📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

14 Ciri Kopling Mobil Matic Habis

14 Ciri Kopling Mobil Matic Habis

Ciri-ciri kampas kopling mobil matic yang habis berbeda dari kampas kopling mobil manual. Prinsip utama dari kampas kopling matic adalah bahwa transmisi akan bergerak secara otomatis ketika pedal kopling ditekan. 

Agar Anda bisa lebih siaga sebelum mobil matic Anda mengalami masalah yang serupa, berikut ini adalah ciri-ciri kopling mobil matic habis yang patut Anda simak. 

Ciri-ciri Kopling Mobil Matic Habis

Ciri-ciri Kopling Mobil Matic Habis

Kampas kopling adalah salah satu bagian esensial dari sistem transmisi mobil. Ini berfungsi untuk memungkinkan transmisi untuk mengalirkan daya mesin ke roda, mengizinkan terjadinya perubahan kecepatan dan gerakan maju dan mundur. 

Selain itu, kampas kopling juga membantu mengurangi getaran yang terjadi saat berganti gigi. Meskipun kampas kopling telah mengalami perkembangan yang signifikan selama bertahun-tahun, ia masih akan rusak karena penggunaan yang berlebihan atau karena pemakaian yang tidak tepat. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kampas kopling mobil matic habis berbeda dengan kampas kopling mobil manual.

Berikut ini adalah tanda kampas kopling mobil matic yang habis bisa dikenali dengan berbagai ciri-ciri, yang terdiri dari:

  1. Perpindahan Transmisi Mobil Matic Terasa Kasar

Ciri kopling mobil matic habis yang pertama adalah perpindahan pada transmisi mobil matic akan terasa kasar. Ketika memindahkan posisi transmisi atau gigi mobil matic, akan muncul suara layaknya gesekan benda kasar atau seperti adanya komponen yang patah. Suara ini akan muncul ditandai dengan durasi perpindahan gigi mobll yang lebih lama dari biasanya. 

  1. Mobil Alami Getaran

Saat kopling mobil matic habis, ciri kopling mobil matic habis yang akan muncul adalah mobil matic akan bergetar atau berguncang. Hal ini dikarenakan kopling mobil matic yang habis akan hangus, sehingga menyebabkan mobil alami sensasi seperti bergetar atau berguncang. 

  1. Ada Hentakan saat Perpindahan Transmisi

Selain munculnya suara gesekan benda kasar saat melakukan perpindahan gigi atau transmisi, ciri kopling mobil matic habis juga akan ditandai dengan munculnya hentakan ketika Anda melakukan perpindahan posisi transmisi. Hentakannya akan terasa keras sebab oli transmisi mobil tidak bisa menjaga perpindahan transmisi saat RPM sedang optimal. 

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Perpindahan Transmisi Terasa Berat

Selain munculnya hentakan, ciri kopling mobil matic habis juga akan ditandai dengan perpindahan transmisinya yang begitu keras dan berat dari sebelumnya. Selain karena kopling mobil matic yang habis, pengelupasan atau putusnya kabel gearbox juga bisa menjadi penyebab mengapa perpindahan transmisi pada mobil matic jadi terasa berat. 

  1. Starter Terasa Ngelos

Starter mobil matic terasa ngelos atau bahkan tidak bisa distarter sama sekali? Ini juga bisa menjadi ciri kopling mobil matic habis dan perlu dilakukan perbaikan karena mobil jadi tak bisa dinyalakan dan digunakan. 

  1. Perpindahan Transmisi ‘Nyangkut’

Biasa disebut limp mode atau safe mode, transmisi nyangkut ini merupakan ciri kampas kopling mobil matic habis. Hal ini terjadi dengan ditandai transmisi mobil matic nyangkut di posisi gigi paling atas. 

  1. Muncul Bau Hangus

Kampas kopling mobil matic yang habis memang biasanya akan terlihat gosong, sebab kondisinya yang terus menerus bekerja meskipun sudah tak layak pakai. Sehingga ciri kopling mobil matic habis akan ditandai dengan munculnya bau hangus. 

  1. Putaran Mesin Semakin Tinggi

Ketika mobil matic Anda berkendara dengan kecepatan sedang namun putaran mesinnya terus meninggi, ini menjadi ciri kopling mobil matic habis. Sebab kampas kopling mobil yang sudah habis akan licin permukaannya dan mengakibatkan perputaran mesin menjadi lebih cepat. 

  1. Mobil Tidak Kuat Menanjak

Mobil matic Anda tidak kuat menanjak? Ini bisa menjadi pertanda ciri kopling mobil matic habis, lho. Sebab mobil tidak memiliki tenaga yang cukup saat mobil sedang melaju di tanjakan. 

  1. Akselerasi Mesin Semakin Berkurang

Jika akselerasi mesin mobil matic Anda tak seprima seperti dulu, ini bisa menjadi ciri kopling mobil matci habis. Karena ketika kampas kopling mobil matic habis, otomatis mobil pun akan kehilangan akselerasinya. 

  1. Kopling Selip

Seringkali kopling mengalami selip bisa menjadi ciri kopling mobil matic habis. Karena kondisi kampas yang memang sudah tidak layak untuk digunakan dan berfungsi sebagaimana mestinya. 

  1. Oli Berubah Kehitaman

Jika oli mobil berwarna kehitaman yang ditandai dengan banyaknya residu serbuk berwarna hitam, itu adalah ciri kampas kopling mobil matic habis. Sebab kampas kopling berguguran dan masuk ke dalam oli,

  1. Tenaga pada Mesin Jadi Berkurang

Ciri kampas kopling mobil matic habis yang bisa Anda ketahui adalah saat tenaga pada mesin jadi berkurang dengan signifikan. Hal ini ditandai juga dengan mobil kecepatannya jadi terasa lamban. 

Baca Juga: Penyebab dan Solusi Mobil Kehilangan Tenaga saat Menanjak

  1. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Terakhir, ciri kampas kopling mobil matic habis dapat terlihat dari konsumsi bahan bakarnya yang semakin boros. Kampas kopling mobil yang habis membuat penggunanya lebih sering menekan pedal gas lebih dalam, hal ini berakibat pada konsumsi bahan bakar yang boros dan tidak efisien.

Penutup

Kampas kopling mobil matic yang habis adalah masalah serius yang harus diperhatikan dengan seksama. Jika Anda tidak yakin tentang kampas kopling mobil matic Anda, maka Anda harus segera menghubungi mekanik terdekat atau pemilik mobil dan meminta mereka untuk melakukan pemeriksaan. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa mobil Anda tetap aman dan dapat berjalan dengan baik.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya