New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Cara mencuci mobil

Cara Mencuci Mobil Yang Baik Dan Benar! Jangan Salah

Cara mencuci mobil bagi sebagian orang dianggap sepele sebagaimana cara mencuci sepeda motor. Tinggal cuci dan membilasnya sampai bersih. Padahal dalam mencuci dan membersihkan mobil ada tata cara dan aturan tersendiri.

Hal ini supaya kegiatan mencuci mobil bisa benar-benar bersih dan memberikan manfaat bagi mobil dalam segi perawatan mobil agar tetap awet dan terjaga baik. Cara mencuci mobil yang benar harus kamu tahu agar terlindungi dari resiko seperti karat.

Bagi anda yang mempunyai mobil perlu mengetahui cara mencuci mobil dan membersihkan secara baik dan benar. Supaya kondisi mobil anda bisa benar-benar bersih dan terawat dengan baik.

Kenapa Harus Mencuci Mobil Anda?

Cara mencuci mobil

Mempunyai mobil menjadi sebuah kebutuhan utama bagi sebagian orang dan menjadi gengsi tersendiri. Tak aneh jika banyak orang mulai banyak mengkoleksi mobil dan membeli mobil dengan harga mahal. Namun dari itu semua yang lebih penting adalah dari segi perawatan mobil. Sebab percuma jika seseorang mempunyai mobil yang mewah tapi perawatannya sangat kurang. Mobil akan cepat rusak.

Perawatan yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil adalah perawatan dari segi mesin mobil dan perawatan dari bodi mobil. Sudah menjadi keharusan bagi setiap orang yang memiliki mobil untuk berkomitmen menjaga kebersihan mobil dari dalam mobil (interior) maupun luar mobil.

Namun yang sering diperhatikan orang adalah kebersihan mobil dari luar. Karena tampak sekali dari mata memandang. Sangat tak enak dilihat rasanya jika anda melihat sebuah mobil dalam keadaan kotor dan tak terawat. Justru sebaliknya mobil yang terawat dengan baik akan membuat mata setiap orang sangat enak untuk memandangnya.

Salah satu jenis perawatan pada bagian body mobil adalah dengan rutin dan tahu cara mencuci mobil pada bagian bodi mobil. Karena pada bagian bodi mobil sering menempel kotoran-kotoran yang menempel dari air hujan atau cipratan air kotor.

Minimal satu minggu dua kali mobil harus dicuci  sampai bersih atau setiap selesai dipergunakan mobil. Karena hal ini akan membantu menghindari mobil terbebas dari noda-noda kotor seperti noda air atau goresan pada mobil dari kotoran yang mengeras.

Perawatan mobil dengan mencuci mobil pada bagian keseluruhan mobil dinilai sangat murah ketimbang merawat pada bagian mesin. Anda bisa mencuci mobil oleh sendiri di rumah dengan modal kain lap yang super lembut, shampoo mobil dan air secukupnya.

Biaya yang dihabiskan sangat murah dan tak habis dari Rp 5000. Sedangkan biaya merawat mesin mobil seperti melakukan tune up mobil atau ganti oli bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Untuk memudahkan dalam pencucian mobil secara rutin sebagai bagian dari perawatan mobil maka anda bisa menyusun jadwal pencucian mobil secara berkala. Mencuci mobil tak menghabiskan banyak waktu di rumah. Anda hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit untuk bisa mencuci mobil dengan baik sampai bersih di rumah.

Bagi anda yang tidak ingin bergelut dengan shampo dan sabun dalam mencuci mobil atau anda yang sangat sibuk sehingga tidak mempunyai waktu luang untuk cuci mobil sendiri maka anda bisa mempercayakan ke tempat cuci mobil professional terdekat. Di sekitar daerah anda sangat mudah dijumpai tempat cuci mobil terbaik dengan harga yang bervariasi.

Beberapa tempat cuci mobil menyediakan tarif cuci mobil dimulai dari Rp 25 ribu dan juga layanan restoran atau WiFi secara gratis untuk para pelanggannya.

Untuk mengetahui cara mencuci mobil maka anda bisa berkunjung ke tempat jasa cuci mobil. Anda akan mendapatkan banyak mobil yang mengantri yang sedang dicuci maupun akan dicuci. Lihat saja oleh anda bagaimana cara membersihkan mobil dari para karyawan bagian pembersih. Anda bisa menirunya di rumah.

Cara mencuci mobil semua orang sudah mengetahuinya bahkan anak kecil pun. Cara yang paling sering dilakukan dengan mempersiapkan kain lap yang lembut dan sampo mobil serta ember berisi air. Cara membersihkan mobil pada bagian bodi mobil dimulai dengan memberikan air pada bodi mobil.

Kemudian dibersihkan menggunakan lap yang basah yang telah bercampur sampo, lalu di gosok pelan pada bagian depan, belakang , kiri dan kanan bodi mobil hingga semua bagian bodi mobil bersih dan noda yang melekat padanya hilang. Pada saat selesai mobil dicuci maka mobil akan tampak kinclong dan harum serta indah dipandang mata.

Baca Baca : Masih Bingung? Intip Cara Mencuci Ruang Mesin Mobil Anda

Cara Mencuci Mobil Sendiri

Cara Mencuci Mobil

Jika anda ingin mencuci mobil secara baik dan benar-benar bersih maka anda bisa mengikuti aturan cara cuci mobil yang baik dan benar. Berikut ini cara mencuci mobil yang baik dan benar dijamin bersih, antara lain:

1.Berada di tempat sejuk

Salah satu kesalahan dalam mencuci mobil adalah melakukan pencucian mobil di bawah sinar matahari secara langsung. Cara cuci mobil seperti ini tak bagus sebab bisa mengakibatkan munculnya jamur dan kerak pada saat mengering pada bagian bodi mobil dan kaca mobil.

2.Menggunakan sampo mobil

Sebagian pemilik mobil sering menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil. Hal tersebut kurang baik. Sebab mencuci mobil menggunakan sabun cuci piring dapat mengakibatkan bodi mobil menjadi tampak ada goresan dan terlihat kusam.

Oleh karena itu, pastikan anda mencuci mobil menggunakan sampo memang yang dikhususkan untuk mobil yang memiliki pH keasaman yang rendah. Dengan sampo mobil yang demikian, bodi mobil yang dibersihkan akan tampak mengkilap dan tak kusam.

3.Menggunakan 2 buah ember

Langkah berikutnya dari cara mencuci mobil adalah menyiapkan dua ember. Yang satu ember berisi air bersih. Sedangkan yang satu lagi ember berisi air bersih yang sudah dicampurkan dengan sampo mobil yang berguna untuk membersihkan mobil dari noda-noda dan kotoran. Untuk ember yang satu lagi berisi air bersih dipegunakan untuk membilas mobil hingga bersih kemudian dikeringkan.

Dalam mencuci mobil menggunakan satu ember akan sangat tidak maksimal. Dan memungkinkan terjadi tercampurnya antara air bersih dan kotor.

Sesudah mobil dibersihkan oleh sampo mobil maka bilaslah bodi mobil menggunakan air bersih yang terdapat di ember yang satu atau selang yang berisi air bersih.

4.Gerakan mencuci mobil

Hal paling penting lain dari cara mencuci mobil adalah melakukan gerakan pencucian menggunakan sampo bukan hanya sekedar air bersih. Gerakanpencucian bukan gerakan melingkar tapi menggunakan pola gerakan  dari arah bawah ke atas.

Keharusan melakukan gerakan membersihkan bodi mobil dari arah bawah ke atas bertujuan untuk membersihkan bodi mobil sebersih mungkin tanpa kotoran dan debu menempel kembali. Kalau gerakan mencuci mobil dengan gerakan memutar justru akan mendatangkan banyak kotoran dan debu untuk melekat kembali.

5.Pada saat mencuci mobil

kaca jendela mobil hendaknya ditutup rapat agar tak ada air yang masuk ke dalam mobil. Kaca jendela barulah dibuka atau diturunkan ke bawah pada saat selesai mencuci mobil dengan air.

Atau bisa juga kaca jendela mobil diturunkan tatkala pada tahap mobil sedang dikeringkan. Pendek kata kaca mobil diturunkan setelah mobil benar-benar kering agar tetesan air tidak masuk ke dalam mobil melalui  jendela atau bodi mobil bagian atas.

Jika anda mengalami kesulitan dalam menutup kaca mobil dan menurunkan kaca mobil berarti ada yang rusak pada jendela mobil. Dokter mobil (doktermobil.com) menyediakan jasa perbaikan mobil termasuk jasa perbaikan AC, mesin maupun kaca mobil. Dengan jendela mobil yang baik maka akan memudahkan anda dalam melakukan cara mencuci mobil.

Itulah pembahasan kita pada artikel kali ini tentang cara mencuci mobil yang baik dan benar untuk merawat mobil tetap awet

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 45286

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu