New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara mengecek busi mobil mati atau hidup

5 Cara Mengecek Busi Mobil Mati Atau Hidup Secara Bertahap

Sebagai pemilik kendaraan, penting juga bagi anda untuk mengetahui cara mengecek busi mobil mati atau hidup karena jika diabaikan akan berbahaya. Kondisi busi yang bermasalah, bisa sangat mengganggu perjalanan Anda bahkan menyebabkan mobil jadi mogok. Busi yang bermasalah juga akan mengganggu kinerja mesin karena tenaga yang dikeluarkan oleh mesin tidak sama pada setiap silindernya.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengenali tanda-tanda dari busi yang mulai bermasalah ini. Hal tersebut bisa dapat dikenali pada saat kendaraan hidup maupun mati, atau sedang berjalan. Masalah pada busi bisa berbahaya karena mengakibatkan pembakarannya tidak sempurna.

Informasi mengenai usia pemakaian busi juga cukup penting selain dari cara mengecek busi mati atau hidup Pada umumnya, pemakaian normal busi kendaraan bisa mencapai hingga 20.000 km. akan tetapi, pada busi iridium pemakaiannya jauh lebih lama lagi ya itu bisa mencapai 100.000 km. Kalau jarak tempuh kendaraan anda sudah melebihi angka tersebut, sebaiknya mengganti busi kendaraan.

Tanda Busi Menyala Atau Mati

Cara Mengecek Air Radiator Mobil

Cara mengecek busi mobil mati atau hidup bisa dilakukan dari gejala gejala yang dirasakan pada kendaraan. Tanda busi yang sudah mati mati atau mengalami kerusakan adalah terjadinya gejala yang terasa seperti pincang pada mesin. Perputaran mesin terasa berat dan tidak seimbang. Gejala lain ya, adalah terjadinya getaran yang cukup kasar pada mesin.

Cara Mengecek Busi Mobil Mati Atau Hidup

Cara mengecek busi kendaraan sendiri pada tiap-tiap mobil berbeda-beda. Pada jenis kendaraan diesel, memang tidak terdapat busi dan anda tidak akan menemukannya. Adapun panduan langkah untuk mengecek busi kendaraan sendiri adalah sebagai berikut:

  • Membuka Jok dan Kap Mesin

Kenali lokasi busi kendaraan Anda yang umumnya berada di bagian jok atau kap mesin. Selanjutnya, nyalakan mesin, naikan rpm atau menyetel gas. Selanjutnya, cabutlah kabel busi satu persatu secara hati-hati, dan gunakan tang serta sarung tangan. Kalau ada indikasi busi mati, bersihkan atau gantilah dengan busi normal, dan tidak harus baru.

  • Memeriksa Kabel Busi

Cara mengecek busi mati atau hidup berikutnya setelah busi diganti, periksa apakah keadaan sama atau berbeda. Jika setelah diganti, hasilnya tetap sama, maka cobalah ganti kabel busi dengan yang lain. Jika setelah ditukar kabelnya masih mati juga, maka dapat dipastikan ada masalah pada kabel businya atau terputus. Dan jika demikian, anda harus menggantinya.

Panduan Mengecek Busi Apakah mati atau hidup

cara mengecek busi mobil mati atau hidup

Cara mengecek busi mobil mati atau hidup sebenarnya bisa anda lakukan dengan mudah. Ada ciri khas yang bisa anda kenali dari penampakannya. Adapun beberapa tandanya adalah sebagai berikut ;

  • Dilihat dari Warnanya

Dari segi tampilan warnanya cara mengecek busi mobil mati atau hidup, busi yang sudah usang dan berwarna cokelat bisa menjadi tanda bahwa sudah mulai usang dan perlu diganti. Semakin berwarna coklat atau merah busi tersebut, berarti sudah terjadi pemanasan yang cukup tinggi. Jadi, selain dilihat dari jarak tempuh, kualitas warna busi juga patut anda perhatikan.

  • Terjadinya Pengerakan

Cara mengecek busi mati atau hidup juga bisa dilihat tanda awalnya dari terjadinya pengerakan. Busi yang gosong atau timbul kerak berlebihan bisa mengindikasikan ada yang salah pada sistem kelistrikan kendaraan dan juga pada aliran bahan bakar.  Terjadinya kerak di kepala busi juga bisa jadi indikasi pengaturan bahan bakar buruk sehingga sil klep terjadi kebocoran.

Baca Juga : Kondensor AC Mobil Tersumbat

Kesimpulannya, cara mengecek busi mobil mati atau hidup bisa dilakukan dengan melihat dari segi kualitas busi maupun pengetesan saat mobil dihidupkan. perawatan busi yang baik maka akan membuat performa kendaraan jadi lebih prima. Oleh karena itu, gantilah busi secara berkala setiap jarak tempuh yang direkomendasikan pada buku panduan kendaraan, ataupun dilihat dari kualitas busi tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!