New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
membersihkan kerak dan kotoran

Begini Cara Mengatasi Air Radiator Cepat Panas di Mobil Matic

tahukah sobat cara mengatasi air radiator cepat panas? Jika sobat otomotif sering mengalaminya pasti sobat tahu cara mengatasinya. Jika belum tidak masalah, karena cara mengatasi air radiator cepat panas itu masalah mudah. Yang menjadi masalah tidak mudahnya adalah jika anda kurang perhatian dengan kondisi mobil anda sendiri. Atau malah biasanya tidak tahu apa yang terjadi ketika mobil mogok atau mati. Nah, coba deh anda perhatikan artikel beberapa penyebab air radiator cepat panas dan penanganannya berikut ini.

Simak Cara Mengatasi Air Radiator Cepat Panas di Mobil Matic

cara mengatasi air radiator cepat panas

  1. Berhenti Sejenak

Cara mengatasi air radiator cepat panas yang pertama adalah cari tempat yang aman lalu cek instrumen tanda mesin di dashboard. Biasanya gejala overheat bisa terlihat dari suhu mesin di panel instrumen. Begitupun dengan indikator check engine akan menyala. Sekarang yang perlu  anda lakukan adalah berhenti sebentar lalu perlahan buka kap mesin. Perhatikan apakah ada asap putih tipis keluar dari bawah kap mesin? Jika ya lanjutkan pada tahan kedua.

  1. Matikan Mesin

Mematikan mesin adalah cara mengatasi air radiator cepat panas. Dengan mematikan mesin sobat akan mengurangi panas berlebih yang terjadi pada radiator. Setelah anda mencoba mematikan mesin, ada baiknya anda menunggu sebentar sampai indikator panas di panel instrumen turun. Sembari menunggu anda bisa menelepon derek atau orang terdekat untuk membantu anda nantinya.

  1. Cek Radiator

Cara untuk mengatasi air radiator panas pada tahap berikutnya adalah dengan memeriksa air radiator. Namun jangan dibuka dulu sampai suhu mesin turun ya. Karena bisa saja uap panas pada radiator dapat muncrat ke tangan atau wajah anda sendiri. Hal ini dikarenakan adanya tekanan tinggi pada radiator itu sendiri.

Jika mesin sudah lumayan dingin, anda bisa membuka radiator perlahan. Biarkan tekanan keluar sedikit demi sedikit lalu perhatikan kondisi air radiator. Apakah warna air radiator butek atau tidak? Lalu selanjutnya perhatikan water level nya. Jika airnya habis maka bisa jadi ada kebocoran, sistem pendingin tersumbat atau pompa air rusak. Namun jika tidak ada kebocoran bisa saja radiator Cuma kekurangan air saja. Dalam keadaan emergency anda bisa menggunakan air mineral sebagai pengganti air pendingin radiator.

Jika air radiator kotor atau butek hati-hati karat ya. Karat bisa ada di bagian radiator atau blok mesin. Solusinya jika warna air radiator kotor atau butek adalah dengan menguras radiator itu sendiri. anda dapat menggunakan radiator flush sebagai bahan pembersih dan gunakan air yang banyak untuk membersihkannya.

Jika tutup radiator yang rusak ada baiknya anda menggantinya. Hal ini dikarenakan seal atau karet yang berfungsi untuk mencegah tekanan tinggi, akan keluar perlahan. Dan secara perlahan juga akan menghabiskan air, jika air habis maka menyebabkan air radiator cepat panas.

  1. Cek Oli Mesin

Cara mengatasi air radiator yang panas berikutnya adalah cek oli mesin. Melakukan pengecekan oli mesin sangat krusial dalam mengatasi radiator yang cepat panas. Cara cek oli mesin bisa sobat otomotif lakukan melalui dipstik. Caranya adalah siapkan lap kering. Lalu buka dipstik oli, setelah itu lap oli sampai ukuran dipstik terlihat. Setelah itu sobat otomotif dapat memasukkan dipstik kembali ke dalam rumahnya, tunggu 5 menit lalu angkat lagi dipstiknya. Jika oli terlalu sedikit atau posisi oli berada di dekat huruf E maka sobat otomotif sebaiknya segera membeli oli mesin.

  1. Jangan Dipaksa Jalan

Cara mengatasi air radiator cepat panas terakhir adalah jangan dipaksa untuk jalan jika memang tidak memungkinkan untuk jalan. Ada baiknya sobat otomotif memanggil derek atau teman sejawat untuk membantu mencari solusi. Hal ini dikarenakan jika mesin terlalu dipaksa untuk jalan dan terlalu overheat, bukannya tidak mungkin piston silinder bisa bengkok. Ditambah lagi jika volume oli mesin banyak berkurang. Selain dapat membuat aus pada beberapa komponen, air radiator yang terlalu panas juga akan merusak karet dan gasket silinder. Akibatnya, bisa beragam. Mulai dari ganti gasket silinder sampai turun mesin. Tentunya sobat otomtoif tidak ingin ini terjadi bukan?

Baca Juga : Keuntungan Menjadi Wirausaha Otomotif Dengan Sistem Franchise

Cara mengatasi air radiator cepat panas paling mudah adalah dengan merawat radiator. Sering melakukan pembersihan terutama flushing. Apalagi jika mobil sobat pernah mengalami overheat. Ada baiknya sobat bawa deh itu mobil ke Dokter Mobil. Agar perawatan dan kesiapan berkendara semakin terjaga.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!