New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Waspadai Penyebab Tenaga Mobil Loyo Bisa Bikin Overheat

Waspadai Penyebab Tenaga Mobil Loyo Bisa Bikin Overheat

Berkendara dengan mobil menjadi menyenangkan ketika mobil dalam keadaan prima serta bertenaga. Kondisi tentunya harus diimbangi dengan perawatan rutin secara berkala. Jika mobil aja dicuekkin, maka bersipalah performa mesin mobil anda menjadi menurun hingga loyo ketika dijalankan.

Jangan anggap remeh Domolover, sebaiknya anda ketahui penyebab tenaga mobil loyo. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki bukan? Yuk simak selengkapnya dibawah ini;

1. Mesin Mengalami Overheating

Penyebab ini dijamin bikin takut hampir semua pengguna mobil. Jika mobil sudah overheat, bersiaplah mengeluarkan budget hingga menguras kantong.

Kondisi ini umumnya disebabkan ketika sistem pendingin mesin mobil tidak dapat berkerja dengan maksimal. Alhasil komponen bagian silinder atau piston dapat memuai dengan ekstrim karena suhu yang panas. Hasil pemuaian tersebut akan menyebabkan piston mengalami pergeseran hingga membuat tenaga mesin menjadi berkurang bahkan menghilang ketika.

Oleh sebab itu pastikan pendingin mesin tidak mengalami kerusakan pada bagian radiator.

Cara mengeceknya cukup mudah. Pastikan untuk selalu mengecek indikator temperatur pada dashboard. Jika lampu indikator sudah menujukkan kenaikan temperatur melebihi batas normal, segera hentikan mobil anda. Jika dipaksa maka bahaya dapat leluasa mengintai berkendara anda.

Setelah menepi, matikan mesin dan diamkan mobil beberapa menit hingga suhu menurun. Setelahnya segeralah membuka kas mesin dengan hati-hati. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara luar menggantikan suhu mesin.

2. Sistem Pembakaran Bermasalah

Penyebab selanjutnya yakni sistem pembakaran mengalami masalah hingga menjalar pada part seperti busi, kebel busi, hingga koil. Hal ini diakibatkan dari suhu mesin yang membludak meningkat. Tidak heran bila panasnya mesin dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya, seperti kabel busi yang dapat mengeras karena terkena panas secara terus menerus.

Selain bermasalahnya beberapa komponen, saluran pembakaran juga dapat berpotensi menumpuknya berbagai kerak kotoran hingga dapat menghilangkan tenaga mesin mobil menjadi loyo.

Cara mengatasinya yakni lakukan servis tune up ke bengkel ketepercayaan anda agar dapat dilakukan pembersihan ruang pembakaran secara menyeluruh, termasuk diagnosa komponen ruang pembakaran lainnya. Tidak hanya membuat ngacirrr dijalan namun dapat membuat BBM menjadi lebih irit.

3. Kondisi Filter Udara Yang Kotor

Peranan filter udara bagi mesin mobil tidak kalah penting dengan komponen lainnya. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara agar terbebas dari beragam kotoran yang dapat menganggu kinerja filter tersebut.

Bayangkan saja jika filter udara penuh dengan debu menumpuk serta kotoran hingga menyumbat ruang filter. Akibatnya udara tidak leluasa masuk ke sistem pembakaran hingga berdampak kinerja menjadi terganggu hanya karena sebuah debu bersarang. Tak jarang mesin mobil menjadi ngempos dan loyo tidak bertenaga.

Baca Juga : Ketahui 5 Penyebab Umum Air Radiator Mobil Berkurang

Cara mengatasinya yakni dengan membersihkan filter udara. Anda dapat melakukannya di bengkel terdekat. Jika filter udara sudah menujukkan gejala rusak hingga tidak memungkinkan untuk digunakan kembali, maka sebaiknya anda dapat mengganti dengan yang baru.

4. Busi Yang Kotor

Penyebab terakhir adalah kondisi busi yang sudah kotor. Busi mempunyai peranan sebagai pemantik percikan api agar menghasilkan energi untuk menjalankan mesin.

Anda dapat mengecek busi yang terdapat pada mesin. Jangan lupa lepaskan perlahan. Bersihkan busi dengan amplas untuk menghilangkan noda membandel. Jika kondisi sudah cukup parah dan tidak layak digunakan kembali, maka anda dapat melakukan pergantian dengan busi baru.

Nah itulah ulasan mengenai penyebab tenaga mobil loyo. Jangan sampai mobil tidak bertenaga dibiarkan dalam jangka waktu lama, bisa jadi hal ini menjadi pertanda bahwa komponen mesin sudah mengalami kerusakan dan butuh pergantian. Yuk mulai sayangi mobil anda dengan melakukan perawatan secara berkala.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!