📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Bahaya Isi Freon Mobil Terlalu Banyak

Bahaya Isi Freon Mobil Terlalu Banyak

Isi freon mobil terlalu banyak menjadi salah satu kegiatan yang masih sering sekali dilakukan oleh beberapa kalangan masyarakat. Tanpa disadari dengan melakukan hal tersebut bisa memberikan dampak negatif pada beberapa komponen mobil lainnya.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan juga jelas mengenai dampak negatif dari melakukan isi freon mobil terlalu banyak. Mari disimak!

Dampak Negatif Isi Freon Mobil Terlalu Banyak

Dampak Negatif Isi Freon Mobil Terlalu Banyak

Freon atau yang sering disebut dengan refrigerant merupakan salah satu komponen mobil paling penting di dalam menjaga sistem AC. Akan tetapi, untuk isi freon mobil terlalu banyak justru bisa menimbulkan kondisi fatal.

Ketika melakukan pengisian freon, Anda harus memperhatikan bagaimana tekanan sehingga membutuhkan bantuan dari teknisi khusus dalam bidangnya. Apabila melakukan isi freon mobil terlalu banyak ini bisa memberikan beberapa dampak negatif, yaitu:

  1. Terjadi Masalah pada Arus Listrik

Dampak negatif pada saat melakukan isi freon mobil terlalu banyak adalah terjadi masalah pada arus listrik.

Hal tersebut bisa terjadi, karena tekanan pada freon yang terlalu tinggi ini bisa memberikan dampak pada arus listrik dan mengarah pada magnet clutch. Selain itu, arus listrik pada mobil ini akan langsung otomatis terputus di saat pipa AC mengalami tekanan tinggi.

  1. Beban Mesin Menjadi Bertambah

Dengan melakukan isi freon mobil terlalu banyak menjadi beban mesin menjadi bertambah. Bagi para pengendara mobil bisa merasakan pada saat sedang menyalakan AC. Hal tersebut disebabkan oleh komponen kompresor atau sistem AC yang bekerja keras akibat dari tekanan terlalu tinggi.

  1. Suhu Tidak Dingin

Melakukan pengisian freon yang berlebihan ini justru tidak akan membuat AC mobil tidak dingin. Hal tersebut bisa terjadi, karena di saat freon keluar dari kondensor seharusnya sudah di dalam bentuk kabut.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Akan tetapi, dengan isi yang terlalu banyak membuat komponen refrigerant yang keluar dari kondensor justru masih berbentuk seperti gas. Sehingga, dengan hal tersebut membuat AC mobil tidak terasa dingin sama sekali.

  1. Kondensor Mudah Panas

Dampak negatif pada saat isi freon mobil terlalu banyak adalah kondensor mobil cepat mudah panas. Hal tersebut bisa terjadi, karena komponen mesin mempunyai kerja yang semakin berat. Apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja, lama kelamaan bisa menimbulkan kerusakan pada komponen kondensor dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kondensor AC Panas dan Cara Mengatasinya

  1. Peningkatan Tekanan Freon

isi freon mobil terlalu banyak dapat memberikan dampak buruk dan berakibat AC mobil tidak dingin. Seperti yang diketahui, terjadinya peningkatan tekanan freon pada sistem ini bisa memberikan dampak buruk.

Selain itu, tekanan yang terlalu tinggi ini bisa membuat kerusakan pada beberapa komponen dan sambungan. Apalagi, untuk komponen yang rawan terkena dampak tersebut adalah sambungan selang dan pipanya.

Hal yang satu ini juga sangat berbahaya, ketika pressure switch AC mobil tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Pressure switch sendiri akan melakukan deteksi pada setiap tekanan yang dibawa oleh komponen refrigerant.

Sehingga, ketika tekanan yang terlalu tinggi membuat komponen pressure switch menghentikan aliran arus listrik menuju magnetic clutch.

  1. Temperatur Freon Tinggi

Akibat dari isi freon mobil terlalu banyak adalah naiknya temperatur freon. Pada hal yang satu ini bisa mengakibatkan freon yang masuk ke dalam kondensor akan lebih panas dari biasanya.

AC mobil juga tidak dapat bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Jadi, mengisi freon yang terlalu banyak maupun berlebihan ini bisa memberikan dampak buruk untuk beberapa komponen sistem AC mobil.

Meski pada sistem AC mobil telah dipasang pressure switch. Akan tetapi, untuk proses mengontrol tekanan pada sistem AC mobil sangat berbahaya di saat mengisi freon terlalu banyak.

  1. Menyebabkan Terjadinya Arus Pendek Listrik

Melakukan isi freon mobil terlalu banyak ini bisa menimbulkan terjadinya pendek arus listrik atau sering disebut dengan korsleting.

Sebagaimana peralatan elektronik lainnya, semisal sampai mengalami pendek arus listrik ini bisa mengakibatkan komponen lainnya ikutan rusak.

Untuk dampak negatif yang lebih besar lagi adalah bisa menyebabkan kebakaran pada mobil tersebut. Jangan sampai hal yang tidak diinginkan ini terjadi, karena kondisi freon pada AC mobil ini melebihi standar.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Isi Freon Mobil Terlalu Banyak

Di luar semua akibat yang tidak menguntungkan tersebut. Akan ada baiknya, ketika di saat para teknisi AC sedang melakukan pengecekan pada sistem freon maka harus memperhatikan secara baik.

Lihat apakah alat yang dipergunakan untuk mengukur tekanan ini sudah sesuai. Untuk alat yang biasa dipergunakan untuk melakukan pengecekan tekanan adalah manifold dan tang. Dengan hanya menggunakan dua alat tersebut bisa memberikan hasil yang valid atau sesuai.

AC mempunyai fungsi untuk bisa mendinginkan udara yang ada di dalam ruangan kabin mobil. Sehingga, dipastikan untuk komponen AC ini bisa berjalan dengan semestinya atau sesuai fungsinya.

Bagi para pemula yang barusan saja mempunyai kendaraan roda 4 atau mobil akan merasa kesulitan di saat harus memberikan pada komponen AC. Maka dari itu, untuk langkah yang dapat diambil adalah meminta bantuan kepada pihak bengkel mobil.

Pemilihan bengkel mobil dengan spesialis AC ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan begitu saja. Paling tidak, untuk Anda harus memastikan bengkel yang akan dipilih sudah mempunyai reputasi yang baik.

Tidak kalah pentingnya lagi, Anda perlu memastikan bengkel mobil tersebut mempunyai mekanik yang ahli dalam bidangnya. Pastikan juga, untuk bengkel mobil yang Anda pilih ini bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum perbaikan berlangsung.

Ada satu bengkel mobil yang dapat dijadikan pilihan, yaitu Dokter Mobil. Bagi beberapa orang yang mempunyai tempat tinggal di kota-kota besar sudah pernah mendengar Dokter Mobil.

Dokter Mobil sendiri mempunyai banyak sekali cabang dan hampir tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, ada banyak juga pilihan layanan yang tersedia pada Dokter Mobil.

Dari pertama berdiri sampai dengan sekarang, untuk Dokter Mobil belum pernah yang namanya membuat konsumen merasa kecewa. Artinya, semua proses pengerjaan yang dilakukan oleh pihak Dokter Mobil mempunyai hasil akhir secara memuaskan.

Tidak hanya sampai situ saja, untuk Dokter Mobil ini memberikan masa garansi sampai dengan 2 Minggu lamanya. Dengan adanya masa garansi yang lumayan panjang ini membuat para konsumen menjadi merasa nyaman.

Tertarik coba layanan Dokter Mobil? Reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau klik di sini). Bisa reservasi di mana saja, Anda akan diarahkan menuju cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan service AC mobilnya tanpa harus khawatir menunggu dapatkan layanannya.

Jangan pernah Anda salah memilih bengkel mobil secara sembarangan. Memilih bengkel mobil secara sembarangan ini justru bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari. Bahkan, bisa saja merusak pada beberapa komponen yang lainnya. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memperhatikan beberapa hal yang sudah disebutkan diatas terlebih dahulu.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan juga jelas mengenai dampak negatif melakukan isi freon mobil terlalu banyak. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin mendapatkan udara sejuk di dalam kabin mobil dan membuat komponen AC menjadi awet tahan lama.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

ac mobil dingin sebelah

Ini 5 Penyebab AC Mobil Dingin Sebelah

Sistem AC (Air Conditioner) pada mobil adalah salah satu komponen yang paling penting untuk kenyamanan dalam berkendara, terutama saat cuaca panas. Namun, terkadang terjadi masalah

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/