📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

7 Tips Cara Memilih Oli Mobil Matic

Siapa yang tak tahu dengan oli? Komponen mobil satu ini berguna untuk melumasi bagian-bagian mobil. Untuk mobil matic, maka pelumasannya pun khusus menggunakan oli mobil matic atau oli transmisi mobil matic. Untuk itu, cara memilih oli mobil matic pun perlu kiat khusus agar tak salah dalam memilih.

Sejatinya, cara memilih oli mobil matic tak boleh sembarangan. Sebab ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena komponen pada transmisi mobil matic memang sangat berbeda, termasuk antara transmisi matic CVT dengan AT.

Agar Anda tak salah dalam memilih oli untuk mobil matic kesayangan Anda, berikut ini adalah kiat-kiat cara memilih oli mobil matic yang patut Anda ketahui dan simak. 

Cara Memilih Oli Mobil Matic

Cara Memilih Oli Mobil Matic

Kebanyakan orang tidak tahu banyak tentang cara memilih oli mobil matic. Oli adalah salah satu aspek penting dari perawatan mobil. Oli membantu menghindari kerusakan internal pada mesin mobil, dan memiliki oli yang tepat adalah kunci untuk menjaga mesin mobil Anda tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara memilih oli mobil matic yang tepat. 

  1. Ketahui Jenis Transmisi Mobil Matic Anda

Pertama, pastikan Anda mengetahui jenis mesin dan transmisi mobil Anda. Ini sangat penting karena Anda harus memastikan bahwa Anda memilih jenis oli yang sesuai dengan jenis mesin dan transmisi yang Anda miliki. 

Beberapa mobil matic mungkin membutuhkan jenis oli yang berbeda dari mobil manual, bahkan ada penggunaan oli mobil matic untuk transmisi CVT dan AT pun berbeda. Sehingga penting untuk mengetahui oli mobil matic mana yang tepat untuk mobil matic kesayangan Anda. 

  1. Gunakan Oli Mobil Matic yang Sesuai dengan Spesifikasi dari Pabrikan Mobil

Kedua, pastikan Anda memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh produsen mobil Anda. Ini penting karena banyak jenis oli yang tersedia di pasar, tetapi tidak semuanya sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh produsen. Pastikan Anda memilih oli yang memenuhi syarat, karena jika Anda salah memilih, ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil Anda. 

  1. Pilih Oli Mobil Matic dengan Viskositas yang Tepat

Ketiga, pastikan Anda memilih oli yang memiliki viskositas yang tepat. Viskositas oli adalah kualitas oli yang menentukan seberapa mudah oli dapat mengalir. Jika viskositas oli terlalu rendah, oli tidak akan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Jika viskositas oli terlalu tinggi, oli dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. 

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Tingkat Pelumasan Oli Mobil Matic Harus Diperhitungkan

Keempat, pastikan Anda memastikan bahwa oli yang Anda pilih memiliki tingkat pelumasan yang tepat. Tingkat pelumasan adalah kualitas oli yang menentukan seberapa baik oli dapat melumasi mesin. Jika tingkat pelumasan terlalu rendah, oli tidak akan mampu melumasi mesin dengan baik, dan jika tingkat pelumasan terlalu tinggi, oli dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. 

  1. Gunakan Oli dengan Formulasi Khusus Mobil Matic

Cara memilih oli mobil matic yang kelima adalah pastikan Anda memilih oli yang diformulasikan khusus untuk mobil matic. Beberapa jenis oli yang tersedia di pasar dapat digunakan untuk mobil manual dan mobil matic, tetapi tidak semuanya. Pastikan Anda memilih oli yang diformulasikan khusus untuk mobil matic, karena oli ini akan menjamin bahwa mesin mobil Anda tetap berjalan dengan baik. 

  1. Ketahui Kapasitas Oli Mobil Matic yang Dibutuhkan

Cara memilih oli mobil matic yang keenam, pastikan Anda memahami berapa banyak oli yang dibutuhkan untuk mobil Anda. Jumlah oli yang dibutuhkan dapat berbeda-beda tergantung pada jenis mesin dan transmisi yang Anda miliki. Pastikan Anda memilih jumlah yang tepat sehingga Anda dapat mengganti oli dengan benar dan menjaga mesin mobil Anda tetap berjalan dengan baik. 

  1. Gunakan Oli yang Sesuai dengan Medan Lintasan dan Lingkungan

Cara memilih oli mobil matic yang ketujuh, pastikan Anda memilih oli yang sesuai dengan lingkungan yang Anda gunakan. Beberapa jenis oli yang tersedia di pasar hanya dapat digunakan di lingkungan tertentu, seperti suhu dan kelembaban yang berbeda. Pastikan Anda memilih oli yang sesuai dengan lingkungan yang Anda gunakan, karena jika Anda salah memilih, oli tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil Anda. 

Meskipun memilih oli mobil matic bisa menjadi proses yang rumit, dengan mematuhi langkah-langkah di atas Anda dapat dengan mudah memilih oli yang tepat untuk mobil Anda. Dengan memilih oli yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa mesin mobil Anda tetap berjalan dengan baik dan menghindari kerusakan yang mungkin terjadi. Jadi jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah di atas saat Anda memilih oli mobil matic.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya