New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan

Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan? Cek Komponen Ini!

mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan

Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan? Cek Komponen Ini! – Sewaktu bangun tidur dan siap berangkat kerja, tiba-tiba mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan. Situasi pagi menjengkelkan. Masalah pagi hari seperti ini memang bisa merusak pagi indah Anda. Oleh sebab itu, untuk menghindari kejadian seperti itu, ada baiknya mengenali penyebabnya.

Kondisi mobil diesel mengeluarkan asapa putih sebenarnya pertanda adanya gangguan di mobil Anda. Hanya saja, gangguan ersebut tidak tergolong berat.

Masalah paling ringan adalah mobil diesel Anda tidak dipanasi dalam waktu lama. Akibatnya, mesin menjadi sangat dingin. Sehingga ketika dipaksa untuk menyala, keluar asap putih.

Bila dalam beberapa menit asap putih itu menghilang, itulah tanda mobil diesel Anda baik-baik saja. Asap putih hanya tanda adanya uap air di area sekitar pembuangan. Hal ini tidak perlu Anda khawatirkan.

Apabila sebuah mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan dan asap itu tidak hilang, maka ada tindakan lebih lanjut yang perlu Anda lakukan. Terlebih lagi jika asap putih yang dikeluarkan mobil berjumlah banyak. Inilah tanda Anda perlu melakukan pengecekan beberapa komponen mobil diesel kesayangan Anda.

3 komponen penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan

Beberapa komponen yang wajib Anda periksa kondisinya adalah:

  1. Filter udara

Filter udara adalah komponen pertama dan termudah untuk Anda cek. Terlihat sepele memang tapi fungsi vital filter udara tidak bisa diremehkan.

Saat filter udara kotor, udara untuk ruang pembakaran jadi ikut kotor. Efeknya, ruang pembakaran akan membakar kotoran yang bercampur di udara. Hal itu akan mengacaukan sistem pembakaran.

Cek filter udara mobil diesel kesayangan Anda.

  1. Ruang mesin

Satu hal yang patut Anda cek di ruang mesin adalah kebocoran oli. Perhatikan dengan seksama apakah ada oli merembes dari sela mesin.

Apabila Anda menemukan oli merembes, itulah tanda adanya masalah pada seal klep. Masalah paling umum adalah seal klep mesin sudah aus. Jika begitu, Anda tinggal mengganti seal klep tersebut dengan yang baru.

Selain seal kleap, masalah yang sering dijumpai di ruang mesin adalah seal injector bocor. Bila seal injector bocor, efeknya oli akan masuk ruang bakar. Hasil pembakaran udara, bahan bakar, dan oli ini mengakibatkan asap putih di mobil Anda.

Efek lain seal injector bocor yaitu tekanan kompresi jadi berkurang. Sehingga membuat power yang dihasilkan mesin ikut berkurang.

Bila ruang mesin yang bermasalah, segera bawa mobil diesel kesayangan Anda ke bengkel kepercayaan. Jangan pernah tunda tindakan ini. Sebab, resiko kerusakan mesin bisa bertambah banyak.

  1. ECU

Unit ECU adalah bagian yang bisa Anda curigai sebagai penyebab mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan. Sebabnya cukup jelas, unit ini adalah otak dari sistem pembakaran yang dijalankan di ruang mesin.

Apabila otak dari pembakaran bermasalah, maka sinyal yang diterima ruang mesin jadi tidak tepat dan sempurna. Artinya, pasokan udara, bahan bakar, dan hasil pembakaran menjadi tidak sesuai dengan sistem yang lain.

Baca Juga : Lampu Indikator Kunci Menyala

mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan

Gangguan ini bisa diatasi dengan cara mengganti unit ECU dengan yang baru. Dengan begitu, otak ruang pembakaran jadi baru dan lebih baik dari sebelumnya.

Permasalahan di tiga komponen di atas mengakibatkan mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan atau saat digunakan di tengah jalan. Merawat dan memberi perhatian lebih pada ruang mesin, ECU, dan filter udara seharusnya jadi komitmen Anda mulai saat ini. Andai kata Anda membutuhkan bantuan bengkel, jangan pernah segan menghubungi bengkel kepercayaan Anda. Sebab ruang mesin adalah bagian yang cukup sulit untuk ditangani tanpa peralatan mekanik yang memadai.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 79682

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!