💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Wajib Tahu! Ini Penyebab Mobil Hyundai Tidak Bisa Starter

Wajib Tahu! Ini Penyebab Mobil Hyundai Tidak Bisa Starter

Mobil Hyundai kini menjadi salah satu merek mobil yang banyak digandrungi, terlihat dari maraknya penggunaan Hyundai Creta hingga Hyundai Stargazer. Namun bukan berarti jenis mobil ini tak mengalami kerusakan. Mobil Hyundai kerap kali mengalami susah starter hingga perlu dicari penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter. Ada permasalahan transmisi pada Hyundai Grand i10 hingga membutuhkan service transmisi mobil Grand i10 di bengkel transmisi terpercaya – seperti DOMO Transmisi (yang dapat didapatkan di 0821-6866-5566). Bisa juga terdapat permasalahan AC mobil pada Santa Fe dan memerlukan service mobil Santa Fe, permasalahan AC mobil Hyundai H1 dan memerlukan service mobil H1, permasalahan AC mobil Hyundai Konda dan Hyundai H100 hingge membutuhkan service AC mobil Kona dan service AC mobil h100.

Salah satu ciri mobil tergolong sehat adalah sekali distarter langsung menyala dengan mudah. Jika butuh tiga hingga lima kali starter? Perlu waspadai gejala komponen mesin yang bermasalah pada mesin mobil Hyundai Anda.

6 Faktor Utama Penyebab Mobil Hyundai Tidak Bisa Starter

5 Faktor Utama Penyebab Mobil Hyundai Tidak Bisa Starter

Umumnya, sebagian orang mengira terdapat aki yang bermasalah. Setelah diperiksa, aki masih bagus dan dalam kondisi prima. Lantas kalau bukan aki yang rusak, apa penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter ?

Beragam penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter. Sebelum Anda memutuskan untuk ke bengkel, ada baiknya simak informasi di bawah ini agar tak kebingungan saat harus membawa mobil Anda ke bengkel mobil.

  1. Busi Bermasalah

Nah, perlu Anda ketahui bahwa busi yang kotor atau sudah usang adalah dua faktor penyebab dari mengapa mobil Hyundai Anda tidak bisa distarter.

Pertama, busi yang kotor dapat menghambat percikan bunga api yang dibutuhkan agar starter dapat bekerja. Saat mobil tak bisa distarter, coba lihat busi yang ada di dalam ruang mesin. Bila kotor, segera bersihkan dengan cara digosok menggunakan pembersih khusus.

Penyebab kedua ialah busi yang sudah tak baik lagi. Kondisi seperti ini membuat mobil susah distarter ketika masih dalam keadaan panas. Saat mesin sudah dingin, barulah starter dapat dilakukan.

Busi seperti ini lebih baik diganti agar tak menghambat kinerja mobil kesayangan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Rusaknya Alternator atau Dinamo Ampere

Penyebab selanjutnya ialah alternator. Alternator merupakan komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Bila bagian ini rusak, maka mobil pun pasti tak akan bisa menyala walau aki dalam kondisi baik. Alternator sebenarnya tidak mudah mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan terjadi pada mobil yang berumur lebih dari 8 tahun.

Bila menemui kerusakan pada bagian ini, penanganan yang dapat dilakukan ialah melakukan perbaikan di bengkel. Selain menjadi penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter, kerusakan alternator juga bisa berujung pada permasalahan AC mobil Hyundai, seperti masalah pada AC mobil Hyundai Santa Fe dan Hyundai H1 hingga memerlukan service AC mobil Santa Fe serta service AC mobil H1. Permasalahan serupa juga bisa terjadi pada jenis mobil Hyundai Kona dan Hyundai H100, sehingga membutuhkan service AC mobil Kona dan service AC mobil H100.

  1. Aliran Bahan Bakar yang Tak Lancar

Keadaan mobil susah distarter kerap terjadi saat mobil sedang panas. Ternyata salah satu faktor penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter ialah aliran bahan bakar yang tak terdistribusi sempurna dari tangki ke mesin. Selain itu, tak bercampurnya bahan bakar dengan udara juga bisa jadi penyebab lain mobil tak bisa distarter dalam kondisi ini.

Tak hanya saat mobil panas, potensi mobil sulit distarter akibat bahan bakar pun dapat terjadi di pagi hari. Masalah ini disebabkan oleh pompa bahan bakar (fuel pump) dari tangki menuju karburator melemah akibat kondisi dingin. Cukup hentak fuel pump di dalam ruang mesin maka ia akan kembali berfungsi.

  1. Koil Terlampau Panas

Selain busi, koil juga punya andil dalam penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter. Fungsinya sendiri ialah menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki (bisa mencapai ribuan volt). Setelah itu, maka arus listrik dapat mengalir ke busi sehingga memantik pijaran bunga api.

Koil panas ini juga menyebabkan starter mobil berat saat mesin panas pada jenis mobil lainnya.

Jika sewaktu-waktu mobil susah distarter, lakukan pengecekan pada koil. Koil yang rusak bisa diketahui dari suhunya yang terlampau panas. Lakukan penggantian komponen satu ini agar sistem mobil Anda dapat berjalan normal kembali.

Baca Juga: Ketahui Kisaran Harga Koil Mobil dan Ciri Kerusakannya

  1. WTS Rusak Jadi Salah Satu Penyebab Mobil Hyundai Tidak Bisa di Starter

WTS (water temperature sensor) atau sensor suhu juga berpotensi menjadi penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter. Bila terjadi kerusakan pada sensor tersebut, maka sistem injeksi pun akan terganggu sehingga mobil tak bisa dinyalakan. Lakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan kondisinya.

  1. Elektronik Sistem Transmisi Mengalami Permasalahan

Kondisi elektronik sistem transmisi yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter. Hal ini terutama terjadi pada mobil Hyundai yang menggunakan transmisi otomatis. Beberapa mobil bertransmisi otomatis saat ini sudah menggunakan input atau sensor-sensor, pengatur control dari Transmission Control Unit/TCU, hingga aktuator. Sehingga apabila komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan, mobil Hyundai Anda akan menemui permasalahan susah distarter.

Terutama jika Anda menggunakan Hyundai Grand i10, adanya masalah pada elektronik sistem transmisi ini mengakibatkan perlu dilakukannya service transmisi mobil Grand i10.

Penting untuk Segera Melakukan Perbaikan di Bengkel Mobil

Apabila mobil Hyundai Anda tidak bisa distarter, segera lakukan perbaikan di bengkel mobil terpercaya agar tak salah penanganan. Dokter Mobil bisa menjadi rujukan yang tepat untuk mengatasi penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter. Layanan yang bisa Anda pilih untuk mengatasi penyebab mobil tidak bisa distarter adalah Jet Clean.

Jet Clean akan membersihkan komponen-komponen mesin yang terhubung dalam proses pembakaran dari  kerak karbon yang menumpuk. Kerak karbon ini menjadi penyebab proses pembakaran terhambat hingga mengakibatkan mobil susah distarter.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Untuk coba langsung layanan Jet Clean dalam mengatasi penyebab mobil Hyundai tidak bisa starter, segera reservasi di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) agar permasalahan pada mobil Hyundai Anda segera teratasi. Dokter Mobil juga dikenal sebagai bengkel spesialis AC mobil. Sehingga jika AC mobil Anda – khususnya pengguna Hyundai Santa Fe, Hyundai H1, Hyundai Kona, dan Hyundai H100 – sehingga service AC mobil Santa Fe, service AC mobil Hyundai H1, service AC mobil Kona, dan service AC mobil H100 juga bisa dilakukan di Dokter Mobil.

Selanjutnya jika mobil Hyundai Grand i10 Anda mengalami permasalahan pada sistem transmisi hingga menyebabkan mobil susah distarter, layanan DOMO Transmisi dari Dokter Mobil juga bisa menjadi acuan untuk melakukan service transmisi mobil Grand i10. Reservasi via WhatsApp (klik di sini) untuk dapatkan layanannya sekarang dalam menuntaskan permasalahan transmisi yang sebabkan mobil Hyundai Anda jadi sulit distarter.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4366

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya