📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Lebih Irit Pertalite atau Pertamax untuk Diisi di Mobil?

Lebih Irit Pertalite atau Pertamax

Banyak pengendara mobil yang masih bingung apakah lebih irit menggunakan Pertalite atau Pertamax untuk mengisi bahan bakar di mobil mereka.

Tentunya, setiap pengendara mobil menginginkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit agar bisa menghemat biaya pengeluaran.

Namun, apakah benar Pertamax bisa lebih irit dibandingkan dengan Pertalite?

Lebih Irit Pertalite atau Pertamax?

Pada dasarnya, keputusan untuk menggunakan Pertalite atau Pertamax harus disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi mobil yang digunakan.

Beberapa mobil memerlukan oktan yang lebih tinggi untuk dapat berjalan secara efisien, sementara yang lainnya tidak memerlukan oktan yang tinggi.

Jika mesin mobil memerlukan oktan yang lebih tinggi, maka penggunaan Pertamax lebih tepat, namun, jika tidak diperlukan, Pertalite adalah pilihan yang lebih irit.

Namun, beberapa pengendara mungkin lebih memilih Pertamax karena menganggapnya lebih irit.

Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa Pertamax memiliki kandungan deterjen yang lebih tinggi daripada Pertalite.

Deterjen pada Pertamax dapat membersihkan kerak karbon yang terbentuk pada ruang bakar mobil, sehingga memperbaiki efisiensi bahan bakar dan meningkatkan kinerja mesin mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Namun, walaupun Pertamax memiliki efek pembersih yang lebih kuat, tetap saja konsumsi bahan bakar Pertamax lebih tinggi karena memiliki kandungan energi yang lebih tinggi daripada Pertalite.

Pertanyaannya, bagaimana Pertamax bisa lebih irit dibandingkan dengan Pertalite?

Pertama-tama, Pertamax memiliki kandungan deterjen yang lebih tinggi, yang dapat membersihkan kerak karbon pada ruang bakar mobil sehingga mesin mobil dapat bekerja lebih efisien.

Hal ini akan meningkatkan kinerja mesin dan memperbaiki efisiensi bahan bakar.

Selain itu, Pertamax memiliki teknologi fuel system cleaning yang dapat membersihkan injektor bahan bakar, yang akan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memperbaiki performa mesin mobil.

Meskipun Pertamax memiliki kandungan energi yang lebih tinggi daripada Pertalite, teknologi fuel system cleaning pada Pertamax dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar sehingga dapat lebih irit.

Perbedaan Pertalite dan Pertamax

Perbedaan antara Pertalite dan Pertamax dapat dilihat dari beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut:

  1. Nilai Oktan

Pertalite memiliki oktan sebesar 90, sementara Pertamax memiliki oktan sebesar 92.

Dalam hal ini, Pertamax memiliki oktan yang lebih tinggi dan cocok digunakan pada mobil yang membutuhkan oktan tinggi, misalnya mobil dengan mesin yang lebih besar dan performa yang lebih baik.

Sedangkan Pertalite, yang memiliki oktan yang lebih rendah, cocok digunakan pada mobil dengan mesin yang lebih kecil dan performa yang standar.

Baca Juga: Nilai Oktan, Hal yang Perlu Diperhatikan dari Bahan Bakar

  1. Kandungan Deterjen

Selain itu, kandungan deterjen pada Pertamax juga lebih tinggi dibandingkan dengan Pertalite.

Deterjen pada Pertamax memiliki fungsi untuk membersihkan kerak karbon pada ruang bakar mobil dan menjaga mesin tetap bersih dan berkinerja optimal.

Sedangkan pada Pertalite, kandungan deterjen yang lebih rendah mungkin tidak mampu membersihkan kerak karbon pada ruang bakar mobil dengan baik.

Oleh karena itu, penggunaan Pertamax lebih direkomendasikan jika mobil Anda membutuhkan deterjen yang tinggi untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal dan memperpanjang umur mesin mobil.

  1. Harga Jual

Perbedaan lainnya antara Pertalite dan Pertamax terletak pada harga. Harga Pertalite cenderung lebih murah daripada Pertamax karena memiliki kandungan oktan yang lebih rendah dan kandungan deterjen yang lebih sedikit.

Oleh karena itu, bagi pemilik mobil yang ingin menghemat pengeluaran, Pertalite mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Namun, harga yang lebih rendah juga harus dipertimbangkan dengan spesifikasi mesin mobil yang digunakan.

Jika mesin mobil membutuhkan oktan yang lebih tinggi, menggunakan Pertalite bisa membuat mesin bekerja keras dan memperpendek umur mesin mobil.

  1. Kualitas Pembakaran

Selain itu, perbedaan lain antara Pertalite dan Pertamax terletak pada kualitas pembakaran bahan bakar.

Pertamax memiliki kualitas pembakaran yang lebih baik dibandingkan dengan Pertalite.

Hal ini disebabkan oleh kandungan deterjen yang lebih tinggi pada Pertamax yang dapat membersihkan kerak karbon pada ruang bakar mobil.

Dengan ruang bakar yang bersih, kualitas pembakaran bahan bakar menjadi lebih baik sehingga menghasilkan performa mesin yang lebih baik dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

  1. Kandungan Etanol

Pertalite juga memiliki kelemahan lainnya yaitu kandungan etanol yang tinggi. Etanol pada Pertalite dapat menyerap air pada tangki bahan bakar mobil dan menyebabkan terjadinya korosi pada bagian-bagian logam mesin mobil.

Korosi pada mesin mobil dapat merusak kinerja mesin dan memperpendek umur mesin mobil.

Oleh karena itu, untuk memperpanjang umur mesin mobil dan menjaga kinerja mesin tetap optimal, penggunaan Pertamax yang memiliki kandungan etanol yang lebih rendah bisa menjadi alternatif yang lebih baik.

Panduan Pengisian BBM pada Mobil yang Tepat

Panduan pengisian Pertalite atau Pertamax pada mobil yang tepat sangat penting untuk menjaga performa mobil dan memastikan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Pertama-tama, pastikan untuk memilih jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil dan kondisi penggunaannya.

Jika mobil memerlukan oktan yang lebih tinggi, maka pilihlah Pertamax, namun jika tidak diperlukan, Pertalite bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain memilih jenis bahan bakar yang tepat, pengisian bahan bakar pada mobil harus dilakukan dengan tepat.

Pastikan mobil dalam keadaan mati dan jangan melebihi kapasitas tangki bahan bakar mobil.

Jangan pula mengisi bahan bakar saat mesin mobil masih dalam kondisi panas karena dapat meningkatkan tekanan di dalam tangki bahan bakar yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem bahan bakar mobil.

Terakhir, untuk memastikan kinerja mesin mobil tetap optimal dan konsumsi bahan bakar lebih irit, lakukan perawatan mesin mobil secara teratur.

Salah satu perawatan mesin yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layanan tune up Jet Clean dari Dokter Mobil untuk membersihkan ruang bakar dari kerak karbon sisa pembakaran yang menumpuk.

Membersihkan kerak karbon pada ruang bakar mobil akan memperbaiki efisiensi bahan bakar dan meningkatkan kinerja mesin mobil.

Jika Anda bermukim di daerah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, dan Bandung, lokasi bengkel Dokter Mobil ini bisa Anda kunjungi langsung:

  1. Dokter Mobil Kelapa Gading

Lokasi: Blok QJ3 No, Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

Telepon / Whatsapp Live Chat CS Kelapa Gading:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

 

  1. Dokter Mobil Kalimalang

Lokasi: Jl. Inspeksi Kalimalang Kota No.8C, RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450.

Telepon / Whatsapp Live Chat CS Kalimalang:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

 

  1. Dokter Mobil Serpong

Lokasi: Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311.

Telepon / Whatsapp Live Chat CS Serpong:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

 

  1. Dokter Mobil Alam Sutera

Lokasi: Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320.

Telepon / Whatsapp Live Chat CS Alam Sutera:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

 

  1. Dokter Mobil Cirendeu

Lokasi: 14, Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Telepon / Whatsapp Live Chat CS Cirendeu:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

 

  1. Dokter Mobil Bandung

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235.

Telepon / Whatsapp Live Chat CS Bandung:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

 

Sayangnya, tune up Jet Clean dari Dokter Mobil banyak dinanti hingga antreannya kerap memanjang. Agar bisa ‘amankan’ slot antrean, pastikan bagi Anda untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, cukup hubungi via WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau klik di sini) ataupun mengisi formulir reservasi daring (klik di sini). Dengan melakukan reservasi, Anda bisa langsung dapatkan penanganan tanpa harus menunggu antrean.

Penutup

Pemilihan jenis bahan bakar untuk mobil harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin mobil dan kondisi penggunaannya.

Pertamax memiliki oktan yang lebih tinggi dan kandungan deterjen yang lebih tinggi dibandingkan dengan Pertalite, sehingga cocok untuk mobil yang membutuhkan oktan yang lebih tinggi.

Namun, Pertamax juga bisa lebih boros bahan bakar karena kandungan energinya yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, pengendara mobil perlu mempertimbangkan faktor efisiensi bahan bakar dan kebutuhan mesin mobil sebelum memilih jenis bahan bakar yang tepat.

Selain memilih jenis bahan bakar yang tepat, pengendara mobil juga perlu melakukan pengisian bahan bakar dengan tepat dan melakukan perawatan mesin mobil secara teratur.

Salah satu perawatan mesin yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layanan tune up Jet Clean dari Dokter Mobil untuk membersihkan ruang bakar dari kerak karbon sisa pembakaran yang menumpuk.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, konsumsi bahan bakar mobil bisa menjadi lebih irit dan biaya pengeluaran bisa lebih terkontrol.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!