📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mobil Suzuki Grand Vitara Bekas: SUV Recommended di Rentang 80 Jutaan

Mobil Suzuki Grand Vitara Bekas

Suzuki Grand Vitara adalah salah satu mobil SUV yang populer di Indonesia. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 dan telah mengalami beberapa kali perubahan desain dan peningkatan fitur.

Mobil ini terkenal dengan kehandalannya di medan off-road dan juga kenyamanannya di jalan raya. Jika Anda sedang mencari mobil SUV bekas di rentang harga 80 jutaan, Suzuki Grand Vitara bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berikut ini adalah penjelasan, spesifikasi, kelebihan, kekurangan, perbandingan dengan mobil lain di kelasnya, harga, dan tips membeli mobil Suzuki Grand Vitara bekas.

Penjelasan Tentang Suzuki Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara adalah mobil SUV yang diproduksi oleh Suzuki sejak tahun 1998. Mobil ini memiliki tampilan yang sporty dan juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih.

Suzuki Grand Vitara dilengkapi dengan mesin bensin 4 silinder 2.0L atau 2.4L yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 140 HP atau 165 HP. Mobil ini juga dilengkapi dengan transmisi manual atau otomatis.

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara memang menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli mobil ini, terutama jika Anda berencana untuk membeli mobil bekas.

Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci, detail, dan panjang mengenai spesifikasi Suzuki Grand Vitara.

  1. Dimensi dan Kapasitas

Suzuki Grand Vitara memiliki dimensi panjang 4.500 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.695 mm. Jarak sumbu roda mobil ini mencapai 2.640 mm.

Ukuran dimensi mobil ini termasuk cukup besar dan ideal untuk mobil SUV dengan kemampuan off-road yang handal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Kapasitas mesin yang tersedia untuk Suzuki Grand Vitara adalah 2.000 cc dan 2.400 cc. Mesin 2.000 cc mampu menghasilkan tenaga maksimum 140 HP pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 183 Nm pada 4.000 rpm.

Sedangkan mesin 2.400 cc mampu menghasilkan tenaga maksimum 165 HP pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 225 Nm pada 4.000 rpm. Kedua mesin tersebut cukup bertenaga dan mampu memberikan performa yang memadai untuk mobil SUV.

  1. Transmisi dan Penggerak

Suzuki Grand Vitara dilengkapi dengan dua jenis transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Transmisi manual memberikan pengalaman mengemudi yang lebih sporty dan lebih mudah dikontrol. Sementara itu, transmisi otomatis memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengemudi.

Penggerak pada Suzuki Grand Vitara terdiri dari dua jenis, yaitu penggerak 4×2 dan penggerak 4×4. Penggerak 4×2 hanya mempunyai penggerak roda pada dua roda depan saja, sementara penggerak 4×4 memiliki penggerak roda pada keempat roda mobil.

Penggerak 4×4 pada Suzuki Grand Vitara dilengkapi dengan fitur selectable 4WD yang dapat diaktifkan saat Anda membutuhkan traksi tambahan pada medan off-road.

  1. Fitur Keselamatan dan Hiburan

Suzuki Grand Vitara dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang cukup lengkap, seperti ABS (Anti-lock Braking System), dual SRS airbag, EBD (Electronic Brakeforce Distribution), dan BA (Brake Assist). Fitur keselamatan ini tentunya sangat penting untuk memberikan keamanan saat berkendara.

Sedangkan untuk fitur hiburan, Suzuki Grand Vitara dilengkapi dengan head unit audio yang dilengkapi dengan sistem radio, CD player, dan juga Bluetooth. Head unit audio ini terletak di tengah dashboard mobil dan dapat dioperasikan dengan mudah.

  1. Konsumsi Bahan Bakar

Suzuki Grand Vitara memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup efisien untuk mobil SUV. Untuk mesin 2.000 cc, konsumsi bahan bakar mencapai sekitar 10 km/liter untuk penggunaan di jalan raya.

Sedangkan untuk mesin 2.400 cc, konsumsi bahan bakar mencapai sekitar 9 km/liter untuk penggunaan di jalan raya. Konsumsi bahan bakar tersebut cukup efisien untuk mobil SUV dengan kapasitas mesin yang cukup besar.

  1. Kenyamanan dan Kinerja

Suzuki Grand Vitara memiliki suspensi yang cukup baik untuk mobil SUV. Suspensi depan dilengkapi dengan McPherson Strut dan suspensi belakang menggunakan Multi-Link. Suspensi tersebut memberikan kenyamanan yang cukup baik saat berkendara di jalan raya atau medan off-road.

Suzuki Grand Vitara juga dilengkapi dengan rem cakram pada keempat rodanya yang memberikan performa pengereman yang cukup baik dan dapat diandalkan. Penggunaan rem cakram juga meminimalisir terjadinya overheating pada saat berkendara dalam kondisi ekstrem.

Kelebihan Mobil Suzuki Grand Vitara Bekas

Mobil Suzuki Grand Vitara bekas memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk Anda yang ingin membeli mobil SUV dengan harga terjangkau di rentang 80 jutaan. Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci, detail, dan panjang mengenai kelebihan mobil Suzuki Grand Vitara bekas.

  1. Kemampuan Off-road yang Handal

Suzuki Grand Vitara terkenal dengan kemampuan off-road yang handal dan mumpuni. Penggerak 4×4 pada Suzuki Grand Vitara dilengkapi dengan fitur selectable 4WD yang dapat diaktifkan saat Anda membutuhkan traksi tambahan pada medan off-road.

Mobil ini juga memiliki ground clearance yang tinggi sehingga dapat melewati medan yang sulit dengan mudah. Kemampuan off-road yang handal menjadi salah satu kelebihan mobil Suzuki Grand Vitara bekas yang menarik.

  1. Desain yang Menarik

Suzuki Grand Vitara memiliki desain yang cukup menarik dan sporty. Desain mobil ini menggabungkan unsur SUV yang maskulin dengan sentuhan yang elegan.

Mobil ini memiliki body yang kokoh dan tangguh, namun tetap terlihat modern dan stylish. Desain yang menarik menjadi salah satu kelebihan mobil Suzuki Grand Vitara bekas yang dapat menarik minat Anda.

  1. Harga yang Terjangkau

Salah satu kelebihan utama dari mobil Suzuki Grand Vitara bekas adalah harganya yang terjangkau. Harga mobil ini di rentang 80 jutaan masih dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, tergantung pada tahun produksi, kondisi mobil, dan juga lokasi penjualan.

Harga yang terjangkau tentunya menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin membeli mobil SUV dengan budget terbatas.

  1. Performa Mesin yang Bertenaga

Suzuki Grand Vitara dilengkapi dengan mesin yang cukup bertenaga, baik mesin 2.000 cc maupun mesin 2.400 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan performa yang memadai untuk mobil SUV, sehingga Anda dapat berkendara dengan tenang dan nyaman.

Performa mesin yang bertnaga menjadi salah satu kelebihan mobil Suzuki Grand Vitara bekas yang dapat memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

  1. Konsumsi Bahan Bakar yang Efisien

Meskipun memiliki performa mesin yang cukup bertenaga, konsumsi bahan bakar mobil Suzuki Grand Vitara bekas tetap cukup efisien.

Konsumsi bahan bakar untuk mesin 2.000 cc mencapai sekitar 10 km/liter untuk penggunaan di jalan raya, sementara untuk mesin 2.400 cc mencapai sekitar 9 km/liter untuk penggunaan di jalan raya.

Konsumsi bahan bakar yang efisien tentunya menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran dalam penggunaan mobil.

  1. Kabin yang Luas dan Nyaman

Suzuki Grand Vitara memiliki kabin yang luas dan nyaman untuk Anda dan keluarga Anda. Interior mobil ini dirancang dengan baik dan juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Kabin yang luas dan nyaman menjadi salah satu kelebihan mobil Suzuki Grand Vitara bekas yang dapat membuat pengalaman berkendara Anda semakin menyenangkan.

  1. Fitur Keselamatan yang Lengkap

Suzuki Grand Vitara dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang lengkap dan dapat memberikan keamanan saat berkendara.

Fitur keselamatan tersebut antara lain ABS (Anti-lock Braking System), dual SRS airbag, EBD (Electronic Brakeforce Distribution), dan BA (Brake Assist).

Fitur keselamatan yang lengkap menjadi salah satu kelebihan mobil Suzuki Grand Vitara bekas yang dapat memberikan keamanan dan ketenangan saat berkendara.

  1. Suku Cadang yang Mudah Ditemukan

Suzuki Grand Vitara merupakan mobil yang cukup populer di Indonesia, sehingga suku cadang untuk mobil ini relatif mudah ditemukan di berbagai bengkel dan toko suku cadang.

Hal ini tentunya menjadi kelebihan mobil Suzuki Grand Vitara bekas yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan perawatan dan perbaikan mobil.

  1. Mudah Dimodifikasi

Suzuki Grand Vitara juga termasuk mobil yang mudah dimodifikasi, baik dari segi eksterior maupun interior. Beberapa modifikasi yang umum dilakukan pada mobil ini antara lain memasang roof rack, spoiler, dan juga penggantian velg.

Kemudahan dalam melakukan modifikasi menjadi salah satu kelebihan mobil Suzuki Grand Vitara bekas yang dapat membuat Anda lebih puas dalam memodifikasi mobil sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Kekurangan Mobil Suzuki Grand Vitara Bekas

Meskipun memiliki banyak kelebihan, mobil Suzuki Grand Vitara bekas juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil ini.

Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci, detail, dan panjang mengenai kekurangan mobil Suzuki Grand Vitara bekas.

  1. Kabin dan Bagasi Kurang Luas Jika Dibandingkan Mobil SUV Lain

Suzuki Grand Vitara memiliki kabin yang luas dan nyaman, namun masih kurang luas jika dibandingkan dengan mobil SUV lainnya yang sekelas.

Selain itu, bagasi mobil ini juga tergolong kurang luas sehingga dapat menjadi kendala jika Anda sering membawa barang bawaan dalam jumlah besar.

  1. Minim Teknologi

Meskipun Suzuki Grand Vitara dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan dan hiburan, namun mobil ini masih kurang dilengkapi dengan teknologi terkini yang biasa ditemukan pada mobil SUV terbaru.

Misalnya, mobil ini belum dilengkapi dengan fitur start-stop engine, rear camera, atau bahkan layar sentuh yang besar.

  1. Suspensi Belakang yang Kaku

Suzuki Grand Vitara memiliki suspensi belakang yang cukup kaku, sehingga dapat membuat pengalaman berkendara menjadi kurang nyaman terutama pada jalan bergelombang atau berlubang.

Hal ini dapat membuat mobil ini kurang nyaman jika digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau di medan off-road yang cukup kasar.

  1. Ruang Kaki untuk Penumpang Belakang Sempit

Meskipun Suzuki Grand Vitara memiliki kabin yang luas, ruang kaki untuk penumpang belakang masih tergolong sempit jika dibandingkan dengan mobil SUV lainnya yang sekelas.

Hal ini dapat membuat pengalaman berkendara menjadi kurang nyaman bagi penumpang belakang terutama pada perjalanan jarak jauh.

  1. Kualitas Interior Kurang Memadai

Meskipun kabin mobil ini nyaman, namun kualitas interior mobil ini tergolong kurang memadai. Beberapa bahan interior mobil ini terlihat murah dan kurang berkualitas. Hal ini dapat membuat mobil ini kurang tahan lama dan juga kurang menarik dari segi tampilan.

  1. Sering Overheat pada Mesin

Meskipun konsumsi bahan bakar mobil Suzuki Grand Vitara bekas cukup efisien, namun mobil ini masih memiliki kekurangan pada mesin yaitu overheat.

Overheat pada mesin seringkali terjadi pada mesin 2.400 cc ketika mobil digunakan untuk menempuh jarak jauh atau di medan off-road yang cukup ekstrem. Oleh karena itu, perawatan dan perbaikan mesin mobil ini menjadi sangat penting.

Perbandingan Mobil Suzuki Grand Vitara Bekas dengan Mobil Lain di Kelasnya

Mobil Suzuki Grand Vitara bekas merupakan mobil SUV yang cukup terkenal di Indonesia dengan harga yang terjangkau di rentang 80 jutaan.

Namun, masih banyak mobil SUV lain di kelasnya yang dapat menjadi alternatif pilihan. Berikut adalah perbandingan mobil Suzuki Grand Vitara bekas dengan beberapa mobil SUV lainnya di kelasnya.

  1. Toyota Rush

Toyota Rush merupakan mobil SUV yang cukup populer di Indonesia dan juga bersaing di kelas yang sama dengan Suzuki Grand Vitara. Toyota Rush memiliki desain yang cukup menarik dan juga dilengkapi dengan teknologi yang cukup modern.

Meskipun harga Toyota Rush yang sedikit lebih tinggi daripada Suzuki Grand Vitara, namun Toyota Rush memiliki ruang kabin yang lebih luas dan juga lebih nyaman bagi penumpang belakang.

Selain itu, Toyota Rush juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap dan teknologi yang lebih canggih.

  1. Honda CR-V

Honda CR-V merupakan mobil SUV yang juga cukup terkenal dan bersaing di kelas yang sama dengan Suzuki Grand Vitara. Honda CR-V memiliki desain yang cukup elegan dan juga dilengkapi dengan teknologi yang cukup modern.

Honda CR-V memiliki kabin yang lebih luas dan juga lebih nyaman bagi penumpang belakang. Selain itu, Honda CR-V juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap dan teknologi yang canggih.

Seperti fitur Honda Sensing yang mengintegrasikan sistem keselamatan seperti Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control, dan Lane Departure Warning.

  1. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport merupakan mobil SUV yang juga cukup populer di Indonesia dan bersaing di kelas yang sama dengan Suzuki Grand Vitara.

Mitsubishi Pajero Sport memiliki desain yang cukup tangguh dan juga dilengkapi dengan teknologi yang cukup modern.

Mitsubishi Pajero Sport memiliki penggerak 4WD dan juga dilengkapi dengan fitur off-road seperti hill descent control dan hill start assist. Selain itu, Mitsubishi Pajero Sport juga memiliki kabin yang luas dan nyaman bagi penumpang belakang serta dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap.

  1. Nissan X-Trail

Nissan X-Trail merupakan mobil SUV yang cukup terkenal dan bersaing di kelas yang sama dengan Suzuki Grand Vitara. Nissan X-Trail memiliki desain yang cukup modern dan juga dilengkapi dengan teknologi yang cukup canggih.

Nissan X-Trail memiliki kabin yang lebih luas dan nyaman bagi penumpang belakang serta dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti Intelligent Emergency Braking, Lane Departure Warning, dan Intelligent Around View Monitor.

Harga Mobil Suzuki Grand Vitara Bekas

Harga mobil Suzuki Grand Vitara bekas bisa berbeda-beda tergantung pada tahun produksi, kondisi mobil, dan juga lokasi penjualan.

Namun, harga mobil Suzuki Grand Vitara bekas di rentang 80 jutaan masih bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Harga tersebut tentunya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mobil SUV bekas lain di kelasnya.

Tips Membeli Mobil Suzuki Grand Vitara Bekas

Membeli mobil bekas memang memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dengan membeli mobil baru. Oleh karena itu, sebelum membeli mobil Suzuki Grand Vitara bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi yang baik.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membeli mobil Suzuki Grand Vitara bekas.

  1. Tentukan Budget

Sebelum membeli mobil Suzuki Grand Vitara bekas, tentukan budget terlebih dahulu. Hal ini penting agar Anda tidak terjebak dalam pembelian mobil yang terlalu mahal dan juga tidak mendapatkan mobil yang kondisinya buruk karena terlalu murah.

  1. Cek Kondisi Mobil

Pastikan untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli. Periksa mesin, kaki-kaki, sistem pendinginan, suspensi, dan juga sistem kelistrikan mobil. Jangan lupa juga untuk memeriksa cat dan juga bodi mobil, apakah terdapat bekas tabrakan atau kerusakan pada bagian tertentu.

  1. Cek Dokumen Mobil

Pastikan untuk memeriksa dokumen mobil, seperti STNK, BPKB, faktur, dan juga buku service. Periksa juga apakah mobil tersebut memiliki sertifikat layak jalan dan surat-surat lainnya yang diperlukan. Jangan sampai Anda membeli mobil yang memiliki masalah dengan dokumen.

  1. Cek Riwayat Servis

Pastikan untuk memeriksa riwayat servis mobil, seperti kapan terakhir kali dilakukan servis, jenis perawatan yang dilakukan, dan juga apakah ada kerusakan yang pernah diperbaiki. Hal ini penting agar Anda dapat memastikan bahwa mobil tersebut dalam kondisi yang baik dan terawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya.

  1. Periksa Kilometer Mobil

Periksa juga jumlah kilometer mobil tersebut. Semakin rendah jumlah kilometer, biasanya kondisi mobil akan lebih baik. Namun, pastikan juga bahwa jumlah kilometer tersebut benar-benar sesuai dengan kondisi mobil yang ditawarkan.

  1. Coba Test Drive

Pastikan untuk mencoba test drive mobil tersebut sebelum membeli. Hal ini penting agar Anda dapat merasakan langsung bagaimana performa mobil tersebut saat dikemudikan dan juga memeriksa apakah ada suara-suara aneh atau masalah lainnya pada mobil.

  1. Gunakan Jasa Pengecekan Mobil

Jika Anda tidak terlalu ahli dalam memeriksa kondisi mobil, Anda dapat menggunakan jasa pengecekan mobil dari pihak ketiga seperti bengkel atau jasa pengecekan mobil. Dengan menggunakan jasa ini, Anda dapat memastikan kondisi mobil yang akan dibeli dan juga dapat mendapatkan saran mengenai harga yang pantas untuk mobil tersebut.

Baca Juga: Inilah Besaran Estimasi Biaya Inspeksi Mobil Bekas secara Menyeluruh

Penutup

Mobil Suzuki Grand Vitara bekas menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang mencari mobil SUV dengan harga terjangkau di rentang 80 jutaan.

Meskipun memiliki kekurangan, mobil ini tetap memiliki kelebihan yang cukup menarik, seperti kemampuan off-road yang handal dan harga yang terjangkau.

Namun, pastikan untuk memilih mobil Suzuki Grand Vitara bekas dengan kondisi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap kondisi mesin, transmisi, body mobil, interior, dan dokumen mobil sebelum membelinya.

Dengan melakukan tips-tips tersebut, Anda dapat memperoleh mobil Suzuki Grand Vitara bekas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!