📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Jakarta dengan Lengkap

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Jakarta

Sedang cari-cari cara cek pajak kendaraan bermotor di Jakarta dengan lengkap dan mudah? Artikel ini ada jawabannya untuk Anda!

Jakarta, sebagai ibu kota dengan populasi kendaraan bermotor yang tinggi, membuat setiap pengguna kendaraan bermotor di sini perlu paham cara cek kendaraan bermotor di Jakarta.

Memahami cara cek pajak kendaraan akan memudahkan Anda dalam memastikan kendaraan selalu memiliki status legal selama beroperasi di wilayah metropolitan ini.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Jakarta

Jika Anda warga Jakarta yang masih belum paham bagaimana cara cek pajak kendaraan bermotor di Jakarta, berikut ini beberapa panduan cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Jakarta dari SIGNAL (Samsat Digital Nasional)

Samsat Digital Nasional (SIGNAL) adalah platform digital yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus pajak kendaraan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Mulailah dengan mengunjungi PlayStore atau APP Store dan cari “SIGNAL-SAMSAT DIGITAL NASIONAL”.
  • Unduh, dan dalam hitungan menit, Anda sudah siap menjelajahi fitur-fiturnya.
  • Sebelum menyelami beragam layanan di dalamnya, luangkan waktu untuk mendaftarkan diri. Inputkan data pribadi penting seperti nomor KTP dan email Anda. Pastikan data yang Anda masukkan akurat, ya!
  • Di bagian menu, pilih “Tambah Kendaraan Bermotor”. Masukkan detail seperti nomor plat kendaraan Anda – ini adalah identitas penting yang akan menghubungkan Anda dengan berbagai layanan di aplikasi.
  • Pastikan segala informasi yang Anda berikan akurat. Centang bagian pernyataan, “Saya menjamin kebenaran data yang diberikan” dan tekan “Lanjut” untuk melanjutkan proses.
  • Dengan mudah, Anda dapat mengakses menu “Pendaftaran Pengesahan STNK” dan kemudian memilih menu “NRKB”.
  • Informasi detail tagihan pajak kendaraan Anda, sesuai dengan data yang Anda masukkan, akan segera muncul di layar Anda.
  • Jika Anda memutuskan untuk segera menyelesaikan pembayaran pajak kendaraan, ikuti langkah selanjutnya. Pada halaman informasi tagihan pajak, klik “Lanjut” dan lanjutkan ke proses pembayaran.
  • Setelah selesai membayar, Anda bisa memastikan status pembayaran Anda melalui aplikasi SIGNAL. Jangan lupa untuk mengunduh bukti pembayaran sebagai referensi.

Untuk saat ini, aplikasi SIGNAL Samsat Digital Nasional menyediakan beragam pilihan bank untuk memudahkan transaksi Anda, seperti Bank BRI, BNI, BTN, BCA, Danamon, dan tentunya Bank DKI.

  1. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Jakarta via e-Samsat

e-Samsat merupakan layanan online yang memudahkan Anda mengecek status pajak kendaraan bermotor. Bisa dilakukan tanpa perlu ada NIK, cara cek pajak kendaraan bermotor di jakarta via e-Samsat adalah sebagai berikut:

  • Pastikan perangkat Anda terkoneksi dengan internet, lalu buka browser favorit Anda dan kunjungi situs samsat DKI dengan alamat https://e-samsat.id/dki-jakarta/.
  • Mulai dengan memilih kode plat kendaraan. Selanjutnya, masukkan nomor plat, nomor seri, dan lima digit terakhir nomor rangka Anda.
  • Di bagian selanjutnya, pilihlah ‘DKI Jakarta’ sebagai provinsi tempat dokumen kendaraan Anda diterbitkan. Setelah itu, cukup klik “Cek Sekarang” dan rasakan semangat Jakarta.
  • Dalam sekejap, Anda akan disuguhkan detail pajak kendaraan Anda; mulai dari PKB, SWDKLLJ, hingga info tentang denda (jika ada).

Situs e-samsat ini tak hanya memberikan informasi soal pajak. Mau tahu lebih dalam tentang kendaraan Anda? Merek, model, tahun produksi, hingga nomor rangka dan mesin, semuanya ada di sini.

  1. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Jakarta dari Aplikasi JAKI

Pemerintah DKI Jakarta kini telah memberikan solusi cerdas bagi Anda dalam bentuk aplikasi spesial: ‘Jakarta Kini’ atau yang lebih akrab kita sapa sebagai aplikasi “JAKI”.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Aplikasi ini tersedia dan siap diunduh di PlayStore maupun App Store. Berikut adalah cara cek pajak kendaraan bermotor di Jakarta via aplikasi JAKI:

  • Pertama-tama, buatlah akun JAKI Anda. Setelah berkenalan dan berhasil mendaftar, silakan masuk dan berinteraksi dengan JAKI.
  • Di laman utama, temukan menu “Lainnya” dan selanjutnya kunjungi ruang “JAKPENDA”. Merasa seperti berada di dunia virtual pemerintahan, bukan?
  • Dalam JAKPENDA, Anda akan menemukan menu “Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)”. Klik dan selam lebih dalam.
  • Ketikkan nomor polisi kendaraan Anda, selanjutnya ketuk “Cek Pajak”.
  • Dalam sekejap, layar smartphone Anda akan dibanjiri dengan informasi detail seputar pajak kendaraan Anda, mulai dari rincian PKB, SWDKLLJ, PNBP, STNK, TNKB, hingga tanggal dan total pajak yang harus Anda salurkan.
  1. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Jakarta via Website

Berbagai website pemerintah daerah Jakarta juga menyediakan layanan cek pajak. Cara cek pajak kendaraan bermotor di Jakarta via website adalah sebagai berikut:

  • Pertama, arahkan browser Anda ke https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.
  • Di sini, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor plat kendaraan serta NIK pemilik kendaraan. Pastikan Anda memasukkan dengan benar, ya!
  • Sebelum melanjutkan, ada tahap penting untuk memastikan bahwa Anda adalah manusia, bukan robot yang sedang berselancar di dunia maya. Berikan tanda centang pada kotak yang bertuliskan “I’m not a robot” atau “Saya bukan robot”. Setelah itu, klik “Cari” dan biarkan sihir teknologi bekerja untuk Anda.
  • Tunggulah sesaat, selanjutnya layar Anda akan menyajikan informasi detail mengenai rincian dan total pajak kendaraan Anda.
  1. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Jakarta via SMS

Metode cek pajak via SMS menjadi pilihan bagi mereka yang ingin cara cek pajak kendaraan bermotor di Jakarta dengan praktis:

  • Mulailah dengan menulis “Info”, diikuti dengan spasi. Kemudian masukkan kode nomor polisi daerah, nomor seri, serta kombinasi huruf terakhir dari plat nomor Anda. Jangan lupa, tambahkan spasi dan sebutkan warna kendaraan Anda.
  • Misal plat nomor Anda adalah “B/1234/ZA” dengan warna kendaraan putih. Maka, Anda cukup mengetik: “Info B/1234/ZA Putih”.
  • Setelah yakin dengan pesan Anda, kirim SMS tersebut ke nomor 08112119211.
  • Tunggulah sejenak. Tak lama kemudian, Anda akan mendapat balasan. Di dalam SMS balasan tersebut, tersaji informasi lengkap mengenai kendaraan Anda, beserta pajak yang harus Anda bayar, dan kode pembayaran pajaknya.

Jenis-jenis Pajak Kendaraan Bermotor

Ada beberapa jenis pajak kendaraan bermotor yang perlu dibayarkan oleh para penggunanya, seperti:

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB): Adalah pajak tahunan yang dibebankan kepada pemilik kendaraan. Besarannya variatif, tergantung dari jenis dan tahun kendaraan.
  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB): Pajak ini muncul saat kendaraan berganti pemilik. Besarannya tergantung dari harga transaksi dan jenis kendaraan.
  • Pajak Tahunan: Harus dibayarkan setiap tahun dan besarnya tergantung dari nilai kendaraan.
  • Pajak Progresif: Bagi pemilik lebih dari satu kendaraan, pajak progresif akan dikenakan untuk kendaraan kedua dan seterusnya.

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Jakarta

Sebelum memulai pembayaran, Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen:

  • KTP asli dan fotokopi: Sebagai identifikasi diri.
  • STNK asli dan fotokopi: Untuk verifikasi data kendaraan.
  • BPKB: Hanya jika diminta, misalnya untuk pembayaran BBNKB.
  • Bukti pembayaran pajak tahun sebelumnya: Untuk kendaraan yang sudah berumur lebih dari satu tahun.

Baca Juga: Cara, Biaya, dan Syarat Perpanjang SIM Terbaru

Setelah paham cara cek pajak kendaraan bermotor di Jakarta, pastikan juga kondisi mobil kesayangan yang Anda gunakan selalu terjaga agar selalu aman dan nyaman saat digunakan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Penyebab AC Mobil Bau Saat Dinyalakan

5 Penyebab AC Mobil Bau Saat Dinyalakan

Sebagian orang masih bingung apa penyebab AC mobil bau saat dinyalakan. Padahal ini akan membuat kenyamanan saat berkendara menjadi terganggung dan membuat tidak fokus dalam

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!