📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Isi Ulang Freon AC Mobil Beda Merek, Apakah Bahaya?

Isi ulang freon AC mobil beda merek banyak dilakukan oleh para pengguna mobil, mengingat fungsinya yang dirasa sama untuk semua variannya. Tanpa disadari, dengan melakukan kegiatan tersebut bisa memberikan dampak buruk terhadap komponen mesin mobil yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan juga jelas mengenai akibat isi ulang freon AC mobil beda merek. Untuk mengetahui seberapa besar dampaknya terhadap kondisi AC mobil, simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Akibat Isi Ulang Freon AC Mobil Beda Merek

Akibat Isi Ulang Freon AC Mobil Beda Merek

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa melakukan isi ulang freon AC mobil dengan merk berbeda ini bisa memberikan dampak buruk. Untuk beberapa akibat yang didapatkan pada saat melakukan isi ulang freon AC mobil beda merek adalah:

  1. Sistem Akan Terlalu Panas atau Overheat

Hal pertama yang terjadi akibat dari isi ulang freon AC mobil beda merek adalah membuat sistem cepat mudah panas atau overheat. Ada beberapa jenis freon yang mempunyai suhu duduk berbeda atau tidak sama.

Selain itu, untuk freon ini tidak dapat bercampur seperti air dengan minyak yang tidak bisa menyatu. Maka dari itu, Anda harus mempunyai siklus temperatur yang berbeda pada setiap unit AC.

Kebingungan ini bisa membuat sistem mesin menjadi mudah overheat atau panas. Bahkan, bisa saja dengan kondisi tersebut bisa membuat kendaraan atau mobil menjadi mudah terbakar.

Satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pergantian sparepart. Pastikan juga, sparepart yang digunakan mempunyai kualitas baik dan tahan lama.

  1. AC Tidak Terasa Dingin Sama Sekali

Masalah lain pada saat melakukan isi ulang freon AC mobil beda merek adalah kabin mobil tidak terasa dingin sama sekali. Bahkan, tidak hanya temperatur yang terpengaruh saja. Akan tetapi, di saat Anda melakukan pencampuran dengan beberapa jenis refrigerant ini bisa memberikan tekanan pada sistem mobil. Dengan dua jenis tekanan yang berbeda tersebut bisa membuat sistem AC mobil menjadi tidak dingin sama sekali.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Baca Juga: 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

  1. Dapat Merusak Komponen Kompresor

Permasalahan terakhir pada saat melakukan isi ulang freon AC mobil beda merek adalah merusak komponen kompresor. Ketika freon sudah masuk ke komponen kompresor, kemudian mendapatkan tekanan yang berbeda maka dapat memberikan tekanan pada komponen koil.

Bahkan, dengan hal tersebut bisa membuat komponen coil ini mengalami kebakaran. Sebagai perumpamaan secara sederhana, Anda bisa membayangkan botol air dan botol tersebut sudah berisikan setengah air.

Artinya, untuk setengah botol tersebut kosong. Setelah itu, simpan di dalam freezer dan bagian botol yang ada airnya dapat mengembang. Hal tersebut sama bisa saja terjadi apabila ada perbedaan tekanan apabila Anda mencampur dua jenis freon AC yang berbeda.

Jenis Freon yang Aman Dipergunakan

Setelah mengerti akibat dari isi ulang freon AC mobil beda merek. Maka, untuk selanjutnya Anda juga harus mengerti apa saja jenis freon yang aman dipergunakan pada kendaraan atau mobil sebagai berikut:

  1. Freon R22

Untuk jenis freon yang pertama aman dipergunakan adalah Freon 22. Pada jenis satu ini mempunyai potensi menimbulkan pemanasan ozon mencapai dengan 0,05. Ketika dibandingkan dengan jenis lainnya yang hanya mempunyai nilai 0 dan berbeda sangat jauh.

Masih ada satu keunggulan pada saat menggunakan freon 22, yaitu tidak mudah terbakar. Akan tetapi, berdasarkan ketentuan Pemerintah Indonesia menggunakan freon R22 ini sudah tidak bisa digunakan sejak tahun 2015 lalu.

Jadi, untuk semua pabrik AC dilarang melakukan produksi maupun penjual freon R22. Bahkan, melakukan isi ulang freon AC mobil beda merek menggunakan R22 juga tidak disarankan.

  1. Freon R410A

Jenis freon kedua adalah R410A. Pada jenis freon AC yang satu ini biasanya dipergunakan pada inverter. Ketika dibandingkan dengan freon yang pertama, tentunya mempunyai perbedaan amat sangat jauh sekali.

Akan tetapi, untuk potensi menimbulkan pemanasan global bisa saja terjadi pada jenis freon yang satu ini. Maka, untuk freon R410A mempunyai nilai yang cukup tinggi dibandingkan lainnya.

Bahkan, pada merek yang satu ini juga tidak mudah terbakar. Bagi Anda yang ingin melakukan isi ulang freon AC mobil beda merek masih berada di zona yang aman dan tidak perlu cemas.

  1. Freon R32

Freon R32 merupakan cairan yang ditemukan oleh Daikin Jepang di tahun 2012 lalu. Pada jenis freon yang satu ini mulai dipergunakan setelah proses penemuan sudah berhasil atau di tahun 2013 lalu.

Salah satu kelebihan dari Freon R32 adalah sangat ramah lingkungan. Bukan itu saja, untuk kelebihan yang terdapat pada satu freon ini adalah mempunyai potensi menimbulkan pemanasan global yang juga lebih rendah dibandingkan dua jenis sebelumnya.

Pada jenis freon R32 ini termasuk cairan yang mudah sekali terbakar. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin melakukan isi ulang freon AC mobil beda merek dengan jenis tersebut harus berpikir-pikir kembali.

  1. Freon R290

Jenis freon yang paling akhir adalah R290. Bagi para pengguna mobil yang mencari freon dengan potensi pemanasan global yang paling rendah daripada semua jenis disebutkan diatas adalah R290 jawabannya.

Akan tetapi, untuk indeks dinginnya sangat rendah dan potensi terbakarnya juga cukup tinggi. Banyak dari perusahaan AC yang tidak menggunakan jenis freon tersebut. Sama hal nya, ketika Anda ingin melakukan isi ulang freon AC mobil beda merek harus berhati-hati.

Pada intinya, bagi Anda yang melakukan isi ulang freon AC mobil beda merek ini sangat berbahaya sekali. Potensi terjadinya kebakaran mobil dengan melakukan kegiatan tersebut juga akan tinggi.

Selain itu, pastikan pada saat melakukan isi ulang freon AC mobil ini dilakukan bengkel yang jujur, profesional dan amanah. Ada salah satu bengkel mobil yang mempunyai kategori tiga hal tersebut, yaitu Dokter Mobil.

Mungkin, untuk beberapa orang yang sudah berada di kota besar dan sudah lama di dalam dunia otomotif ini sudah tidak asing lagi dengan Dokter Mobil. Selain itu, Bengkel Dokter Mobil ini sudah mempunyai banyak cabang di beberapa daerah Negara Indonesia.

Dokter Mobil mempunyai banyak sekali macam-macam jenis layanan perbaikan mulai dari komponen mesin sampai dengan AC mobil. Semua proses pengerjaan yang dilakukan oleh Bengkel Dokter Mobil ini sudah dilakukan dengan orang ahli dalam bidangnya.

Tidak hanya sampai disitu saja, untuk semua pengerjaan yang dilakukan oleh Bengkel Dokter Mobil ini mempunyai masa garansi. Sehingga, di saat terjadi hal buruk pada beberapa hari kemudian bisa langsung di klaimkan masa garansi dan tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Sedangkan, untuk masalah harga Dokter Mobil mengikuti jenis perbaikan yang dilakukan. Akan tetapi, dibandingkan dengan bengkel mobil lainnya untuk Bengkel Dokter Mobil tetap menjadi andalan utama.

Tertarik coba layanan Dokter Mobil? Reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau klik di sini). Bisa reservasi di mana saja, Anda akan diarahkan menuju cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan service AC mobilnya tanpa harus khawatir menunggu dapatkan layanannya.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai akibat dari melakukan isi ulang freon AC mobil dengan berbeda-beda merek. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi tambahan bagi para pemilik mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4536

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya