📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

10 Cara Menyetel Klep Mobil dengan Tepat dan Aman

10 Cara Menyetel Klep Mobil dengan Tepat dan Aman

Menyetel klep mobil adalah tugas vital untuk menjaga kesehatan mesin. Artikel ini memberikan langkah-langkah jelas tentang cara menyetel klep mobil dengan tepat dan aman, dari pengenalan jenis mesin hingga penyetelan yang akurat.

Bagaimana cara menyetel klep mobil dengan tepat?

Menyetel klep mobil melibatkan langkah-langkah seperti mengenali jenis mesin, mempersiapkan peralatan, dan memastikan mesin dalam keadaan dingin.

Setelah itu, gunakan feeler gauge untuk mengukur jarak antara rocker arm dan valve stem, lalu sesuaikan klep dengan hati-hati menggunakan obeng.

Pastikan klep terpasang dengan benar dan lakukan penyetelan secara teratur untuk menjaga kesehatan mesin.

Cara menyetel klep mobil adalah salah satu tugas penting dalam pemeliharaan mesin mobil yang dapat membantu menjaga kesehatan mesin dan mencegah kerusakan serius pada mesin.

Meskipun terdengar cukup teknis dan membutuhkan peralatan khusus, cara menyetel klep mobil bisa dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah cara menyetel klep mobil yang tepat.

Cara Menyetel Klep Mobil dengan Tepat

Cara menyetel klep mobil adalah salah satu tugas pemeliharaan yang penting untuk menjaga kesehatan mesin mobil.

Jika klep tidak diatur dengan benar, dapat menyebabkan masalah mesin seperti performa yang buruk, suara yang kasar, bahkan kerusakan serius pada mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda cara menyetel klep mobil dengan benar:

  1. Kenali Jenis Mesin Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum cara menyetel klep mobil adalah mengenali jenis mesin mobil Anda.

Setiap jenis mesin memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga cara menyetel klep mobil yang digunakan juga berbeda-beda.

Beberapa jenis mesin yang umumnya digunakan pada mobil adalah mesin DOHC (double overhead camshaft), SOHC (single overhead camshaft), dan mesin dengan desain bawah.

Mesin DOHC memiliki dua camshaft yang menggerakkan klep pada masing-masing silinder. Sedangkan pada mesin SOHC, satu camshaft menggerakkan klep untuk masing-masing silinder.

Pada mesin dengan desain bawah, camshaft diletakkan di bawah mesin dan menggerakkan klep melalui pushrod. Setelah mengetahui jenis mesin Anda, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan metode penyetelan klep yang sesuai.

  1. Siapkan Peralatan yang Diperlukan

Untuk cara menyetel klep mobil, Anda memerlukan peralatan khusus seperti kunci pas, feeler gauge, obeng, dan kain lap. Kunci pas digunakan untuk membuka dan menutup tutup klep, sedangkan feeler gauge digunakan untuk mengukur jarak antara rocker arm dan valve stem.

Obeng digunakan untuk menyetel klep, sedangkan kain lap digunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor atau berminyak.

Pastikan Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan sebelum memulai cara menyetel klep mobil.

Jika Anda tidak memiliki peralatan yang diperlukan, sebaiknya jangan mencoba menyetel klep sendiri karena hal ini dapat membahayakan keselamatan Anda dan merusak mesin mobil.

  1. Pastikan Mesin dalam Keadaan Dingin

Sebelum memulai cara menyetel klep mobil, pastikan mesin telah dingin selama beberapa jam. Hal ini sangat penting karena jika mesin masih panas, dapat menyebabkan perbedaan yang signifikan dalam pengukuran klep.

Mesin yang masih panas juga dapat membahayakan keselamatan Anda karena suhu mesin yang tinggi dapat menyebabkan luka bakar.

Setelah mesin dingin, buka tutup klep dengan menggunakan kunci pas. Ini memungkinkan Anda mengakses klep yang perlu disetel.

Namun, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada buku manual mesin mobil Anda terlebih dahulu sebelum mencoba membuka tutup klep. Hal ini dapat membantu Anda menghindari kesalahan yang dapat merusak mesin mobil.

  1. Gunakan Feeler Gauge

Setelah membuka tutup klep, gunakan feeler gauge untuk mengukur jarak antara rocker arm dan valve stem. Feeler gauge terdiri dari lembaran logam tipis dengan ketebalan yang berbeda-beda. Anda perlu memilih feeler gauge dengan ketebalan yang sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh produsen mobil.

Ukur jarak ini pada titik tertinggi camshaft, yang biasanya dapat ditemukan pada saat silinder nomor satu berada pada TDC (top dead center).

Letakkan feeler gauge di antara rocker arm dan valve stem dan pastikan ukuran jaraknya sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh produsen.

  1. Sesuaikan Klep

Jika jarak antara rocker arm dan valve stem terlalu besar atau terlalu kecil, sesuaikan klep dengan menggunakan obeng.

Sesuaikan klep sampai jarak antara rocker arm dan valve stem sesuai dengan spesifikasi produsen.

Pastikan Anda menyetel klep dengan hati-hati dan teliti. Jika Anda tidak yakin atau merasa kesulitan, sebaiknya meminta bantuan mekanik profesional.

  1. Periksa Kembali Peletakan Klep

Setelah selesai cara menyetel klep, periksa kembali peletakan klep untuk memastikan bahwa klep sudah diposisikan dengan benar dan telah dikunci dengan kencang.

Klep yang tidak diposisikan dengan benar atau kurang kencang dapat menyebabkan masalah pada mesin mobil, seperti kebocoran oli atau bahkan kerusakan pada mesin.

Setelah memeriksa peletakan klep, pasang kembali tutup klep dan pastikan sudah dikencangkan dengan kencang.

Pastikan Anda melakukan penyetelan klep dengan benar dan hati-hati untuk menjaga mesin mobil tetap dalam kondisi yang baik. Hal ini dapat membantu mencegah kerusakan mesin mobil dan memperpanjang masa pakai mesin.

  1. Periksa Performa Mesin

Setelah cara menyetel klep, periksa performa mesin untuk memastikan bahwa penyetelan klep berjalan dengan baik.

Lakukan tes jalan singkat untuk memeriksa apakah mesin berjalan dengan lancar dan suara mesin normal. Jika ada masalah, periksa kembali penyetelan klep untuk memastikan bahwa klep sudah disetel dengan benar.

Baca Juga: 5 Cara Cek Kondisi Mesin Mobil, Agar Performa Selalu Prima

  1. Lakukan Penyetelan Klep secara Teratur

Cara menyetel klep mobil sebaiknya dilakukan secara teratur sesuai dengan rekomendasi produsen mobil.

Beberapa produsen merekomendasikan penyetelan klep dilakukan setiap 30.000 km atau setiap tahun sekali, tergantung pada jenis mesin mobil dan kondisi penggunaan.

Penyetelan klep yang teratur dapat membantu menjaga mesin mobil tetap dalam kondisi yang baik dan mencegah kerusakan mesin.

  1. Cari Bantuan Profesional Jika Perlu

Jika Anda merasa kesulitan atau tidak yakin dalam melakukan cara menyetel klep mobil, sebaiknya mencari bantuan mekanik profesional.

Mekanik profesional dapat membantu menyelesaikan masalah mesin dengan cepat dan efisien. Selain itu, mereka juga dapat memberikan saran dan rekomendasi mengenai perawatan dan pemeliharaan mesin mobil yang baik.

  1. Jaga Kebersihan Mesin Mobil

Selain melakukan penyetelan klep yang teratur, menjaga kebersihan mesin mobil juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin mobil.

Bersihkan mesin secara teratur dari kotoran dan debu yang menempel pada mesin. Pastikan Anda juga mengganti oli mesin sesuai dengan rekomendasi produsen mobil dan mengganti filter oli secara teratur.

Lakukan Stel Klep dan Pembersihan Mesin Maksimal dengan Tune Up Jet Clean di Dokter Mobil

Cara menyetel klep mesin mobil yang memang perlu dilakukan di tempat dan oleh orang yang tepat, karena jika ditangani dengan salah akan mengakibatkan kerusakan parah di bagian mesin.

Cara menyetel klep mobil adalah salah satu cara yang cukup tricky dalam melakukan perawatan dan peremajaan performa mobil. Sehingga butuh keahlian dan keseriusan dalam lakukan penanganannya.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form