New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
komponen ac mobil

Mengetahui Komponen AC Mobil Dan Fungsinya Secara Lengkap

Mengetahui Komponen AC Mobil Dan Fungsinya Secara Lengkap – Menjaga komponen AC mobil agar tetap bekerja prima sangat penting, supaya sistem pendinginan di dalam mesin tetap dapat bekerja optimal. Temperatur udara di dalam mobil yang sejuk akan membuat siapapun nyaman berkendara. Di cuaca beriklim tropis seperti Indonesia, mobil tanpa AC sudah tidak nyaman lagi dikendarai.

Selain menjaga suhu mobil agar tetap sejuk, peranan AC juga sebagai sirkulasi masuk keluarnya udara. Dengan begitu begitu, kondisi udara akan lebih bersih lagi pada kendaraan yang sirkulasi AC nya bagus. Kemudian, juga menjaga kelembaban udara dan mempercepat hilangnya embun pada kaca depan saat terjadi hujan.

Mengenal Komponen AC Mobil Dan Fungsinya

Untuk menambah wawasan Anda, cukup penting juga dalam mengenal komponen AC mobil. Dengan mengetahuinya, Anda bisa memberikan masukan pada bengkel jika suatu saat terjadi permasalahan. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa komponen AC mobil beserta fungsinya:

  • Refrigant / Freon

Refrigerant pada mobil sering juga disebut dengan freon. Freon merupakan suatu zat yang berfungsi untuk membuat udara menjadi dingin dan biasanya terdapat dalam tabung. Di pasaran sendiri ada beberapa tipe freon yang biasa digunakan antara lain R12, R22, dan R134 A. Jenis freon tersebut lebih sering digunakan sekarang ini karena juga dianggap lebih ramah lingkungan.

  • Kompresor AC

Sesuai namanya, kompresor AC sendiri merupakan komponen AC mobil untuk memberikan tekanan pada supaya freon bisa menyebar kepada seluruh komponen AC mobil. Kompresor memanfaatkan juga putaran dari mesin dan memompa freon oleh piston yang ada pada kompresor AC. Untuk memperingan kinerjanya, kompresor juga membutuhkan pelumas karena memang banyak komponen didalamnya yang bekerja.

  • Receiver Drier atau Filter Drier

Dilihat dari namanya yaitu Filter Drier memiliki tugas untuk menyaring partikel-partikel halus yang ada didalam sistem serta menyerap kandungan dari uap air yang ada dalam Freon.

Freon cair yang mengalir masuk ke inlet receiver dryer melewati filter dari kondensor AC. Namun tidak semua jenis AC mobil yang memerlukan Receiver Drier, karena proses pendinginan yang baik terjadi pada kondensor AC itu sendiri.

  • Ekspansi valve

Ekspansi valve merupakan saluran sempit yang menjadi tempat mengalirnya Freon cair bertekanan tinggi dari receiver dryer menuju evaporator. Dan fungsi lain dari ekspansi velve yaitu untuk mengatur banyaknya jumlah freon yang dialirkan ke dalam evaporator yang sesuai dengan kebutuhan.

Didalam Ekspansi Velve ini Terjadi pula proses pengkabutan Freon cair sehingga mudah menguap dan dinginya terserap dalam kisi kisi evaporator.

  • High Pressure Hose

Komponen selanjutnya adalah high pressure hose, yaitu berupa selang. Fungsinya sendiri adalah untuk saluran yang mengalirkan freon cair dari kompresor AC ke bagian kondensor, receiver, sampai ke expansion Valve. pada umumnya, selang high pressure akan memiliki diameter yang lebih kecil daripada yang low pressure.

  • Kondensor

Kondensor adalah komponen AC mobil yang memiliki fungsi untuk menyebarkan panas dari refrigator atau freon ke udara. Prinsip kerjanya sendiri hampir sama dengan radiator dan memiliki sirip – sirip yang berfungsi mendinginkan udara. Di dalam kondensor ini terjadi perubahan freon yang awalnya gas bertekanan tinggi, setelah melewati kondensor maka menjadi cair. Ini dinamakan juga dengan proses kondensasi.

Baca  Juga : Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil

  • Kipas Kondensor

Bagian AC mobil yang berikutnya adalah kipas kondensor. Fungsinya sendiri adalah untuk mengembuskan angin di kisi-kisi kondensor dan agar proses kondensasi berjalan lebih cepat. Umumnya, diletakkan di dekat kondensor dan hembusan anginnya dialirkan ke kisi-kisi kondensor. Pada umumnya, kipas kondensor ini memakai motor listrik.

  • Evaporator

Bagian dari AC berikutnya adalah evaporator. Fungsinya sendiri adalah untuk melepaskan suhu dingin yang berasal dari freon ke udara bebas. Cara kerjanya sendiri berkebalikan dengan kondensor. Evaporator melepas dingin ke udara bebas, sedangkan kondensor menyerap panas yang berasal dari freon ke udara bebas.

  • Heater

Selain untuk mendinginkan udara, didalam komponen AC mobil terdapat Heater yang berfungsi untuk memanaskan udara ketika angin yang dihembuskan oleh blower melewati heater. Heater mendapatkan panas yang berasal dari saluran radiator pada mesin mobil.

Komponen Heater pada AC mobil sering ditemukan pada mobil dari Negara yang memiliki suhu udara dingin sehingga berfungsi sebagai penghangat di dalam kabin mobil.

  • High Low Pressure switch

High pressure switch memliki fungsi yaitu untuk memproteksi komponen AC mobil ketika adanya tekanan yang melebihi batasan maksimal ( biasanya diatas 450 psi ) dengan cara menghentikan aliran listrik yang akan menuju ke dalam kompressor sehingga kompressor pada AC akan berhenti bekerja.

Sedangkan fungsi dari low pressure switch ini yaitu memberikan proteksi terhadap kerusakan pada kompressor yang diakibatkan oleh kosongnya gas freon yang mungkin terjadi karena terdapat kebocoran. low pressure switch ini akan secara otomatis memutuskan aliran listrik yang menuju kedalam kompressor sehingga kompressor akan mati.

  • Selang dan Pipa

Fungsi dari selang dan pipa yaitu suatu penghubung dan penghantar tekanan freon keseluruh bagian komponen ac mobil, selang dibuat dari bahan karet syntetis yang dirancang supaya tahan terhadap tekanan suhu tinggi dan tahan terhadap kandungan kimia dari refrigerant sedangkan untuk pipa ac terbuat dari bahan: aluminium atau tembaga atau juga ada yang terbuat dari besi.

  • Sakelar

Saklar adalah komponen yang terdapat di ac mobil dan memiliki beberapa fungsi sebagai berrikut ini. Sakelar ini memiliki fungsi yaitu :

    • Digunakan untuk mematikan
    • Digunakan menghidupkan kompressor
    • Untuk mengatur kecepatan putaran blower pada evaporator.
    • Sakelar yang merupakan komponen ac ini terdiri dari tombol putar yang akan menunjukkan posisi off, low, medium, dan high selain itu juga merupakan terminal listrik.

Berikut adalah komponen yang terdapat pada ac mobil yang mungkin jarang kita ketahui dan dengan adanya penjelasan ini maka sangat memudahkan anda untuk mengetahui beberapa fungsi dari komponen yang terdapat di ac mobil yang anda miliki.

  • Thermostat

Thermostat memiliki tugas untuk memberikan sinyal kondisi temperature dari kabin ke kompresor secara otomatis. Di dalam thermostat terdapat sensor yang akan mendeteksi suhu pada evaporator.

fungsi lain thermostat pada AC mobil yaitu sebagai pengatur kerja dari kompresor AC.

  • Relay

Fungsi Relay pada AC mobil yaitu untuk mengalirkan arus listrik ke magnetic clutch, blower motor dan kekomponen lainnya, supaya aman dan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kunci kontak. Aliran listrik tidak bias langsung ke magnetic clutch ataupun ke blower motor tanpa melalui kunci kontak, sehingga titik-titik kunci kontak akan cepat aus (terbakar).

  • Amplifier AC

Amplifier pada ac mobil merupakan rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai relay otomatis yang menghubungkan dan memutuskan aliran listrik dari baterai menuju ke magnetic clutch.

Baca Juga : Pengapian Mobil Injeksi Hilang

Terdapat dua jenis amplifier yang digunakan pada AC mobil, yaitu temperature control amplifier (pengatur suhu) dan temperature control idling stabilizer amplifier.

Pada intinya, setiap bagian AC tersebut memiliki peran dan fungsinya masing-masing dan harus dirawat agar sistem pendinginan tetap berjalan bagus. Dengan kondisi kendaraan yang nyaman, tentu konsentrasi dan keamanan juga akan lebih baik lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6394

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!