New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
kipas ac mobil mati

Kipas AC Mobil Mati? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kipas AC mobil mati ini memang menjadi salah satu penyebab kabin tidak dingin. Sebab, kerusakan kipas AC mobil ini menyebabkan kegagalan kondensasi. Akibatnya, blower AC mobil hanya mengeluarkan suhu panas. Hal tersebut sangat mengganggu pengemudi dalam berkendara. Sebab, pengemudi akan hilang fokus karena ruang kabin mobil tidak dingin.

Ada beberapa penyebab kipas AC atau extra fan mobil mati secara tiba-tiba. Bisa saja kerusakan pada komponen tersebut disebabkan oleh faktor usia atau kesalahan penggunaan.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk melakukan tune up AC mobil untuk mengetahui penyebab kerusakan serta cara mengatasi masalah tersebut. Dengan harapan agar AC mobil dapat kembali normal.

Ini Dia Penyebab Kipas AC atau Extra Fan Mobil Mati Secara Mendadak

kipas ac mobil matiMemang, ada berbagai resiko berbahaya akibat kipas AC mobil mati secara mendadak. Hal ini diperparah dengan kondisi mobil yang kurang terawat. Sehingga, kendaraan akan mengalami overheating hingga turun mesin karena kerusakan kipas AC mobil tidak segera diperbaiki. Ada beberapa penyebab yang kerusakan pada komponen kipas AC atau extra fan mobil ini. Untuk itu, ini dia beberapa penyebabnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Sering Menghidupkan dan Mematikan AC Mobil di RPM tinggi

Bagi Anda yang kerap menghidupkan dan mematikan AC mobil ketika memacu kendaraan pada RPM tinggi, maka hal tersebut dapat merusak komponen pendingin kendaraan seperti extra fan AC mobil.

Hal tersebut membuat extra fan harus bekerja ekstra keras guna mendinginkan suhu pada kondensor. Akibatnya, extra fan langsung panas dan terbakar karena kesalahan pemilik kendaraan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tetap menggunakan AC mobil di kecepatan RPM tinggi.

  1. Patah pada Baling-Baling Extra Fan

Patahnya baling-baling extra fan juga menjadi penyebab mengapa AC mobil tidak keluar suhu dingin. Hal ini disebabkan karena patahan baling-baling tersebut membuat extra fan tidak dapat bekerja secara normal.

Patahan-patahan tersebut membuat gagalnya kondensasi pada komponen kondensor. Akibatnya, suhu kabin menjadi panas karena AC mobil tidak berfungsi secara normal.

  1. Faktor Usia Komponen

Dan penyebab kipas AC mobil mati yang terakhir adalah faktor usia komponen. Setiap komponen mesin mobil harus segera diganti apabila telah memasuki usia 10.000 kilometer pemakaian.

Tujuannya untuk mencegah keausan dan komponen karatan. Sehingga, pengemudi tetap safety selama berkendara. Apabila komponen extra fan telah mengalami malfungsi, maka sebaiknya lakukan penggantian komponen untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan.

Cara Mengatasi Masalah Kerusakan Kipas AC Mobil

Ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh pemilik kendaraan apabila extra fan mobil mati secara mendadak. Langkah solutif yang dibutuhkan tentu harus sesuai dengan penyebab kerusakannya.

Salah satu cara untuk mengatasi kerusakan pada komponen kipas AC mobil adalah dengan memeriksa kadar karbon brush. Bisa saja kadar karbon brush habis, sehingga menyebabkan extra fan tidak bekerja secara normal.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk segera memeriksa relay dari extra fan. Bisa saja relay soket telah longgar. Apabila relay soket longgar, maka silahkan menggantinya  dengan yang baru. Sebab, extra fan akan otomatis berhenti bila relay soket terasa longgar.

Baca Juga : Inilah Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

Lalu, extra fan rusak ini juga disebabkan adanya benturan dengan komponen lainnya. Sehingga, benturan tersebut menyebabkan patahnya kipas-kipas extra fan mobil Anda. Alhasil, kipas AC mobil mati secara mendadak. Untuk mengatasinya, maka Anda wajib mengganti komponen extra fan lama dengan yang baru.

Hanya saja, proses perbaikan kerusakan kipas AC mobil ini cukup rumit. Anda harus teliti dalam pemasangan kipas AC mobil. Apabila Anda tidak memiliki keahlian di bidang tersebut, maka Anda bisa langsung ke Dokter Mobil cabang terdekat.

Ya, tim Dokter Mobil ini siap membantu para klien yang mengalami kerusakan komponen kendaraan seperti extra fan mati secara tiba-tiba. Tim Dokter Mobil ini bekerja secara profesional dan tentu saja ahli di bidang otomotif. Sehingga, kami menjamin kerusakan komponen kendaraan dapat ditangani segera.

Sesuai dengan motto kami “di Dokter Mobil semua pasti beres”. Maka, kami selalu mengedepankan kepuasan konsumen. Oleh karena itu, segera kunjungi Dokter Mobil cabang terdekat apabila kipas AC mobil mati mendadak.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!