📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Jangan Panik, Check Dulu 3 Penyebab Mobil Susah Hidup Ini

Mesin Mobil yang Bermasalah Kerap Jadi Penyebab Mobil Susah Hidup

Biasanya aki mobil yang rusak adalah penyebab mobil susah hidup ketika distarter. Namun ada beberapa penyebab lainnya. Apa saja? Dan bagaimana mengatasinya?

Ketika hendak buru-buru, namun tiba-tiba mobil susah untuk dihidupkan, hal ini tentu menjengkelkan. Dan saat mobil sudah bisa dinyalakan, rasa was-was muncul. Jangan-jangan kalau mobil sampai berhenti, mesinnya mogok. Atau jangan-jangan tiba-tiba mobil mogok di tengah jalan saat sedang melaju kencang. Wah gawat.

Ternyata Ini Penyebab Mobil Susah Hidup

Cukup banyak faktor penyebab masalah ini. Dan untuk mencegah dan mengatasi masalah ini anda perlu tahu apa penyebab masalah ini. Dengan demikian, akan lebih mudah menentukan solusi yang tepat.

Adapun penyebab dan solusi mengatasi mobil yang susah hidup antara lain adalah:

  1. Aki Mobil Lemah

    Lemahnya aki mobil menyebabkan kelistrikan mobil tidak bisa sempurna menyalakan mesin. Karenanya, gejala mobil susah hidup akan terjadi.

    Ketika Mobil Susah Hidup Seringkali Masalahnya Ternyata Karena Aki Mobil Lemah

    Solusi
    Untuk mengatasi masalah ini, penggantian aki mobil perlu dilakukan. Namun penting juga untuk mencari tahu mengapa aki mobil bisa tekor atau lemah.

  2. Filter Bahan Bakar Mampet

    Ketika bahan bakar tidak lancar masuk ke ruang pembakaran, maka mesin tidak mendapatkan suplai bahan bakar yang cukup. Mesinpun akan “ngambek” sampai jumlah bahan bakar di ruang pembakaran sudah ideal.

    Penyebab Mobil Susah Hidup paling Sering Adalah Filter Bahan Bakar yang Mampet

    Solusi
    Cobalah bersihkan filter bahan bakar. Jika filter bahan bakar sudah dibersihkan, namun gejala masih terjadi, cobalah lakukan tune UP, juga melakukan penggantian pompa bahan bakar.

  3. Busi Lemah

    Pembakaran dipicu oleh pengapian busi. Namun ketika busi lemah, proses pengapian butuh diulang-ulang sampai tercapai kondisi pengapian ideal. Hal inilah yang menyebabkan mobil susah hidup. Biasanya busi lemah ini terjadi karena tertutup karbon, atau karena busi sudah tua.

    Ketika Busi Melemah Maka Mobil Lebih Susah Hidup Ketika Coba Distarter

    Solusi
    Jika busi sudah tua, solusinya adalah ganti dengan busi baru. Namun jika masalah terjadi akibat tertutup karbon, maka busi bisa dibersihkan sambil mengecheck penyebab menumpuknya karbon. Biasanya dengan tune UP maka penumpukan karbon bisa diatasi dan tidak terjadi lagi.

Lihat Juga: Penyebab Innova Bensin Boros

Selain ketiga hal di atas, sebenarnya masih ada beberapa sebab lain yang seringkali jadi sumber masalah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengecheck kondisi mobil secara menyeluruh di bengkel, terutama bengkel spesialis mesin dan kelistrikan mobil. Dengan demikian, seluruh penyebab masalah dapat diketahui, dan solusi terbaik dapat diambil.

Wah ternyata cukup banyak juga ya penyebab mobil susah hidup ini. Semoga dengan adanya solusi-solusi sederhana di atas, masalah ini bisa benar-benar terselesaikan. Dan tentunya tidak sampai muncul kembali. Senang bisa berbagi informasi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.