Artikel

penyebab radiator bocor

4 Penyebab Radiator Bocor Dan Resikonya Terhadap Mobil

Radiator adalah komponen sistem pendingin mesin mobil yang mudah bocor. Maka, Anda harus tahu apa saja resiko dan penyebab radiator bocor. Apabila radiator mobil yang mengalami kebocoran ini tidak ditangani segera. Bisa jadi, komponen sistem pendingin mobil Anda akan mengalami kerusakan sehingga mesin mobil mengalami overheating kala digunakan.

Oleh sebab itu, kenali terlebih dahulu apa saja penyebab dari masalah radiator mobil yang mengalami kebocoran dan pahami pula apa saja resiko-resiko dari kebocoran radiator mobil. Guna mencegah terjadinya kerusakan pada mesin mobil. Maka, Anda harus membawa ke bengkel terdekat guna mengatasi masalah kebocoran pada radiator mobil.

Ini Dia Penyebab-Penyebab Radiator Bocor

  1. Faktor Usia Radiator

Penyebab pertama radiator mobil mengalami kebocoran ini dikarenakan faktor usia radiator yang sudah uzur. Normalnya, Anda wajib mengganti radiator sekitar 4-5 tahun sekali sejak pemakaian awal. Apabila Anda tidak mengganti radiator yang telah uzur. Maka, akan ada penurunan fungsi radiator.

 Sehingga, radiator kerap mengalami kebocoran. Untuk itu, segera lakukan pengecekan secara berkala guna mengetahui apakah radiator mobil Anda masih layak guna atau sudah waktunya diganti.

  1. Adanya Penyumbatan Pada Saluran Output Radiator

Penyumbatan pada saluran output radiator ini menjadi salah satu dari penyebab radiator bocor. Ya, saluran output radiator ini bisa tersumbat oleh debu dan kotoran. Sehingga, pemilik kendaraan seharusnya wajib melakukan pengecekan setidaknya 1 minggu 1 kali secara rutin.

Terkadang, pemilik kendaraan ini abai untuk mengecek kondisi mobil. Alhasil, adanya penyumbatan pada saluran output ini jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan radiator bocor.

  1. Kemasukan Benda Asing

Memang, karakter jalan di Indonesia ini masih belum rata. Banyak kerikil, ranting pohon, hingga batu-batu runcing ini kerap kita temui di jalan. Hal inilah yang menyebabkan Anda was-was sebagai pengendara.

Sebab, bisa saja benda-benda asing tersebut masuk ke bagian mesin mobil dan merusak radiator. Sehingga, masuknya benda-benda asing tersebut menyebabkan radiator mobil Anda rusak dan bocor. Alhasil, cairan air radiator pun tumpah dan merembes ke komponen mesin mobil lain. Hal inilah yang menyebabkan mesin mobil mengalami overheating.

  1. Radiator Mobil yang Tidak Layak Guna

Apabila Anda pernah mengganti radiator mobil, perhatikan terlebih dahulu kualitas dan kuantitasnya. Sebab, beberapa kasus kerusakan pada radiator mobil ini disebabkan oleh jenis radiator yang digunakan ini sudah  tidak layak guna.

Sehingga, Anda disarankan untuk membeli radiator berkualitas. Jangan sampai Anda tergiur harga radiator murah. Sebab, harga radiator murah tidak menjamin keawetannya. Alhasil, Anda harus mengganti radiator berkali-kali apabila menggunakan radiator dengan harga murah.

Resiko Radiator Mobil Mengalami Kebocoran

  1. Mesin Mobil Mengalami Overheating Atau Mesin Cepat Panas

Anda patut waspada apabila suhu mesin mobil cepat naik atau mudah panas. Sebab, masalah tersebut bisa menyebabkan munculnya asap hingga mesin terbakar. Hal tersebut disebabkan oleh tidak bekerjanya sistem pendingin mesin mobil dari radiator.

Radiator yang bermasalah bisa menyebabkan tidak terkendalinya suhu mesin mobil. Maka, segera cek mobil Anda ke bengkel terdekat guna pengecekan bagian radiator. Apakah bisa diperbaiki atau harus diganti dengan radiator baru.

  1. Radiator Pecah

Apabila penyebab radiator bocor ini tidak ditangani segera. Bisa jadi radiator mobil Anda mengalami pecah atau rusak total. Hal ini disebabkan oleh terlalu banyak oli dan air yang merembes ke bagian radiator. Sehingga dua elemen tersebut kemudian bercampur dan berputar hingga menghasilkan suhu panas.

Baca Juga : Oli Matic Mobil

Akibatnya, radiator mobil pun pecah karena tidak mampu menahan panas yang berlebih. Hal tersebut menyebabkan munculnya asap pada bagian mesin dan mobil yang Anda kendarai pun mogok saat Anda gunakan berkendara.

  1. Kerusakan Pada Komponen Mesin Lainnya

Nah, kerusakan pada komponen mesin mobil ini juga dapat disebabkan oleh adanya kebocoran pada radiator. Sehingga, cairan air radiator meluber ke bagian mesin lain. Sebab, panasnya air radiator yang tumpah ini bisa merusak komponen mesin. Oleh karena itu, segera cek kondisi mobil ke bengkel terdekat. Agar mobil tetap nyaman dan aman saat Anda kendarai.

Beberapa penyebab radiator bocor ini memang berakibat fatal. Sehingga, Anda wajib mencari solusi segera. Apabila tidak segera ditangani, mobil Anda akan mengalami beberapa resiko-resiko fatal yang disebabkan kebocoran radiator. Untuk itu, segera cek kondisi mobil ke bengkel terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :