📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Extra Fan AC Mobil Mati dan Cara Menanggulanginya

extra fan ac mobil mati

Jika extra fan AC mobil mati maka akan membuat suhu di dalam kabin terasa panas. Extra fan AC mobil mati atau biasa disebut kipas tambahan mempunyai fungsi untuk mendinginkan kabin. Selama extra fan AC mobil ini dihidupkan, suhu udara yang dihembuskan di dalam kabin akan meningkat dengan cepat. Sehingga kenyamanan saat berkendara juga akan lebih meningkat. Kebalikannya. Sensasi saat berkendara juga menjadi tidak nyaman jika extra fan AC mobil mati. Baik pengemudi maupun penumpang, keduanya pasti akan gelisah saat berada di dalam mobil yang panas.

Anda pasti tahu, bahwa extra fan ini akan bekerja secara otomatis pada saat AC mobil dihidupkan. Pada saat ini, kinerja extra fan dapat langsung diukur dengan berdasarkan sensor yang dipasangkan pada air radiator. Pada saat extra fan AC mobil mati, sensor tersebut juga akan memberikan sinyal kalau extra fan sedang tidak berfungsi atau mati.

Penyebab Extra Fan AC Mobil Mati

Extra fan AC mobil mati perlu menjadi perhatian. Anda harus mencari tahu penyebabnya. Sebab, jika dibiarkan terus-menerus maka akan merasa panas dan kurang nyaman saat berkendara. Untuk itu, Anda harus mengetahui beberapa alasan kenapa kipas AC mobil tidak berputar.

  • Kondisi freon yang tidak sehat

Cek kondisi freon AC mobil, bisa menjadi kendala terkait kipas AC yang mati disebabkan karena freon yang sedang tidak sehat. Masalah pada freon AC juga menjadi salah satu penyebab AC mobil mati.

  • Kompresor kehilangan tekanan

Kompresor bisa kehilangan tekanan dan menyebabkan extra fan AC mobil mati. Selain masalah pada freon, gangguan pada kompresor juga menjadi salah satu penyebab yang juga paling umum.

  • Sekring mobil putus

Sekring mobil putus bisa juga menjadi alasan extra fan AC mobil mati. Pada dasarnya, sekring mobil sebagai pemberi arus listrik ke bagian mesin mobil. Jika sekring putus maka arus listrik juga akan ikut terputus. Alhasil, extra fan AC dan suhu udara menjadi tidak dingin. Putusnya sekring juga biasanya disebabkan oleh overheating atau bisa juga konslet.

  • Relay rusak

Relay mobil berfungsi menetralkan tegangan tinggi ke situasi normal. Saat relay putus, komponen relay akan menghasilkan panas berlebihan. Panas berlebih itu akan menyebabkan overheating dan menyebabkan extra fan AC mobil mati atau tidak berputar dengan baik atau bahkan bisa sampai mati, yang menyebabkan AC mobil tidak dingin.

  • Kerusakan pada saklar

Saklar berfungsi untuk menyalakan dan mematikan AC. Umumnya saklar ini berada di bagian tengah kabin mobil berbentuk tombol yang bergambar kipas. Apabila extra fan AC mobil mati, bisa jadi ini disebabkan kerusakan pada bagian sakelarnya. Jika hal ini terjadi, akibatnya extra fan AC mobil mati dan AC tidak menyala sama sekali.

  • Motor atau dinamo kipas AC rusak

Kipas AC bergerak karena ada dinamo yang mengubah energi listrik ke energi putar. Apabila ada masalah pada dinamo ini, otomatis extra fan AC juga tidak akan berputar.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Extra fan terlalu berdebu

Tak dapat dipungkiri jika memang, setiap komponen AC mobil ini tidak pernah lepas dari namanya debu dan kotoran. Tingginya aktivitas gas di udara secara otomatis akan membuat kabin Anda  juga berdebu, lalu extra fan datang menghisap debu tersebut. Untuk cara mencegah, alangkah baiknya Anda selalu menutup kaca mobil setiap kali Anda mengemudi.

  • Jarak radiator dengan kondensor terlalu dekat

Anda mungkin beranggapan kalau letak komponen AC yang berdekatan ini dapat mempengaruhi suhu udara di dalam kabin. Benarkah? Tentu saja tidak! Justru dekatnya jarak ini dapat memicu udara panas di dalam kabin. Kenapa? Ketika kipas tidak mampu menghisap dan menghembuskan udara dingin dari luar, suhu kondensor otomatis akan meningkat. Peningkatan suhu ini yang diserap cepat oleh bagian radiator, sehingga mesin mobil bisa overheating.

Baca Juga: Cara Kerja Kondensor Beserta Fungsinya: Terlengkap!

Tanda-tanda Extra Fan Mobil Bermasalah

  • Embusan angin AC melemah atau bahkan tidak ada sama sekali
  • Udara di kabin akan menjadi lebih panas
  • Pemutaran AC ke suhu tinggi tidak berhasil atau tidak menjadi dingin meskipun AC menyala

Jika Anda menemukan ketiga tanda tersebut, berarti ada masalah yang harus Anda selesaikan terkait bagian AC mobil satu ini.

Apakah Dampak yang Ditimbulkan dari Extra Fan AC Mobil yang Mati?

Kerusakan pada salah satu komponen AC jelas membuat suhu di dalam kabin mobil jadi tidak karuan. Suhu yang semula dingin tiba-tiba berubah menjadi panas dikarenakan tidak beresnya dengan sistem kerja pada extra fan tersebut. Padahal, Anda tahu kalau extra fan inilah yang mempercepat proses pendinginan freon. Kalau extra fan AC mobil mati atau rusak, komponen mana lagi yang dapat menambah sirkulasi udara di dalam mobil? Jawabannya sangat simpel yaitu, tidak ada.

Cara Memperbaiki Extra Fan AC Mobil Tidak Berputar

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika extra fan AC mobil mati secara mendadak.

  • Periksa karbon brush

Anda bisa memeriksa kadar karbon brush pada komponen kipas AC mobil sebagai salah satu cara mengatasi kerusakan.

  • Ganti relay dari extra fan

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu memeriksa sejumlah komponen terkait seperti relay dari extra fan. Relay soket bisa jadi longgar dan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

  • Cek ke bengkel untuk diperbaiki

Benturan bisa juga menjadi salah satu penyebab kipas AC rusak dan mati. Jika ini benar terjadi maka Anda harus mengganti kipas yang lama dengan yang baru. Hanya saja, untuk urusan yang ini sebaiknya Anda melakukan perbaikan langsung di Bengkel Dokter Mobil terdekat yang Anda percayai.

Cara Merawat Extra Fan Mobil Dengan Benar

Setelah mengetahui penyebab extra fan AC mobil mati atau tidak berputar dan mengetahui cara memperbaikinya jika AC mobil mati. Tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah merawat kipas AC mobil dengan benar.

  • Merawat air radiator

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air radiator dapat digunakan untuk mengetahui bekerja atau tidaknya extra fan. Pada saat air radiator bermasalah, Anda tidak dapat mengetahui apakah extra fan juga berfungsi atau mati. Jadi, pembongkaran pun perlu dilakukan untuk memastikan kinerja dari extra fan ini.

  • Menambah air radiator secara rutin

Radiator AC akan dapat bekerja dengan baik jika didukung oleh air radiator yang cukup pula. Saat air radiatornya habis, dapat dibayangkan betapa sulitnya radiator AC bekerja. Agar kinerja radiator menjadi tetap prima, alangkah baiknya jika Anda selalu mengisi dan mengecek air radiator secara rutin. Anda juga bisa menyiapkan botol khusus air radiator di mobil untuk berjaga jaga saat mobil Anda membutuhkannya setiap saat.

  • Lakukan pengecekan suhu atau temperatur

Kalau boleh jujur, terkadang Anda mungkin lupa untuk memperhatikan suhu atau temperatur mesin, bukan? Anda asal berkendara saja tanpa memperhatikan jarak yang Anda capai saat ini. Daripada kejadian tidak diinginkan terjadi di saat Anda melakukan perjalanan, sebaiknya perhatikan suhu mesin mobil. Perlu dipastikan angkanya tidak akan melebihi setengah dari panel pada spidometer.

  • Gunakan AC seperlunya

extra fan ac mobil mati (2)

Jika Anda ditanya sayang atau tidak pada mobil, pasti semua orang akan menjawab sayang. Tapi, sering kali menggunakan AC secara berlebihan. Contoh sederhananya, Anda sering menghidupkan AC + extra fan saat tidak berada di dalam kabin. Sebenarnya boleh saja, asalkan mobil tidak ditinggalkan selama berjam-jam. Kalau nyatanya pergi 1 – 2 jam, lebih baik AC-nya dimatikan, agar extra fan-nya juga mati. Baik AC ataupun bahkan extra fan, keduanya akan tetap awet dalam kurun waktu yang lama.

  • Jangan matikan AC dalam kurun waktu yang lama

Akan tetapi, jika mematikan AC dalam kurun waktu yang lama tentunya juga akan memicu kerusakan pada bagian AC, termasuk extra fan,  bagaimana bisa hal ini terjadi? Jika dipikir lagi, barang apapun yang tidak dipakai dalam kurun waktu yang tentunya lama pasti akan mengalami kerusakan. Hal ini juga berlaku pada semua jenis barang, apalagi barang elektronik. Tingkat kerusakan yang ada pada barang elektronik bahkan dua hingga tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan barang-barang lainnya, karena barang elektronik juga barang yang sangat rentan kerusakan.

  • Gunakan motor cooling fan

Motor cooling fan mempunyai fungsi untuk mendinginkan extra fan yang mengalami panas. Penambahan untuk motor cooling fan juga bisa melakukan backup fungsi extra fan sehingga udara yang berembus di dalam kabin mobil lebih dingin. Jadi, mesin mobil akan jauh dari yang namanya mengalami kedaan terlalu panas atau overheating mesin.

Tips dari kami, Jika extra fan AC mobil mati, Anda harus memeriksa beberapa penyebab yang sudah disebutkan di atas. Jika Anda berpikir ada kesalahan pada kipas AC yang tidak bisa Anda tangani sendiri, carilah bantuan ahli service AC mobil yang terpercaya serta kredibel, seperti Dokter Mobil. Pastikan kipas AC mobil ini berfungsi dengan baik agar Anda bisa nyaman dalam berkendara.

Extra fan AC mobil mati atau rusak bisa terjadi kapan saja. Sebelum mencari cara mengatasinya, Anda harus tahu lebih dulu penyebabnya. Jika memang perlu untuk diperbaiki oleh ahlinya, Anda bisa membawa mobil kesayangan Anda ke Dokter Mobil, bengkel spesialis service AC terkemuka yang telah dipercaya oleh ribuan dengan beragam jenis mobil. Biaya kerusakan pada mobil seperti ini bisa beragam tergantung penyebabnya kerusakan tersebut.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Kesimpulan

Ketika extra fan AC mobil mati tidak berfungsi alias rusak, lakukan perbaikan atau service AC mobil dengan dilakukan penggantian komponen dengan yang baru. Lakukan service AC dari mulai pemeriksaan hingga penggantian komponen di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk cari tahu lebih lanjut seputar layanan service AC pada mobil Anda. Anda juga bisa kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8765

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇