New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Penyebab Kipas Kondensor AC Mobil Mati

Penyebab Kipas Kondensor AC Mobil Mati Bisa Picu Overheat

Penyebab Kipas Kondensor AC Mobil Mati – Tidak hanya oli, namun nyatanya penyebab kipas kondensor AC mobil mati juga picu gejala overheat. Gejala overheat merupakan momok yang paling dihindari oleh semua pengguna mobil sebab selain merogoh kocek lebih dalam, overheat dapat menurunkan kualitas karena beberapa part yang sudah diganti.

Kipas kondensor berungsi sebagain pendingan freon di dalam kondensor juga sekaligus sebagai membuang panas dari radiator mobil. Jika kipas kondensor mengalami permasalahan, maka otomaris kondensor tidak bisa melakukan pendingina lebih cepat sehingga berdampak radiator menjadi lebih panas.

Penyebab Kipas Kondensor AC Mobil Mati

Penyebab Kipas Kondensor AC Mobil MatiPenyebab Kipas Kondensor AC Mobil Mati

 

 

 

 

 

 

Beberapa penyebab kipas kondensor dapat mengalami kerusakan alias mati yakni diantaranya sebagai berikut;

Extra Fan Kotor

Penyebab pertama yakni extra fan dapat memiliki tingkat penumpukan kotoran yang sangat tinggi akibat intensitas pengguna kendaraan. Biasanya hal ini dipicu oleh kotoran udara dari luar karena sering buka tutup jendela dalam waktu lama. Udara kotor jalanan dapat masuk dengan bebas, tidak hanya bermuara pada extra fan namun juga memicu evaporator serta kondensor kotor. Tidak heran kondisi ini dapat menghambat kinerja extra fan karena debu kotoran.

Anda dapat mencegah hal tersebut dengan menutup kaca mobil setiap kali berkendara. Jika terpaksa membuka jendela, jangan biarkan terlalu lama udara dapat masuk lelausa ke dalam kabin.

Jarak Radiator dengan Kondensor Terlalu Dekat

Penyebab selanjutnya yakni jarak radiator dengan kondensor terlalu dekat. Hingga saat ini, sebagian pengguna masih beranggapan bahwa letak komponen ac yang berdekatan dapat menambah suhu udara di dalam kabin. Anggapan ini salah kaprah, justru jarak antara omponen ac yang satu dengan yang lainnya dapat memicu udara panas di dalam kabin.

Ketika extra fan tidak mampu menghisap dan menghembuskan udara dingin dari luar, suhu kondensor akan otomatis meningkat. Peningkatan suhu inilah yang diserap cepat oleh bagian radiator, sehingga mesin mobil overheat alias suhu mesin diatas rata-rata.

Yuk Lihat Ini Juga Waspadai Penyebab Tenaga Mobil Loyo Bisa Bikin Overheat

Nah itulah penyebab kipas kondensor AC mobil mati. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.. Jangan lupa, pastikan mobil mendapatkan perawatan berkualitas dengan memilih bengkel berkualitas pula. Hindari bengkel abal-abal sebab akan memperparah kondisi mobil anda.

Ulik permasalahan mobil anda di Dokter Mobil

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!