📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Salah Oper Gigi pada Mobil Matic, Ini Efek Buruknya

Salah Oper Gigi pada Mobil Matic, Ini Efek Buruknya

Berkendara dengan mobil matic merupakan salah satu cara yang efisien untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Namun, bila ada masalah pada oper gigi mobil matic, berkendara akan menjadi berbahaya dan menyebabkan kerugian. Kebanyakan orang akan mengabaikan masalah ini atau mengabaikan bahaya yang disebabkan oleh salah oper gigi mobil matic. Padahal, masalah ini dapat menyebabkan kecelakaan yang serius.

Oper gigi mobil matic berfungsi sebagai alat untuk mengubah gigi mobil matic. Ini berfungsi untuk membantu kendaraan bergerak dengan lebih efisien. Ketika ada masalah pada oper gigi mobil matic, kendaraan tidak akan dapat bergerak dengan efisien dan dapat menyebabkan kendaraan berhenti tiba-tiba. Ini akan meningkatkan risiko kecelakaan.

Ketika oper gigi mobil matic salah, itu dapat menyebabkan masalah lain pada mobil matic. Beberapa masalah yang mungkin Anda alami adalah mesin yang berhenti tiba-tiba, mesin yang berbunyi kencang, dan mesin yang berbunyi tidak normal. Masalah ini akan membuat kendaraan berjalan dengan lebih lambat dan lebih buruk dari sebelumnya. Ini akan meningkatkan risiko kecelakaan dan kerugian.

Dampak Salah Oper Gigi pada Mobil Matic dari D ke R

Dampak Salah Oper Gigi pada Mobil Matic dari D ke R

Ketika mobil melaju, tuas transmisi pada mobil matic biasanya akan diposisikan ke D atau Drive. Namun, seringkali banyak pengguna mobil matic yang tak sengaja memindahkan posisi tuas transmisi dari D ke R/Reverse. 

Salah oper gigi dari D ke R pada mobil matic dapat menimbulkan berbagai masalah yang berpotensi menyebabkan cedera dan kerusakan pada mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mobil Alami Over-revving

Salah oper gigi dari D ke R pada mobil matic dapat menyebabkan mobil mengalami over-revving, yaitu proses dimana mesin dipaksa melaju dengan cepat dan tingkat putaran mesin yang tinggi.

Over-revving dapat menyebabkan beberapa efek negatif, seperti kerusakan pada komponen mesin, seperti rotor, piston, dan katup. Hal ini dapat menyebabkan biaya perbaikan yang mahal. Over-revving juga dapat menyebabkan berkurangnya usia pakai mesin, dan dapat menyebabkan mesin tersebut menjadi lebih cepat rusak.

  1. Komponen Transmisi Mobil Alami Kerusakan

Selain itu, salah oper gigi dari D ke R pada mobil matic dapat menyebabkan beberapa kerusakan pada transmisi, seperti kerusakan pada komponen atau roda gigi transmisi. Hal ini dapat menyebabkan biaya perbaikan yang mahal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Kerusakan pada Sistem Rem

Salah oper gigi dari D ke R pada mobil matic juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem rem. Hal ini dapat menyebabkan mobil menjadi mudah untuk dikendalikan dan berbahaya.

  1. Merusak Bagian Suspensi Mobil

Selain itu, salah oper gigi dari D ke R pada mobil matic juga dapat menyebabkan kerusakan pada suspensi, yaitu sistem yang menghubungkan roda mobil dengan bodi mobil. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan menjadi mudah untuk dikendalikan dan berbahaya.

Kesimpulannya, salah oper gigi dari D ke R pada mobil matic dapat menimbulkan berbagai masalah yang berpotensi menyebabkan cedera dan kerusakan pada mobil. Hal ini harus dihindari dengan benar-benar mematuhi aturan berkendara.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara di Jalan Menanjak, Agar Terhindar dari Kecelakaan

Penutup

Kesimpulannya, salah oper gigi mobil matic dapat menyebabkan masalah dan bahaya saat berkendara. Jadi, Anda harus memeriksa mobil matic Anda secara rutin untuk mencegah masalah. 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya