📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cukup Beragam, Inilah Berbagai Jenis BBM dan Bagaimana Cara Memilihnya

jenis BBM

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Jenis BBM merupakan satu hal yang perlu diketahui oleh kalangan masyarakat yang mempunyai kendaraan roda 4 maupun 2. Seperti yang diketahui, kendaraan tanpa adanya BBM juga tidak bisa berjalan, karena mesin memerlukan bahan bakar untuk dapat menjalankan fungsinya.

Sayangnya, sampai dengan saat ini masih ada beberapa kesalahan yang sering terjadi oleh kalangan masyarakat. Untuk satu kesalahan tersebut adalah banyak dari para pengguna kendaraan yang salah dalam penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk mesin kendaraannya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai tips memilih jenis BBM untuk mobil Anda dan apa saja jenis-jenis BBM yang ada di Indonesia. Untuk Anda yang sering menggunakan kendaraan bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Tips Memilih Jenis BBM

jenis BBM

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk memilih jenis BBM ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa tips yang bisa dipergunakan, ketika ingin memilih BBM yaitu:

  1. Mengetahui Jenis Mesin Kendaraan Terlebih Dahulu

Tips pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui dahulu mesin yang sudah terpasang di kendaraan tersebut. Pada Negara Indonesia, untuk kendaraan terdapat dua kategori mesin, yaitu diesel dan bensin.

Mesin kendaraan diesel biasanya, berada di kendaraan besar seperti truk dan bus. Meski terkadang ada mobil yang menggunakan mesin tersebut, berarti jenis mesinnya yaitu Sport Utility Vehicle (SUV).

Biasanya, untuk mesin diesel ini mempunyai kapasitas mesin yang lebih besar dibandingkan mesin bensin. Selain itu, mesin diesel rata-rata sudah dilengkapi dengan turbo supaya bisa mendongkrak tenaga.

Ada perbedaan secara signifikan antara jenis mesin kendaraan diesel dan bensin. Pada mesin diesel mempunyai titik nyala api yang lebih tinggi, dibandingkan mesin kendaraan bensin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Mesin diesel juga wajib diisi dengan menggunakan jenis BBM khusus diesel. Di Indonesia, bahan bakar minyak jenis diesel ada beberapa pilihan seperti Pertamina Dex atau Dexlite. Sedangkan, untuk mesin kendaraan bensin, dapat diisi dengan jenis bbm Premium, Pertamax dan Pertamax Turbo.

  1. Rasio Kompresi

Tips memilih jenis BBM yang kedua yaitu memperhatikan rasio kompresi. Seperti yang diketahui, untuk setiap kendaraan mempunyai kompresi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan bahan bakar minyak yang mempunyai nilai oktan yang berbeda pula.

Maka dari itu, kendaraan harus melakukan penyesuaian antar kompresi mesin dengan nilai oktan dari BBM tersebut. Untuk cara mudah yang bisa dilakukan adalah bisa melihat rasio kompresi kendaraan pada buku manual kendaraan.

Rasio kompresi merupakan nilai yang mempunyai sifat mewakili rasio volume ruang pada pembakaran dari kapasitas terbesar ke terkecil. Di dalam piston, yang dimaksud ratio merupakan rasio antara volume silinder dengan ruang bakar pada sebuah piston. Rasio kompresi yang tinggi ini bisa membuat mesin mengekstrak energi mekanis lebih banyak.

Macam-Macam Jenis BBM dari Pertamina

Ketika sudah paham dengan tips memilih jenis BBM, maka sekarang Anda harus paham dengan macam-macam jenisnya. Untuk beberapa pilihan bahan bakar yang bisa Anda pilih adalah:

  1. Pertamax Racing

Pertamax Racing merupakan jenis bbm kendaraan yang sudah diakui oleh federasi balap Internasional. Selain itu, jenis yang satu ini juga bisa membuat mesin kendaraan bisa menjadi lebih responsive, stabil dan mempunyai daya tahan yang tinggi. Pertamax Racing mempunyai nilai oktan minimal 100 yang dikhususkan bagi kendaraan balap dengan kompresi mesin harus lebih dari 13:1.

  1. Pertamax Turbo

Pertamax Turbo berhasil dikembangkan dengan formula yang sering disebut dengan ignition boost formula. Nilai oktan di dalam jenis bbm yang satu ini adalah 98 dan kadar sulfurnya sangat rendah. Sehingga, di saat menggunakan jenis tersebut tidak merusak kualitas udara di sekitar.

  1. Pertamax

Pertamax adalah bahan bakar mesin dengan nilai oktan minimal 93 dan sudah standar internasional. Selain itu, Pertamax juga sangat direkomendasikan untuk dipergunakan pada kendaraan yang mempunyai kompresi rasio 10:1 sampai dengan 11:1. Sedangkan, untuk kendaraan yang sudah menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection juga sangat disarankan menggunakan bahan bakar minyak jenis Pertamax.

  1. Pertalite

Pertalite merupakan bahan bakar gasoline yang mempunyai nilai oktan sampai dengan 90 dan berwarna hijau terang. Selain itu, jenis bahan bakar minyak Pertalite ini sangat cocok dipergunakan pada kendaraan dengan kompresi 9:1 sampai 10:1.

Bahan bakar minyak Pertalite mempunyai angka nilai oktan yang lebih tinggi dibandingkan premium 99. Sehingga untuk Anda yang menggunakan kendaraan mesin bensin sangat disarankan memilih Pertalite.

  1. Pertamina Dex

Pertamina Dex sangat disarankan untuk kendaraan yang mempunyai mesin diesel. Di dalam jenis bbm yang satu ini sudah mempunyai teknologi Common Rail System yang memang membutuhkan bahan bakar prima dengan kualitas tinggi.

  1. Dexlite

Dexlite, merupakan bahan bakar minyak terbaru dari Dex Series. Pada jenis bahan bakar minyak yang mempunyai angka cetane minimal 51 dan mempunyai kandungan sulfur maksimal 1200 ppm.

  1. Solar

Solar adalah bahan bakar minyak diesel dengan angka cetane 48. Selain itu, untuk jenis bbm yang satu ini sangat cocok dipergunakan pada mesin diesel dengan teknologi lama kandungan sulfur 2500 ppm. Pada umumnya, untuk kendaraan yang masih menggunakan bahan bakar minyak solar adalah bus dalam kota.

Permasalahan yang sampai saat ini masih sering terjadi adalah pemilihan penggunaan bahan bakar minyak. Tanpa disadari, pemilihan bahan bakar minyak (BBM) yang salah ini bisa memberikan dampak buruk pada kendaraan dikemudian hari. Seperti munculnya gejala mesin tersendat saat mobil sedang melaju.

Komponen utama yang diserang pada saat kesalahan dalam pemilihan jenis bahan bakar minyak (BBM) adalah mesin. Mesin kendaraan yang sudah terserang kesalahan penggunaan BBM ini bisa menghabiskan banyak biaya.

Akan tetapi, untuk masalah biaya ini juga bergantung dengan tempat bengkel mobil yang dipilih. Saat ini banyak sekali bengkel mobil yang bisa dipilih oleh kalangan masyarakat. Untuk pemilihan bengkel mobil ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Artinya, Anda harus benar-benar memperhatikan mengenai beberapa hal di dalam bengkel mobil tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah perihal layanan dan juga mekanik.

Dibaca Juga: Hati-hati! Ini Efek Salah Isi Bahan Bakar

Ada satu bengkel mobil yang bisa dipilih, yaitu Dokter Mobil. Dokter Mobil merupakan salah satu tempat yang bisa membantu Anda dalam menangani permasalahan kendaraan roda 4 atau mobil.

Hampir di seluruh wilayah Indonesia sudah ada cabang dari Dokter Mobil. Dalam menangani permasalahan mesin mobil bisa langsung dilakukan dengan cepat oleh kumpulan mekanik handal.

Selain itu, semua pengerjaan yang dilakukan oleh mekanik ini bisa diselesaikan dengan baik. Bahkan, para konsumen yang telah melakukan perbaikan di Dokter Mobil ini diberikan masa garansi.

Artinya di saat ada terjadi kerusakan dan masih berada di masa garansi, maka bisa langsung saja berkunjung pada Bengkel Dokter Mobil. Sedangkan, untuk biaya yang dibutuhkan dalam perbaikan mesin ini juga masih ramah di kantong.

Untuk nikmati berbagai layanan perawatan mobil Anda, lakukan reservasi di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar layanan-layanan yang ada di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Penutup

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai tips dan macam-macam jenis BBM yang harus Anda ketahui. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin mendapatkan mesin kendaraan sehat.

Gunakan juga jenis bahan bakar minyak yang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan. Jangan hanya masalah harga murah, Anda lebih memilih menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang murah dan tidak memikirkan dalam jangka waktu panjang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4855

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *