📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tips Aman Berkendara di Jalan Menanjak, Agar Terhindar dari Kecelakaan

tips aman berkendara di jalan menanjak

Tips aman berkendara di jalan menanjak – Kecelakaan memang merupakan suatu hal yang banyak terjadi di jalan. Biasanya kecelakaan yang paling sering terjadi disebabkan oleh jalan yang menanjak. Banyak berita terkait mobil yang mengalami kecelakaan diakibatkan karena gagal melakukan tanjakan. Terkadang pula, ada kendaraan oleng karena pengemudi tidak berhasil menguasai mobil yang dikendarainya saat melakukan tanjakan.

Lalu, bagaimana cara mencari tips aman berkendara di jalan menanjak? Disini saya akan membagikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar tetap aman pada saat berada di jalan menanjak. Terdapat beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kendaraan Anda pada saat berada di jalan tanjakan. Beberapa diantaranya adalah seperti menjaga kecepatan saat berkendara, hingga menguasai rute yang sedang Anda lalui.

Tips Aman Berkendara di Jalan Menanjak dengan Tetap Menjaga Momentum

tips aman berkendara di jalan menanjak

Salah satu tips yang perlu Anda perhatikan dalam mengemudikan mobil di jalan tanjakan adalah dengan menjaga momentum mobil Anda. Tips aman berkendara di jalan menanjak ini haruslah diperhatikan agar kendaraan Anda bisa tetap melaju dengan mulus bahkan saat sedang melakukan tanjakan yang curam. Pada saat berada di jalan menanjak sebisa mungkin Anda perlu menjaga emosi Anda dengan baik dan berusahalah untuk tetap fokus, usahakan jangan menginjak gas terlalu dalam.

Hal ini dikarenakan, apabila Anda menginjak pedal gas terlalu dalam, maka mobil Anda bisa ada aja kehilangan kendali kapan saja. Terlebih lagi apabila kondisi jalan yang Anda lewati pada saat itu dalam kondisi yang licin, maka risiko mobil Anda hilang kendali akan semakin parah dan tinggi. Tetapi meskipun dilarang untuk menginjak gas terlalu dalam bukan berarti Anda bisa menginjaknya dengan santai, oleh karenanya Anda perlu memahami mobil yang Anda pakai untuk bisa menentukan momentum yang pas pada saat melakukan tanjakan.

Tips Aman Berkendara di Jalan Menanjak dengan Mengoptimalkan Transmisi Mobil

tips aman berkendara di jalan menanjak

Pada saat melakukan tanjakan hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah posisi dari gigi transmisi. Posisi gigi ini sangatlah penting untuk mobil Anda pada saat melakukan tanjakan. Meskipun menurut perhitungan, mobil Anda termasuk mobil yang sanggup untuk melewati rintangan seperti tanjakan dan turunan, tetapi usahakan untuk menurunkan posisi dari gigi transmisi Anda untuk membuat mobil Anda tetap stabil. Hal ini karena dengan Anda menurunkan posisi dari gigi transmisi, maka mobil Anda akan memiliki tenaga yang maksimal untuk melakukan tanjakan.

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya sebagai tips aman berkendara di jalan menanjak selanjutnya adalah untuk tidak menurunkan gigi Anda pada saat berada di tengah rute pendakian. Hal ini perlu dihindari karena dengan menurunkan gigi mobil di tengah pendakian, maka mobil Anda akan bisa kehilangan tenaga dan bisa berakibat buruk. Gunakan gigi 3 pada saat Anda melewati tanjakan yang cukup landai dan panjang, tetapi apabila Anda melewati tanjakan yang cukup curam maka Anda perlu menurunkan gigi ke 2 ataupun ke gigi 1 apabila hal itu memang dibutuhkan.

Berusahalah Untuk Melaju dengan Halus Pada Saat Berada di Tanjakan

Pada saat berada di tanjakan, usahakan untuk tetap menjaga irama kendaraan Anda. Anda bisa melakukannya dengan jangan terlalu menginjak pedal gas mobil Anda. Usahakan untuk tidak terlalu menginjak pedal gas terlalu dalam agar Anda bisa tetap menjaga kendali kendaraan yang sedang Anda kemudikan. Karena apabila Anda menginjak gas terlalu dalam, ban mobil Anda bisa saja kehilangan transaksinya yang menyebabkan mobil oleng dan hilang kendali.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Baca Juga: 7 Penyebab Tarikan Mobil Tersendat & Tips Mengatasi

Selain dengan tetap menjaga gas mobil Anda, Anda juga perlu memperhatikan beban yang dibawa oleh mobil Anda pada saat akan melakukan tanjakan sebagai bagian dari tips aman berkendara di jalan menanjak. Hal ini dikarenakan beban penuh pada mobil juga bisa berpengaruh dalam berkendara, sehingga apabila mobil Anda merupakan mobil yang sedang membawa muatan penuh, sebaiknya tekan gas sedikit lebih dalam agar kuat melakukan tanjakan. Tips aman berkendara di jalan menanjak yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah untuk tetap tenang dan jangan panik, apabila kondisi jalan yang Anda lewati pada saat itu sedikit ramai atau lebih licin karena hujan, Anda tidak perlu terlalu panik apabila tidak bisa menjaga momentum terlebih pada saat mendekati jalur akhir dari pendakian tersebut. Yang perlu Anda lakukan hanya cukup dengan menurunkan gigi mobil Anda dengan halus agar mobil Anda bisa mendapatkan tenaga kembali.

Tindakan yang Perlu Dilakukan Apabila Mengalami Mobil Kehabisan Tenaga pada Saat Menanjak

Lalu bagaimana jika ternyata mobil Anda justru berhenti karena kehabisan tenaga tepat sebelum Anda menurunkan gigi? Maka tips aman berkendara di jalan menanjak yang perlu Anda lakukan pada saat itu adalah menginjak rem dan menarik tuas rem untuk parkir. Setelah itu, kembali lakukan start ke gigi 1 dan lajukan mobil dengan tenang agar bisa melaju dengan aman. Usahakan untuk tidak panik dan tetap fokus agar Anda bisa mengemudikan mobil dengan baik, setelah mobil mulai melaju kembali, pindahkan tuas transmisi Anda ke D ataupun ke gigi yang lebih tinggi untuk memberikan jeda nafas pada mobil apabila sudah berhasil melewati jalan tanjakan.

  • Pastikan Anda Sudah Memeriksa Kondisi Mobil Anda Sebelum Pergi

Tips aman berkendara di jalan menanjak selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah dengan memeriksa keadaan mobil sebelum digunakan. Bukan hanya sekedar membutuhkan keterampilan yang mumpuni untuk berkendara di jalan menanjak, kondisi dari mobil atau kendaraan yang Anda gunakan juga tidak kalah penting dalam tips aman berkendara di jalan menanjak. Hal ini dikarenakan, secara teknis kinerja dari mesin mobil pada saat melakukan tanjakan juga merupakan salah satu faktor utama yang harus dijaga. Hal ini adalah untuk menghindari terjadinya masalah pada mobil pada saat kita sedang melakukan tanjakan.

Bisa dibayangkan, betapa berbahayanya apabila mobil yang sedang kita kendarai justru mati di tengah jalan pada saat kita melakukan tanjakan. Hal ini pastinya bukan suatu hal yang Anda inginkan. Dengan tetap menjaga kondisi mobil dan melakukan pengecekan rutin maka Anda bisa terhindar dari hal tidak terduga seperti itu. Usahakan pula untuk selalu mengecek kondisi ban Anda karena ban juga merupakan salah satu faktor penting dalam bagian dari tips aman berkendara di jalan menanjak yang perlu diperhatikan.

  • Tingkatkan Performa Tarikan Tenaga Mesin Mobil Melalui Remap

Selain dengan keterampilan berkendara yang mumpuni sebagai bagian dari tips aman berkendara di jalan menanjak, performa mobil yang prima juga menjadi salah satu hal yang patut untuk Anda perhatikan terutama jika mobil banyak digunakan di jalan menanjak yang memerlukan tenaga lebih ekstra pada mobil.

Umumnya memang tarikan tenaga yang besar bisa didapatkan dengan memiliki mobil dengan spesifikasi demikian. Tapi ternyata, tarikan tenaga ini bisa ditingkatkan melalui suatu proses tanpa harus mengganti mobil Anda ke yang lebih baik spesifikasinya!

Remap di Dokter Mobil adalah solusi untuk tingkatkan tarikan tenaga mobil dengan merubah pengaturan pada ECU mobil menggunakan software orisinil berlisensi ALIENTECH ITALIA sehingga performa mobil dapat melesat melebihi limit yang telah ditentukan oleh pabrikan mobilnya. Tapi apakah pengaturan pada software standar mobil yang asli akan menghilang begitu saja? Tentu saja tidak. Karena Dokter Mobil akan menyimpan pengaturan standar dari software asli mobilnya di database sehingga Anda tak perlu khawatir akan pengaturan asli pada mobil akan hilang. Hal ini juga tentu tak akan berpengaruh pada garansi di mobil Anda.

Pertanyaan Seputar DOMO Remap di Dokter Mobil

DOMO Remap adalah proses mengubah pengaturan standar pada ECU mobil agar potensi mobil dapat dimaksimalkan, baik dari sisi performa tarikan, tenaga, akselerasi, hingga konsumsi bahan bakar yang dibuat lebih irit.
Pada dasarnya pabrikan mobil menetapkan limit untuk performa mobil, sehingga sesungguhnya performa pada mobil tak mengeluarkan potensinya semaksimal mungkin. DOMO Remap adalah salah satu cara agar mobil dapat mengeluarkan potensinya seoptimal mungkin.
Ya, DOMO Remap bersifat permanen. Namun bukan berarti pengaturan standar pabrikan mobil akan hilang. Karena di Dokter Mobil, pengaturan standar pabrikan mobil pada softwarenya akan disimpan di database jika sewaktu-waktu penggunanya ingin kembali ke pengaturan standar.
Jika dilakukan di tempat abal-abal, remap ini seringkali menimbulkan kerusakan. Tapi lain halnya dengan Dokter Mobil. Meskipun mobil akan diupgrade agar performanya lebih optimal, kami juga tetap memperhatikan kondisi mesin yang ada sehingga mesin tak akan terbebani secara berlebihan akibat performa yang ditingkatkan.
Tidak. Karena sebetulnya hasil remap ini hanya dapat terdeteksi oleh tuner yang memang memiliki software remap khusus. Sedangkan dealer umumnya tak memiliki program ini, sehingga tentu hal ini tak akan berdampak pada masa garansi mobil Anda.

Lakukan upgrade performa tarikan tenaga pada mobil Anda tanpa harus takut menyalahi aturan standar pabrikan mobil, sangat menarik bukan? Jika tertarik untuk tingkatkan performa mobil Anda melalui Remap di Dokter Mobil, Anda bisa langsung hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Penutup

Itulah sekiranya tips aman berkendara di jalan menanjak yang bisa dibagikan. Dalam tips ini banyak hal yang memang perlu diperhatikan, baik dari sisi pengendara maupun kondisi mobil. Semoga dengan tips ini, Anda akan lebih berhati-hati dalam berkendara dan bisa mengurangi risiko dari kecelakaan yang terjadi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9664

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.