📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

5 Penyebab Mobil Limbung, Ganggu Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Secara garis besar, penyebab mobil limbung atau body roll bisa terjadi karena efek dari gaya sentrifugal. Apa itu gaya sentrifugal? Singkatnya, gaya ini merupakan suatu dorongan yang mengarah ke luar tikungan. Dengan kata lain, gaya sentrifugal terjadi ketika Anda membelokkan mobil pada kecepatan tinggi.

Bagi yang belum tahu, semakin tinggi kecepatan mobil saat belok maka semakin besar pula gaya dorong atau sentrifugal. Hal ini bisa dirasakan sangat jelas oleh semua orang yang berada di kabin. Saat berada di tikungan, Anda tentu merasakan suatu gaya dorong, bukan?

Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat mobil kesayanganmu mengalami body roll atau limbung. Berikut ini adalah penyebab mobil limbung atau body roll yang biasa Anda simak dan perhatikan.

Penyebab Mobil Limbung atau Body Roll

Penyebab Mobil Limbung atau Body Roll

Mobil limbung atau body roll bisa terjadi karena beberapa faktor. Adapun faktor yang dapat menjadi penyebab mobil limbung atau body roll adalah sebagai berikut.

  1. Lemahnya Shock Absorber

Penyebab mobil limbung yang pertama adalah shock absorber yang sudah mulai melemah, hal ini bisa menjadi penyebab mobil limbung. Fungsi dari komponen satu ini adalah sebagai peredam gerak osilasi yang memungkinkan Anda berkendara di jalanan rusak atau tidak rata secara lebih nyaman. Jika shock absorber mengalami masalah, maka tidak akan ada lagi komponen untuk meredam gerakan osilasi, hingga akhirnya mobil mengalami body roll.

Selain itu, gerak osilasi yang tidak teredam membuat mobil mendapatkan guncangan lebih parah terutama ketika melewati jalanan yang tidak rata. Apakah berbahaya? Jika dibiarkan terus menerus, keselamatan Anda selama berkendara bisa saja terancam. Kondisi ini dapat membuat mobil terasa seperti akan terguling saat menikung dengan kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, periksa shock absorber secara rutin dan lakukan perbaikan sesegera mungkin.

  1. Masalah pada Karet Bushing Suspensi

Penyebab mobil limbung atau body roll yang kedua adalah karet bushing suspensi yang bermasalah seperti terlalu longgar atau sudah aus bisa menjadi penyebab mobil kesayanganmu mengalami body roll. Bagi yang belum tahu, terdapat berbagai jenis karet bushing suspensi, diantaranya yaitu stabilizer, upper arm, lower arm, dan lain sebagainya. Apapun jenisnya, karet bushing yang sudah aus akan mengakibatkan perubahan dan pergeseran sudut kemudi menjadi tidak teratur. Hal inilah yang membuat mobil kesayangan Anda limbung atau body roll.

  1. Ball Joint Aus

Selain karet bushing dan shock absorber, ball joint yang sudah aus pun turut menjadi pemicu mobil limbung. Masalah pada ball joint ini bisa menyebabkan kualitas suspensi yang turun drastis akibat dari perubahan sudut-sudut kemudi yang semakin memburuk.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Jika Anda merupakan seorang pengendara yang jeli, maka masalah ini akan cepat terdeteksi. Pasalnya, dampak ball joint yang aus sedikit saja sudah dapat dirasakan saat berada di tikungan. Selain itu, akan terdengar suara aneh atau bunyi seperti besi dipukul-pukul.

  1. Komponen Suspensi Deformasi

Selanjutnya penyebab mobil body roll adalah komponen suspensi yang mengalami deformasi atau perubahan bentuk. Deformasi ini dapat menyebabkan mobil menjadi sulit dikendalikan terutama ketika menikung. Untuk kasus yang lebih parah, mobil tidak akan nyaman serta tidak stabil saat digunakan untuk berkendara.

  1. Berkurangnya Tekanan Angin pada Ban

Terakhir penyebab mobil limbung, kurangnya tekanan angin ban tidak terlalu memberikan dampak serius pada body roll. Akan tetapi, pengendara akan merasakan perbedaan yang cukup mencolok sangat mengemudi bila ban mobil kurang angin terutama saat melewati jalanan rusak atau berkelok.

Selain itu, jika ban kekurangan angin maka cengkraman dari ban ke permukaan jalan pun tidak akan maksimal. Hal ini menyebabkan mobil seperti akan terguling saat menikung. Jika terus dipaksakan, tidak menutup kemungkinan bahwa mobil bisa mengalami limbung atau body roll. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memeriksa tekanan angin sebelum perjalanan.

Baca Juga : Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Panas

DOMO Buffer, Solusi Tepat Untuk Mengatasi Penyebab Mobil Limbung

Guna mengatasi penyebab mobil limbung yang membuat berkendara jadi terasa kurang nyaman, bahkan hingga mengancam keselamatan, DOMO Buffer bisa menjadi opsi pilihan yang patut untuk dipercayakan.

DOMO Buffer dipasang pada suspensi mobil untuk menambah daya pegas. Selain menambah daya pegas, DOMO Buffer juga memiliki fungsi lainsebagai pencegah suspensi mobil menjadi pendek. Suspensi mobil yang sering membawa beban berat akan lebih cepat pendek. Dengan adanya DOMO Buffer, maka suspensi mobil tidak akan cepat menurun karena adanya daya pegas yang menahannya.

Selain itu, pemasangan dari DOMO Buffer pun cukup mudah. Karena Anda hanya perlu mengaitkan komponen ini ke bagian suspensi mobil dan mengikatnya dengan pengikat kabel yang sudah disediakan.

DOMO Buffer diproduksi dengan material berkualitas tinggi sehingga tak mudah rusak meski menahan beban seberat apapun. Karena yakin akan kualitas yang diberikan, DOMO Buffer bahkan memiliki masa garansi seumur hidup yang bisa diklaim di seluruh cabang Dokter Mobil.

Untuk dapatkan DOMO Buffer guna mengentaskan penyebab mobil limbung, Anda bisa langsung memesan DOMO Buffer via WhatsApp atau Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda untuk dapatkan DOMO Buffer sembari dipasang langsung oleh teknisi yang ada di Dokter Mobil.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Nah, itulah beberapa penyebab mobil limbung yang perlu Anda ketahui. Agar tak mengalami limbung yang bisa menganggu kenyamanan hingga keselamatan saat berkendara, DOMO Buffer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sehingga permasalahan mobil limbung pun dapat teratasi tanpa masalah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 47857

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *