debu dan juga kotoran.

Adanya debu dan kotoran ini akan membuat hantaran listrik yang berasal dari aki kepada komponen mobil menjadi terhambat. Jadi kita harus membersihkannya agar aliran listrik menjadi lancar.

Ketiga kita harus memanaskan mobil secara berkala. Karena mobil yang tidak sedang digunakan akan membuat aki cepat mengalami kerusakan. Jadi Meskipun tidak digunakan, mobil harus dipanaskan setidaknya paling singkat 5 menit.

Jika mengalami beberapa kendala terkait aki, maka kita bisa membawanya ke bengkel Dokter mobil. Di bengkel yang sudah mempunyai banyak cabang di seluruh Indonesia ini, penanganan akan dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional di bidangnya.

Jadi kita tidak perlu khawatir lagi terhadap kondisi aki mobil. Karena semuanya akan ditangani dengan baik di Dokter mobil.

Selain masalah aki, kita juga bisa mempercayakan seluruh service Mobil kesayangan kita di Dokter mobil. Mulai dari ganti oli, tune up sampai dengan pemasangan anti karat dapat kita lakukan di bengkel Dokter mobil. Bahkan Dokter mobil juga memberikan free general check up bagi Mobil kesayangan kita.

Baca Juga : Apa itu Suspensi Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda

Demikian tanda-tanda kerusakan pada accu mobil dan juga beberapa cara merawat aki yang dapat kalian praktikkan. Yang jelas jika kalian menemukan masalah pada aki, kalian dapat membawanya ke Dokter mobil.

Disana semua masalah terkait aki dan juga lainnya dapat diselesaikan dengan baik. Karena Dokter mobil merupakan bengkel dengan kualitas pelayanan yang sangat bisa diandalkan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.