📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penunjang Kenyamanan dan Keamanan, Apa Itu Suspensi Mobil?

Penunjang Kenyamanan dan Keamanan, Apa Itu Suspensi Mobil

Setiap komponen yang tersusun dalam sebuah mobil memiliki fungsi-fungsi yang saling berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Salah satunya pada suspensi mobil. Lalu apa itu suspensi mobil? Suspensi mobil kerap kali dikaitkan dengan pemberi aspek keamanan dan kenyamanan saat berkendara mobil.

Untuk lebih memahami seperti apa itu suspensi mobil, bagaimana fungsinya dalam menunjang performa mobil dan kenyamanan penggunanya, hingga aspek pelengkap dari fungsi suspensi mobil ini, inilah informasi lengkap yang bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Suspensi Mobil?

Apa Itu Suspensi Mobil

Apa itu suspensi mobil? Pertanyaan ini tentu kerap kali ditanyakan, terutama bagi Anda yang tidak begitu memahami secara detail fungsi dari komponen yang ada pada mobil.

Suspensi merupakan salah satu bagian dari mobil dan berfungsi untuk menyerap getaran. Getaran terjadi saat mobil berjalan, dan suspensi berperan dalam menyerap getaran. Saat mobil digunakan untuk berkendara, sistem suspensi juga digunakan untuk menjaga kenyamanan.

Fungsi Suspensi pada Mobil

Suspensi memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaraan. Sistem ini mempengaruhi fitur keselamatan mobil.  Suspensi membantu mengurangi tekanan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan, seperti saat melewati gundukan kecepatan, jalan yang penyok, atau jalan berbatu yang bergelombang. Suspensi berayun ke atas dan ke bawah untuk menekan getaran tubuh dan mencegahnya mencapai kabin.

Elemen penting, yang disebut suspensi, biasanya berada di antara bodi mobil dan keempat roda. Sistem ini telah dirancang dengan bagus untuk menyerap getaran dari permukaan di  jalan.  Hal itu akan membuat mobil lebih stabil dan nyaman bagi pengemudi saat berkendara.

Jika kendaraan roda empat Anda tidak dilengkapi dengan suspensi, maka bisa dibayangkan. Tentu saja, Anda akan merasa seperti berada di dalam kereta, dan itu tidak menyenangkan, mulai dari sini anda akan mulai mengerti Apa itu suspensi mobil.

Elemen mobil ini terdiri dari berbagai komponen seperti pegas, peredam kejut dan stabilisator. Setiap komponen memiliki kegunaannya masing-masing dalam mendukung performa dari mesin mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi dari suspensi itu sendiri adalah untuk meredam getaran dan benturan di jalan yang tidak rata. Ini untuk melindungi penumpang dan kargo yang dimuat di dalamnya untuk memastikan keamanan dan kontrol mereka. Namun siapa sangka jika fungsi suspensi lebih dari sekedar meredam getaran.

Suspensi juga mempunyai fungsi menyangga bodi pada gardan dan menjaga posisi roda tetap stabil  andai saja posisi roda sudah berubah. Oleh karena itu, masalah ini harus segera ditangani di service center melalui sporing. Uniknya, suspensi juga memiliki fungsi untuk menggerakkan gaya pengereman dan akselerasi dari mobil.

Komponen Suspensi

Salah satu komponen pada apa itu suspensi mobil adalah komponen suspense. Suspense adalah salah satu elemen kunci kendaraan dan mendukung pekerjaan berat tersebut. Suspensi dibantu oleh beberapa komponen dalam menjalankan misi dan fungsinya. Komponen pertama adalah pegas, dan setiap suspensi terdiri dari beberapa jenis pegas, yakni pegas koil, pegas daun, pegas torsi, dan pegas udara.

Pegas memiliki kemampuan menyerap berbagai getaran dan guncangan di jalan dan juga  pegas juga membantu meningkatkan cengkeraman ban di jalan. Pegas koil terbuat dari batang baja khusus dengan bentuk spiral. Bagian suspensi yang disebut pegas koil memiliki daya serap yang sangat baik, mudah dirakit dan dibongkar, dan ringan.

Dan  untuk pegas daun akan  dibuat dari bilah baja yang bengkok dan lentur juga. Selanjutnya pegang batang torsi (torsion bar spring) yang terbuat dari batang baja yang elastis pada puntiran yang ada.  Dan untuk bisa meredam oskilasi tersebut maka sistem ini akan dibekali dengan alat shock absorber.

Komponen suspensi  yang lain adalah ball joint yang fungsinya untuk menahan beban dari atas, kanan dan kiri.  Ball joint juga berfungsi sebagai poros putaran roda selama putaran. Jika tidak ada stabilizer bar maka suspensi tidak akan lengkap, stabilizer bar juga digunakan dalam mengurangi kemiringan pada  kendaraan saat berbelok.

Cara Kerja dari Suspensi

Cara kerja suspensi adalah dengan memberikan sekat antara bodi dan roda yang memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Sehingga mengurangi gerakan tiba-tiba roda.  Memiliki berbagai komponen dapat digunakan untuk peredam getaran yang dihasilkan oleh jalan tidak rata.

Dari pemaparan di atas, Anda tentu sudah mengerti apa itu suspensi mobil hingga bagaimana suspensi mobil mengakomodir kenyamanan dalam berkendara agar lebih terjaga.

Dibaca Juga: Rekomendasi Bengkel Kaki-Kaki Mobil di Indonesia

Spring Buffer, Komponen Pendukung Performa Suspensi Mobil

Spring Buffer, Komponen Pendukung Performa Suspensi Mobil

Walau berguna untuk menjaga mobil tetap rigid meski melewati lintasan yang berlubang hingga bergelombang, namun seringkali suspensi mobil mobil juga mengalami kerusakan terutama jika mobil sering dibawa di medan lintasan yang alami kerusakan.

Guna mengatasi hal tersebut, hadir spring buffer yang dapat membantu kinerja suspensi mobil lebih ringan. Setelah mempelajari mengenai apa itu suspensi mobil, kini dilanjutkan dengan membahas seputar apa itu spring buffer yang mendukung kinerja suspensi mobil.

Spring buffer adalah komponen yang dipasang pada suspensi mobil. Fungsi dari spring buffer adalah sebagai penambah daya pegas. Ternyata selain sebagai penambah daya pegas, komponen yang ini juga memiliki fungsi lain. Fungsi lain dari komponen ini adalah sebagai pencegah suspensi mobil menjadi pendek. Suspensi mobil yang sering membawa beban berat akan lebih cepat pendek.

Dengan adanya spring buffer ini, maka suspensi mobil tidak akan cepat menurun karena adanya daya pegas yang menahannya. Karena inilah banyak pengguna yang menggunakan spring buffer sebagai pengganjal per mobil mereka. Selain itu, pemasangan dari pengganjal per ini juga cukup mudah. Karena Anda hanya perlu mengaitkan komponen ini ke bagian suspensi mobil dan mengikatnya dengan pengikat kabel yang sudah disediakan.

DOMO Buffer, Merek Spring Buffer yang Paling Direkomendasikan

DOMO Buffer, Merek Spring Buffer yang Paling Direkomendasikan

Salah satu merek spring buffer yang paling direkomendasikan untuk digunakan pada suspensi mobil adalah DOMO Buffer dari Dokter Mobil. DOMO Buffer diproduksi dengan material berkualitas tinggi sehingga tak mudah rusak meski menahan beban seberat apapun. Karena yakin akan kualitas yang diberikan, DOMO Buffer bahkan memiliki masa garansi seumur hidup yang bisa diklaim di seluruh cabang Dokter Mobil.

Selain itu layanan yang ada di Dokter Mobil pun dapat digunakan saat melakukan pemasangan DOMO Buffer, salah satunya adalah general checkup hingga di 32 titik secara GRATIS. Sehingga Anda bisa mengetahui seperti apa kondisi mobil untuk menghindari ancaman kerusakan.

Pemasangan DOMO Buffer pun juga bisa Anda percayakan pada teknisi yang ada di Dokter Mobil. Tak perlu waktu lama, para teknisi akan memasangkan DOMO Buffer pada suspensi mobil Anda hingga terpasang dan bisa melakukan kinerjanya dengan sempurna.

Tertarik untuk rasakan langsung kehebatan dari DOMO Buffer dalam menunjang fungsi suspensi mobil Anda? Reservasi DOMO Buffer via WhatsApp sekarang atau Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk dapatkan dan pasang langsung DOMO Buffer di suspensi mobil Anda. 

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6342

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya