📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tidur di Mobil saat AC Menyala, Apakah Berbahaya?

Tidur di Mobil saat AC Menyala, Apakah Berbahaya

Tidur di mobil saat ac menyala – Menyalakan AC mobil tentunya menjadi hal yang hampir selalu dilakukan oleh setiap orang saat mengendarai mobil. Terlebih lagi, pada saat siang hari dimana cuaca sangat panas. AC mobil seolah menjadi suatu hal yang wajib untuk dimiliki oleh setiap mobil. Tetapi, apakah ada diantara Anda yang tidak sengaja tertidur di mobil saat cuaca panas dengan kondisi AC menyala?

Efek Buruk Tidur di Mobil saat AC Menyala

Mungkin, saat tertidur di mobil Anda sedang menunggu seseorang atau mungkin saja saat Anda sedang melalukan perjalanan jauh. Karena tidak ingin menambah biaya dengan menyewa hotel, akhirnya Anda memutuskan tidur di mobil. Ternyata, tidur di mobil saat AC menyala bukanlah hal yang baik, sebab hal ini justru akan bisa membahayakan kesehatan Anda. Ada beberapa alasan kenapa tidur di mobil dengan kondisi AC menyala menjadi hal yang sangat tidak dianjurkan.

  1. Bisa Sebabkan Keracunan Akibat Sistem Pembuangan Udara

Tidur di dalam mobil tentunya bukan hal yang asing dilakukan oleh beberapa orang. Terkadang, hampir semua pengendara mobil pasti pernah tidur di dalam kendaraannya tersebut. Tetapi, apakah Anda pernah tidur di dalam mobil dalam keadaan AC menyala, Sedang mobil tidak bergerak? Hal ini mungkin bisa terjadi jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh, tetapi Anda tidak ingin menyewa hotel atau tempat istirahat.

Akhirnya, Anda memutuskan untuk tidur di dalam mobil Anda dalam keadaan AC dinyalakan. Ternyata kebiasaan tidur di mobil saat ac menyala bukanlah hal yang baik. Hal ini justru akan bisa membahayakan Anda. Salah satu bahaya yang bisa Anda dapatkan adalah mengalami keracunan.

Pada saat tidur di dalam mobil dengan keadaan mesin dan AC yang menyala. Tetapi mobil Anda tidak berjalan dan terparkir. Akan terdapat sebuah kemungkinan terjadi sebuah kebocoran pembuangan gas dari kendaraan Anda yang akan masuk ke area kabin mobil. Dimana, jika gas dari hasil kebocoran ini terhirup orang yang sedang tidur, terlebih dalam waktu yang lama, maka hal ini akan bisa berakibat pada kematian akibat tubuh lemas.

  1. Dapat Meningkatkan Kadar Karbon Monoksida

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tidur di mobil dengan keadaan AC mobil menyala bukanlah hal yang baik untuk tubuh. Akan ada kemungkinan mobil Anda mengalami kebocoran gas pada mobil. Dimana hal ini akan bisa meningkat resiko Anda mengalami keracunan. Dimana, keracunan yang terjadi akibat tidur di mobil saat AC menyala ini tentunya disebabkan oleh kadar karbon monoksida.

Kematian yang diakibatkan tubuh lemas ini bisa terjadi karena kadar dari oksigen di dalam kabin yang menurun. Pada saat mobil Anda ditutup, kemudian AC mobil dinyalakan, maka pergantian udara tidak akan bisa dilakukan dengan baik. sehingga, kadar dari oksigen yang ada di dalam mobil, akan digantikan dengan meningkatnya karbon monoksida. Tingginya kadar karbon monoksida yang ada pada mobil inilah yang kemudian dapat menghambat suplai oksigen ke dalam tubuh, akibatnya tubuh akan kekurangan asupan oksigen dan lemas.

  1. Mengakibatkan Kehilangan Cairan Tubuh

Selain dengan resiko keracunan yang mungkin terjadi jika Anda tidur di dalam mobil dengan keadaan AC menyala. Bahaya lainya yang akan mungkin terjadi adalah Anda yang kehilangan cairan tubuh. Pada saat Anda tidur di mobil saat AC menyala, maka akan ada kemungkinan jika udara dalam mobil terperangkap dan tidak bisa berganti dengan baik. Terlebih lagi dengan tidur di mobil yang ACnya menyala, maka kadar dari karbon monoksida yang ada pada mobil akan semakin meningkat.

Bahkan jika Anda membuka jendela mobil Anda sedikit, efek yang diberikan ini akan tetap sama. Hal ini disebabkan, meskipun kadar dari karbon monoksida di dalam mobil hanya meningkat sedikit. Hal ini akan tetap membuat oksigen yang masuk dalam tubuh menjadi terganggu. Karena hal ini dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Dengan begitu, maka cairan dalam tubuh Anda juga akan terganggu dan berkurang. Kondisi tubuh yang kehilangan cairan ini, apabila terjadi dalam waktu yang lama, maka akan bisa berujung pada kematian.

  1. Menyebabkan Malfungsi Pendingin Udara atau AC

Akibat dari tidur di mobil saat AC menyala yang selanjutnya yang membuat kita perlu menghindari kebiasaan ini adalah terjadinya malfungsi AC. AC mobil merupakan bagian yang sangat penting di dalam mobil. Kegunaan AC mobil yang penting, yaitu untuk mendinginkan udara di kala panas ini. Tentunya membuat banyak orang sangat bergantung kepada AC.

Terlepas dari kebiasaan tidur di mobil saat AC menyala ini akan dapat membahayakan tubuh. Kebiasaan yang seperti ini juga akan dapat merusak dari AC itu sendiri. Jika Anda menggunakan AC di dalam waktu yang lama, terlebih dengan kondisi mobil yang tidak berjalan. Hal ini akan bisa membuat bahan bakar menjadi lebih boros, selain itu hal ini juga dapat merusak komponen AC mobil.

Baca Juga: Mengetahui Komponen AC Mobil dan Fungsinya Secara Lengkap

Disebabkan udara yang tidak bersirkulasi dengan baik, maka sistem pergantian pada AC mobil juga bisa tergantung. Bahkan seperti yang dijelaskan sebelumnya di atas, bahwa tidur di mobil saat ac menyala akan bisa menyebabkan terjadinya kebocoran pada AC mobil. Dimana jika terjadi kebocoran pada AC mobil, bukan hanya berimbas kepada tubuh dan membahayakan. Hal ini tentunya juga membuat AC menjadi rusak dan tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Cara ‘Aman’ untuk Bisa Tidur di Mobil

Cara 'Aman' untuk Bisa Tidur di Mobil dengan Menghindari Tidur di Mobil saat AC Menyala

Setelah tentang bahaya yang bisa terjadi dengan tidur di mobil saat AC menyala. Tentunya Anda juga harus lebih hati-hati dan juga tidak mengabaikan hal ini. Lalu, apakah hal ini artinya kita tidak boleh tidur di mobil saat AC menyala? Jika kondisi mobil yang Anda kendarai tersebut berjalan, dan AC menyala tentunya tidak masalah. Tetapi, jika mobil yang Anda kendarai tersebut berhenti tetapi mesin Menyala, tentunya hal ini tidak boleh dilakukan.

Tetapi, meskipun begitu ada cara yang bisa digunakan untuk menghindari terjadinya empat bahaya tersebut. Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa tidur dengan aman dan nyaman di dalam mobil.

  • Pilih lokasi parkir yang aman sekaligus dekat dengan pos penjagaan.
  • Matikan mesin dan juga AC mobil Anda jika mobil tidak bergerak.
  • Buka sedikit kaca jendela mobil Anda untuk menjaga sirkulasi udara.
  • Pastikan untuk mengunci pintu mobil, lalu simpan barang berharga Anda di tempat yang aman.
  • Aturlah posisi tidur dengan senyaman mungkin.

Dokter Mobil, Bengkel Service AC Mobil Terpercaya dari Kijang Innova hingga BMW M3

AC mobil ada bagian yang sangat penting di dalam mobil. Karena fungsinya yang sangat penting untuk kenyamanan pengguna. Maka, AC tentunya perlu dilakukan servis secara rutin. Untuk melakukan servis AC mobil, lakukan di Dokter Mobil.

Dikenal sebagai bengkel spesialis AC mobil, layanan service AC mobil di Dokter Mobil menggunakan peralatan canggih berteknologi terkini serta ditangani oleh teknisi yang ahli. Sehingga kualitas dari layanan service AC mobil di sini begitu terbukti. Dari mobil Kijang Innova hingga BMW M3, semua bisa teratasi masalah AC mobilnya di Dokter Mobil.

Agar kondisi kondensor AC mobil senantiasa terawat, reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau klik di sini). Bisa reservasi di mana saja, Anda akan diarahkan menuju cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan service AC mobilnya tanpa harus khawatir menunggu dapatkan layanannya.

Anda juga bisa langsung berkunjung ke cabang Dokter Mobil terdekat, karena kini Dokter Mobil telah hadir di banyak kota-kota di Indonesia.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!