📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Inilah Penyebab Oli Mesin Mobil Menguap dengan Cepat

Penyebab Oli Mesin Mobil Menguap

Memiliki kendaraan bermotor tentunya membutuhkan perawatan yang tepat agar bisa beroperasi secara optimal dan meminimalkan kerusakan pada mesin.

Salah satu masalah yang sering ditemukan adalah oli mesin mobil menguap dengan cepat. Penyebab masalah ini bisa sangat beragam.

Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab oli mesin mobil menguap agar bisa melakukan tindakan pencegahan yang tepat dan menjaga mesin mobil tetap berfungsi dengan baik.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai beberapa penyebab umum oli mesin mobil yang menguap dengan cepat dan bagaimana cara menghindari masalah ini.

Penyebab Oli Mesin Menguap

Oli mesin mobil menguap lebih cepat di luar dari batas wajarnya memang bisa terjadi karena beberapa sebab.

Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa oli mesin mobil menguap:

  1. Suhu Mesin yang Terlalu Panas

Suhu mesin yang terlalu panas bisa membuat oli menjadi sangat panas dan akhirnya oli mesin mobil menguap.

Saat mesin mobil digunakan dalam kondisi berat seperti saat berkendara di jalanan yang berkelok-kelok atau saat mobil digunakan dalam kecepatan tinggi, suhu mesin cenderung meningkat.

Apabila suhu mesin terus meningkat, oli yang ada di dalam mesin juga akan mengalami kenaikan suhu. Oli yang panas akan menguap lebih cepat dan tidak dapat melumasi mesin dengan baik.

Hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada mesin, dan mesin mobil dapat mengalami kerusakan seperti ausnya bantalan pada mesin, keausan gigi atau bahkan gesekan langsung antara komponen mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga suhu mesin pada level yang sehat dan menghindari penggunaan mesin dalam kondisi berat yang terus-menerus.

  1. Kebocoran pada Sistem Oli

Kebocoran pada sistem oli dapat menyebabkan jumlah oli di dalam mesin menjadi berkurang karena oli mesin mobil menguap.

Kebocoran dapat terjadi pada bagian pipa oli, klep atau bahkan pada blok mesin. Apabila jumlah oli yang tersisa dalam mesin tidak mencukupi untuk pelumasan.

Mesin akan mengalami friksi yang berlebihan. Akibatnya, suhu mesin akan meningkat dan oli bisa menguap lebih cepat dari biasanya.

Apabila kebocoran dibiarkan terus-menerus, maka tidak hanya oli yang menguap lebih cepat, namun juga dapat mengakibatkan kegagalan pada mesin.

Oleh karena itu, jika terdapat tanda-tanda kebocoran pada sistem oli, segera periksa ke bengkel untuk melakukan perbaikan pada sistem oli agar mesin tetap berfungsi dengan baik.

  1. Waktu Penggunaan yang Lama

Waktu penggunaan yang lama juga bisa menyebabkan oli mesin mobil menguap lebih cepat. Oli yang telah digunakan selama lebih dari 3.000 km atau lebih dari 3 bulan biasanya sudah mulai menurun kualitasnya.

Oli yang sudah kualitasnya menurun ini dapat menyebabkan mesin menjadi lebih panas dan akhirnya menguap.

Ketika oli menjadi kental atau mengental, maka akan menghambat sirkulasi oli di dalam mesin, sehingga tidak dapat menyebar dengan baik dan tidak dapat melumasi mesin dengan sempurna.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan waktu penggantian oli secara rutin.

Pastikan untuk selalu mengganti oli dengan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil, dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan mengganti oli filter secara rutin.

  1. Jenis Oli yang Tidak Tepat

Menggunakan jenis oli yang tidak sesuai dengan merek dan tipe mesin mobil dapat menyebabkan oli mesin mobil  menguap lebih cepat.

Setiap mesin mobil memerlukan jenis oli yang berbeda-beda, tergantung pada merek, tipe dan usia mobil.

Penggunaan oli yang tidak tepat dapat menyebabkan oli lebih cepat menguap dan juga dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menggunakan oli yang sesuai dengan merek dan tipe mesin mobil Anda.

Untuk mengetahui jenis oli yang tepat, pastikan untuk membaca manual pengguna mobil Anda atau berkonsultasi dengan teknisi atau mekanik terkait dengan merek dan jenis oli yang harus digunakan.

  1. Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan juga bisa memengaruhi kecepatan oli mesin mobil menguap. Suhu lingkungan yang terlalu panas dapat membuat oli menguap lebih cepat dari biasanya.

Begitu juga dengan kondisi jalan yang buruk atau berdebu, yang bisa menyebabkan mesin mobil bekerja lebih keras dan menghasilkan panas yang lebih tinggi. Hal ini akan membuat oli lebih cepat menguap dan tidak dapat melumasi mesin dengan baik.

Kondisi lingkungan yang buruk juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada mesin. Oleh karena itu.

Selalu pastikan untuk menjaga mesin mobil dalam kondisi yang baik dan hindari berkendara dalam kondisi yang ekstrim, seperti saat cuaca sangat panas atau saat melewati jalan yang buruk dan berdebu.

  1. Perawatan Mesin yang Tidak Rutin

Perawatan mesin yang tidak rutin dapat menyebabkan oli mesin mobil menguap lebih cepat. Mesin yang tidak pernah diperiksa dan dirawat secara rutin cenderung mengalami kerusakan lebih cepat dan oli mesin dapat kehilangan kemampuan pelumasannya.

Kondisi ini bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin dan dapat memperpendek umur mesin mobil.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan perawatan mesin secara rutin, seperti melakukan pergantian oli dan filter secara tepat waktu, mengecek tekanan ban, dan melakukan servis berkala pada mesin mobil.

Baca Juga: Ternyata Inilah Kerusakan Akibat Mobil Jarang Dipakai

  1. Penggunaan Mesin Mobil yang Berlebihan

Penggunaan mesin mobil yang berlebihan juga bisa menyebabkan oli mesin mobil menguap lebih cepat.

Penggunaan mesin mobil dalam kondisi yang berat, seperti saat memuat barang berat, naik turun jalan yang curam, atau berkendara dalam kecepatan tinggi, akan membuat suhu mesin meningkat dan oli akan lebih cepat menguap.

Oleh karena itu, hindari penggunaan mesin mobil dalam kondisi yang berlebihan dan pastikan untuk memberi mesin mobil waktu untuk beristirahat setelah penggunaan yang berat.

Ini akan membantu menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah oli menguap terlalu cepat.

Penutup

Dalam rangka menjaga kesehatan mesin mobil dan mencegah terjadinya kerusakan, perhatikanlah faktor-faktor yang dapat menyebabkan oli menguap seperti yang telah dijelaskan di atas.

Pastikan juga untuk melakukan perawatan dan servis rutin pada mesin mobil, termasuk penggantian oli dan filter secara tepat waktu.

Dengan menjaga kondisi mesin mobil dalam keadaan yang baik, tidak hanya dapat meningkatkan umur mesin mobil, tetapi juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menghemat biaya perawatan mesin mobil di masa depan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

penyebab selang ac mobil bocor

Penyebab Selang AC Mobil Bocor

Berikut penyebab selang AC mobil bocor. Selang AC mobil adalah komponen penting dalam sistem pendinginan kendaraan Anda. Selang ini bertanggung jawab untuk mengalirkan refrigeran (Freon)

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!