New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Ciri Ciri Mobil Over Heating

Ciri Ciri Mobil Over Heating

Ciri ciri mobil over heating bisa menjadi pertanda nyata bahwa sebuah mobil harus melakukan overhaul atau turun mesin. Over heating bisa terjadi pada semua jenis mobil atau sepeda motor. Kalau over heating pada mobil adalah suatu peristiwa pada mesin mobil yang tiba-tiba menderita suhu panas terlalu tinggi dan sangat berlebih.

Pada saat mobil anda mengalami over heating maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memarkirkan mobil ke pinggir jalan raya yang aman. Kemudian matikan mesin mobil.  Lalu lakukan pendinginan mesin mobil seperti dengan cara membuka kap mobil. Semua itu bisa meminimalkan resiko terjadinya overheating yang mengakibatkan turun mesin.

Ciri Ciri Mobil Over Heating

Ciri Ciri Mobil Over Heating

Biaya turun mesin mobil yang sangat mahal hingga Rp 5 juta, sebenarnya  bisa anda hindari jika anda rajin melakukan perawatan intensif terhadap mobil anda. Seperti secara rutin melakukan tune up atau penggantian oli mobil. Kemudian anda pun bisa mencegah terjadinya mobil over heating dengan cara rutin melakukan pengecekan pada bagian radiator termasuk cek cadangan air pada radiator. Selanjutnya melakukan pengecekan pada sistem pendingin mobil.  Dengan mencari kebocoran pada sistem pendingin mobil dan memperbaikinya segera.

Penyebab Mobil Over Heating

Adapun Ciri Ciri Mobil Over Heating dan penyebab over heating biasanya pemeliharaan mobil yang kurang baik dan teratur serta tidak terjadwal dengan baik.  Bisa dikatakan pula, penyebab utama dari over heating ini bisa anda hindari. Dengan cara anda harus rutin melakukan perawatan terhadap mobil. Dokter Mobil (doktermobil.com) menyediakan layanan jasa perawatan mobil yang bisa menghindarkan terjadi over heating.

Mobil yang  mengalami over heating penyebabnya bisa berbagai macam. Salah satunya adalah karena gangguan masalah pada bagian sistim pendinginnya. Dimana tidak berfungsinya komponen waterpump, thermostas, kipas radiator elektrik sampai radiator.

Setiap orang tentunya tak berharap mobil yang ia kendarai mengalami gejala  over heating . Namun demikian gejala over heating bisa dialami pada setiap jenis, tipe dan merk mobil.  Dimana pun dan kapanpun sebuah mobil bisa mengalami over heating.

Ciri Ciri Mobil Over Heating

Ciri Ciri Mobil Over Heating Dalam dunia perbengkelan mobil dikenal istilah over heating. Over heating adalah situasi suhu udara yang sangat tinggi yang dialami oleh mesin mobil. Yang membuat banyak dampak kerugian bagi mobil yang mengalami gejala tersebut. Akibat atau dampak over heating akan menyebabkan mobil mengalami kerusakan yakni bagian mesin mendadak mati atau mogok secara tak disengaja di tengah jalan secara mendadak.

Kondisi mobil apapun bisa saja terjadi overheating. Namun yang paling umum adalah pada waktu mobil sedang dipergunakan untuk bepergian dengan jarak yang sangat jauh. Mesin mobil bekerja ekstra keras yang membuat mesin mobil bertemperatur sangat panas di atas batas normal. Setelah itu terjadilah yang namanya over heating yang ditandai dengan mesin mobil mogok dan mati secara mendadak.

Dibaca Juga: Perkiraan Biaya Servis Mobil Yang Mengalami Overheating

Ciri Ciri Mobil Over Heating tentu saja akan merugikan pemiliknya. Apalagi saat ia sedang berangkat kerja dan tiba-tiba mesin mobil mati. Oleh karena itu, cara mencegahnya dengan melakukan perawatan mobil secara intensif dan berkala. Dokter Mobil (doktermobil.com) melayani jasa pengecekan dan perawatan mobil agar terhindar dari ciri-ciri mobil overheating.

Ciri Ciri Mobil Over Heating dapat dikenali dari ciri-cirinya berikut ini, antara lain:

1.Terdengar bunyi ngelitik yang terus menerus pada waktu mobil sedang menempuh jarak  yang cukup jauh

2.Berkurangnya tenaga pada mesin mobil pada saat mesin mobil mengalami temperatur udara yang tinggi

3.Melewatinya garis merah pada jarum temperatur pada mesin mobil yang menunjukkan suhu udara panas melebihi batas normal

4.Air conditioning mobil mengalami kepanasan

5.Oli bisa berubah warna jadi kecoklatan dengan bercampurnya oli dan air disebabkan blok silinder atau silinder head mengalami kerusakan

6.Kinerja mesin mobil mengalami penurunan tajam

7.Pada bagian mesin mengalami suhu panas yang ekstrim atau berlebih di atas rata-rata kenormalan. Hal ini ditunjukkan oleh jarum indikator suhu mesin yang mengalami lonjakan melampaui batas kenormalan

8.Matinya bagian kipas radiator

Demikian Ciri Ciri Mobil Over Heating. Untuk menghindari mobil mengalami overheating maka kita cari dulu penyebab utama sebuah mobil mengalami overheating. Berikut ini salah satu penyebab utama mobil mengalami overheating yaitu tersumbatnya pada bagian selang dan radiator.

Oleh sebab itu, untuk menghindari overheating dengan cara selalu mengecek selang dan radiator agar tetap berfungsi baik dan tak tersumbat maupun bocor. Jika anda masih mendapatkan mesin mobil melebihi suhu panas rata-rata maka anda bisa mengganti dengan selang dan radiator yang baru. Jika anda masih kesulitan dan mobil masih gejala overheating maka anda bisa melakukan pengecekan ke bengkel terdekat untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada bagian komponen mesin mobil lainnya.

Dampak Mobil Over Heating

Ciri Ciri Mobil Over Heating dampaknya akan sangat berbahaya. Dampak dari mobil yang mengalami over heating adalah mesin mobil yang tiba-tiba bisa mendadak mati. Disebabkan terdapatnya komponen pada bagian mesin mobil yang mengalami kerusakan hingga tak bekerja secara  normal. Misalkan pada bagian klep atau piston.

Bahaya Mobil Over Heating

Sebuah mobil yang mengalami overheat atau kondisi panas yang berlebihan maka jangan pernah dianggap sepele. Panas yang sangat berlebih pada mesin kendaraaan bermotor seperti mesin mobil sangat berbahaya bagi mobil itu dan itu tak wajar. Kalau dibiarkan berlarut-larut maka  komponen mobil yang terdapat di dalamnya terutama pada bagian mesin bisa mengalami kerusakan yang terus merembet.

Berikut ini bahaya over heating pada mobil, antara lain:

1.Kerusakan pada bagian suku cadang mesin  mobil

2.Setang piston dapat melengkung akibat suhu udara yang panas sekali

3.Blok silinder mengalami kerusakan

4.Klep-klep di  mobil  semuanya dapat mengalami kerusakan dan pembengkokan

5.Merusak komponen mobil di dalam mesin mobil internal

6.Yang paling berat, bahaya mobil over heating bisa mengakibatkan mobil harus turun mesin.

Untuk biaya turun mesin akibat overheat sekitar Rp 2 juta sampai Rp 5 juta. Beberapa komponen yang harus diganti jika harus turun mesin mobil, antara lain : metal mesin, stang piston, bisa piston dan komponen lain sebagainya. Dokter Mobil (doktermobil.com) melayani jasa turun mesin mobil dengan harga disesuaikan dengan kerusakan mobil. Dokter Mobil akan memperbaiki semua kerusakan mobil anda dengan dukungan teknologi mutakhir dengan menggunakan sistem standar ISO.

Performa mobil anda akan semakin meningkat dengan layanan dari Dokter Mobil yang meliputi jasa tune Up dan AC mobil. Setiap layanan yang diberikan terdapat jaminan garansi sehingga memberikan kepuasan pada para pelanggannya. Untuk informasi lengkapnya bisa berkunjung ke website resminya  di Doktermobil.com.

Ciri Ciri Mobil Over Heating Dengan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada bagian komponen lainnnya diakibatkan oleh over heating membuat biaya perbaikan dan penggantian komponen baru tidaklah murah. Anda harus mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perbaikan terhadap semua kerusakan seperti kerusakan blok silinder.

Ciri Ciri Mobil Over Heating Kondisi mesin mobil yang panas sekali atau over heat adalah kondisi tak normal. Karena mobil mempunyai sistem pendingin sendiri.  Terlalu memaksakan mengendarai mobil yang over heating akan membuat kerusakan mobil pada bagian mesin semakin parah. Kalau mesin mobil  sudah rusak berat maka bersiaplah untuk menyiapkan biaya besar untuk melakukan perbaikan atau penggantian komponen rusak seperti mengganti blok mesin. Oleh sebab itu, berhati-hatilah jika anda mendapatkan mobil yang anda kendarai mengalami ciri ciri mobil over heating.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu