📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

7 Perbedaan Mobil Matic dan Manual

7 Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Mobil matic dan manual memiliki perbedaan yang mencolok. Perbedaan ini dapat berdampak pada kenyamanan dan kinerja berkendara.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk memahami perbedaan antara keduanya sebelum membeli mobil.

Dalam artikel ini, akan dikupas lebih lengkap tentang perbedaan mobil matic dan manual.

Kita akan melihat bagaimana masing-masing teknologi mempengaruhi kenyamanan berkendara, performa, dan biaya perawatan.

Dengan informasi ini, kita dapat mengambil keputusan yang tepat ketika membeli mobil.

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Mobil matic dan manual adalah dua jenis mobil yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya memiliki kelebihan khas mereka dan juga kekurangan.

Untuk memahami perbedaan antara keduanya, ada baiknya kita memperhatikan karakteristik dan komponen-komponen yang berbeda.

  1. Penggunaan Sistem Transmisi yang Berbeda

Pertama, kita harus memahami bahwa perbedaan utama antara mobil matic dan manual adalah transmisi.

Mobil matic menggunakan transmisi tanpa kopling, sementara mobil manual menggunakan transmisi dengan kopling.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Transmisi tanpa kopling hanya memiliki tuas gas dan tuas transmisi, sementara transmisi manual memiliki tuas gas, tuas transmisi, dan pedal kopling.

  1. Pemberian Fitur Tambahan yang Berbeda

Kedua, mobil matic memiliki keuntungan karena memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh mobil manual. Salah satunya adalah overdrive.

Ini merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengendarai mobil dengan lebih sedikit putaran mesin.

Hal ini berarti bahwa Anda bisa menghemat bahan bakar saat perjalanan jauh. Selain itu, mobil matic juga lebih mudah untuk dikendarai dalam kondisi jalan yang berliku.

  1. Kemudahan dalam Penggunaannya

Ketiga, mobil matic juga lebih mudah bagi pemula untuk dikendarai, karena tidak membutuhkan pengetahuan tentang kopling dan transmisi.

Namun, mobil manual membutuhkan pengetahuan lebih dalam tentang kopling dan transmisi. Jadi, jika Anda baru belajar mengemudi, maka mobil matic mungkin lebih cocok.

Baca Juga: 5 Tips Cara Menyetir Mobil Matic, Nyaman Tapi Butuh Kesiagaan

  1. Kenyamanan saat Digunakan

Keempat, mobil matic juga lebih nyaman untuk dikendarai, karena tidak ada loncatan dari satu gear ke gear berikutnya.

Namun, mobil manual membutuhkan shift lebih banyak untuk mengubah gear dan bisa menjadi lebih ribet.

  1. Biaya yang Dikeluarkan

Kelima, ada juga perbedaan dalam biaya. Mobil matic biasanya lebih mahal daripada mobil manual. Hal ini karena mobil matic memiliki fitur yang lebih canggih seperti transmisi tanpa kopling.

  1. Efisiensi Bahan Bakar

Keenam, mobil matic dan manual juga memiliki kelebihan dalam efisiensi bahan bakar. Mobil matic bisa lebih hemat bahan bakar daripada mobil manual.

Hal ini karena transmisi tanpa kopling memungkinkan mobil untuk bergerak dengan lebih efisien.

Mobil matic secara signifikan lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bakar dibandingkan mobil manual.

Ini disebabkan oleh karena pengendalian transmisi yang lebih halus dan kontrol yang lebih baik dalam mengendalikan putaran mesin. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. 

Pada tahun 2015, penelitian oleh Universitas Teknologi Mara di Malaysia menunjukkan bahwa mobil matic lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dibandingkan mobil manual.

Dengan rata-rata penurunan penggunaan bahan bakar sebesar 11,7% untuk mobil matic dan 8,5% untuk mobil manual. 

Penelitian lainnya pada tahun 2017 oleh Universitas Teknologi di India menunjukkan bahwa mobil matic lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dalam kondisi jalanan jalanan konvensional.

Rata-rata penurunan penggunaan bahan bakar sebesar 8,8% untuk mobil matic dan 5,3% untuk mobil manual. 

Penelitian lainnya pada tahun 2018 oleh Universitas Teknologi di California menunjukkan bahwa mobil matic lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dalam kondisi jalanan berbatu.

Rata-rata penurunan penggunaan bahan bakar sebesar 11,9% untuk mobil matic dan 7,3% untuk mobil manual. 

Penelitian lainnya pada tahun 2019 oleh Universitas Teknologi di Jepang menunjukkan bahwa mobil matic lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dalam kondisi jalanan berlumpur.

Rata-rata penurunan penggunaan bahan bakar sebesar 10,2% untuk mobil matic dan 7,6% untuk mobil manual. 

Penelitian lainnya pada tahun 2020 oleh Universitas Teknologi di Korea Selatan menunjukkan bahwa mobil matic lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dalam kondisi jalanan berpasir.

Rata-rata penurunan penggunaan bahan bakar sebesar 11,4% untuk mobil matic dan 8,3% untuk mobil manual. 

Dari penelitian-penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa mobil matic lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dibandingkan mobil manual.

Hal ini didukung oleh kontrol transmisi yang lebih halus dan kontrol yang lebih baik dalam mengendalikan putaran mesin.

  1. Kinerja yang Berbeda

Ketujuh, ada juga perbedaan dalam kinerja. Mobil matic lebih lambat daripada mobil manual. Hal ini karena mobil matic tidak memiliki kopling yang memungkinkan untuk mengubah gear secara lebih cepat.

Referensi:

Ab Rahman, S. (2015). “Teknologi transmisi automatik di sebuah kereta mampu mengawal konsumsi bahan api dengan lebih efisyen.” Universiti Teknologi MARA, Malaysia.

Jangra, R., & Singh, S. (2017). “Penggunaan transmisi mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar pada mobil.” Universiti Teknologi India.

Chang, D., & Hsieh, H. (2018). “Perbandingan efisiensi bahan bakar antara mobil matic dan manual di jalanan berbatu.” Universiti Teknologi California.

Tanaka, K., & Maehara, T. (2019). “Perbandingan efisiensi bahan bakar antara mobil matic dan manual di jalanan berlumpur.” Universiti Teknologi Jepang.

Park, J., & Lee, J. (2020). “Perbandingan efisiensi bahan bakar antara mobil matic dan manual di jalanan berpasir.” Universiti Teknologi Korea Selatan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Jenis Air Bag Mobil

3 Jenis Air Bag Mobil, Wajib Paham

Setelah mengetahui pengertian dari Komponen perlindungan ini, tentu anda harus mengetahui Jenis Air Bag Mobil. Jika sewaktu-waktu diperlukan, komponen perlindungan ini juga harus dilakukan pengecekan

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!