New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
kondensor ac mobil tersumbat

Penyebab Kondensor AC Mobil Tersumbat dan Masalah Lainnya

Kondensor AC mobil tersumbat bisa karena disebabkan karena kotoran dan debu yang menumpuk, dan akan mempengaruhi suhu dalam kabin mobil. Terjadinya penumpukan ini akan membuat AC mobilĀ  mudah mengalami kebocoran. Kebocoran baik besar maupun kecil, tentu saja akan mempengaruhi kinerja kondensor dalam sistem pendinginan mobil. Suhu di dalam kabin akan menjadi gerah dan tidak membuat pengendara merasa nyaman.

Meskipun jumlah penyumbatannya sedikit, jika dibiarkan tentu lama-lama akan menjadi besar dan menyumbat kondensor. Kalau dibiarkan lama-lama dan dibiarkan menumpuk kotorannya, bisa jadi AC akan rusak bahkan tidak bisa digunakan lagi. Kalau sudah begitu, tentu saja biaya penggantiannya akan jauh lebih mahal lagi.

Permasalahan yang Umum Selain Kondensor AC Mobil Tersumbat

kondensor ac mobil tersumbat

Selain kondensor AC mobil tersumbat, Ada sejumlah permasalahan lain yang lazim dijumpai di kendaraan. Anda harus segera mengatasi berbagai masalah ini, karena kalau begitu, berarti mobil anda memang sedang “sakit”. Berikut sejumlah permasalahan yang lazim ditemui pada kondensor AC mobil ;

  • Kondensor Mengalami Overheating

Masalah pertama yang kerap dijumpai adalah kondensor yang mengalami panas. Dalam menjalankan sistem pendinginan mobil, kondensor AC tidak bekerja sendiri. Banyak komponen lain yang saling mendukung agar kinerja pendinginan berjalan dengan optimal. Kondensor AC bekerja menyerap panas serta mendinginkan refrigant.

Pada saat bekerja inilah, kondensor AC mobil sering mengalami suhu yang terlalu panas atau overheating. Komponen yang membuat ac lebih cepat overheating antara lain kipas tidak berputar, kondensor terlalu banyak kotoran, oli dan freon terlalu banyak, serta visco fan radiator yang putarannya melemah. Mencegah overheating ini, sebaiknya AC mobil juga disertai extra fan.

  • Usia Kondensor Sudah Tua

Selain permasalahan kondensor AC mobil tersumbat, hal lainnya yang sering dialami pastinya usia kondensor AC yang sudah tua. Seiring waktu berjalan, lama-lama kinerja kondensor AC Mengalami penurunan memang harus segera diganti. Akan tetapi, seharusnya masa penggunaan ini memang cukup lama dan bisa bertahun-tahun. Jika memang sudah sampai waktunya, jangan ragu untuk mengganti kondensor AC untuk membuat pendinginan dalam mobil berjalan baik.

  • Kondensor Yang Berkarat

Karat yang makin banyak pada kondensor AC, pada umumnya disebabkan oleh kotoran pada AC yang memang sudah menumpuk. proses korosi ini juga semakin cepat seiring dengan adanya tetesan atau rembesan air. Jika anda menemukan karat kecil, sebaiknya ditangani dengan baik agar tidak makin meluas dan terjadi bocor. Anda bisa melumasinya dengan pelumas yang direkomendasikan.

  • Kerikil, Debu, Dan Kotoran

Dari sejumlah kerusakan umum kondensor AC mobil tersumbat, penyebab utama yang paling sering muncul adalah memang karena kotoran dan debu. Penyebab lainnya adalah karena kerikil dari jalanan yang terpental menghantam bagian kondensor AC. Benturan keras dengan benda atau mobil lainnya juga bisa jadi penyebab kondensor AC yang rusak ini.

Komponen lainnya yang terdampak dari debu dan kerikil ini, bisa evaporator atau filter kabin. Agar hal tersebut tidak terjadi dan semakin meluas, sebaiknya Anda mulai perbaikannya di saat kerusakan masih sangat kecil. Akan tetapi, jauh lebih baik jika melakukan pengecekan dan perawatan rutin terhadap komponen kondensor AC mobil ini.

Baca Juga : Mesin Mobil Ngelitik

kondensor ac mobil tersumbat

Kesimpulannya, kondensor AC mobil tersumbat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab paling sering dijumpai adalah penyumbatan yang disebabkan oleh debu dan kerikil, atau kotoran. Pengecekan dan perawatan secara berkala, perlu Anda lakukan agar kinerja pendinginan dalam mobil bisa optimal. Selanjutnya, mobil akan lebih nyaman dikendarai bersama keluarga.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 58976

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!