📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Komponen Penyebab Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

mobil bisa distarter tapi tidak nyala

Temukan penyebab mobil bisa distarter tapi tidak nyala beserta solusi dan tips terbaik untuk mengatasinya. Dapatkan informasi lengkap di DokterMobil untuk memperbaiki masalah tersebut dengan efektif.

Intisari Artikel

Mengapa Mobil Bisa Distarter Namun Tidak Nyala?

Apakah Anda mengalami masalah ketika mobil Anda bisa distarter tapi tidak mau menyala? Hal ini bisa menjadi masalah yang membingungkan dan menimbulkan frustrasi.

Di artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab umumnya dan memberikan solusi serta tips terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

  1. Masalah pada Sistem Pengapian: Salah satu penyebab umumnya adalah masalah pada sistem pengapian, seperti busi yang rusak atau kabel pengapian yang longgar atau aus.
  2. Masalah pada Sistem Bahan Bakar: Masalah pada sistem bahan bakar, seperti pompa bahan bakar yang rusak atau filter bahan bakar yang tersumbat, juga bisa menyebabkan mobil tidak mau menyala meskipun bisa distarter.
  3. Aki Lemah atau Rusak: Aki yang lemah atau rusak bisa menjadi penyebab mobil tidak mau menyala meskipun bisa distarter. Pastikan aki Anda dalam kondisi baik dan coba lakukan penggantian jika diperlukan.

Solusi dan Tips Mengatasi Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

  1. Periksa Sistem Pengapian: Periksa kondisi busi, kabel pengapian, dan distributor untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik. Bersihkan atau ganti komponen yang rusak atau aus.
  2. Periksa Sistem Bahan Bakar: Periksa pompa bahan bakar, filter bahan bakar, dan injektor untuk memastikan tidak ada masalah. Bersihkan atau ganti komponen yang perlu diganti.
  3. Periksa Aki: Periksa kondisi dan tegangan aki Anda. Pastikan aki dalam kondisi baik dan memiliki tegangan yang cukup untuk menyalakan mesin. Lakukan penggantian jika diperlukan.

Kesimpulan

Mobil yang bisa distarter tapi tidak mau menyala bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk masalah pada sistem pengapian, sistem bahan bakar, atau aki yang lemah.

Dengan memahami penyebabnya dan mengikuti solusi serta tips yang disebutkan di atas, Anda dapat memperbaiki masalah tersebut dengan efektif dan memastikan mobil Anda kembali berjalan dengan baik.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Detail Artikel

Apakah Anda pernah mengalami kondisi mobil bisa distarter tapi tidak nyala? Cobalah tenang, kondisi itu umum terjadi dan bisa diatasi.

Satu hal yang penting, Anda tidak panik dan mampu menganalisa komponen-komponen mobil Anda sendiri.

Karena itu, Anda perlu mengetahui komponen mana saja yang mengakibatkan kondisi mobil jadi demikian.

Mengatasi kondisi mobil bisa distarter tapi tidak nyala memang cukup membuat pusing. Apalagi jika semua komponen terkesan normal.

Oleh sebab itu, tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah mencari sumber masalah.

Komponen Penyebab Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

Ketika mobil anda tidak bisa dihidupkan atau distarter, jangan panik!

Karena hal ini merupakan tanda bahwa ada beberapa komponen dalam mobil anda yang rusak atau bermasalah dan itu harus diganti atau setidaknya diperbaiki. Komponen berikut memang merupakan alasan

Ada beberapa komponen yang jadi masalah utama saat kondisi mobil bisa distarter tapi tidak nyala. Berikut daftar komponen penanggung jawabnya dan solusi untuk mengatasinya.

  1. Aki Mobil

Aki adalah komponen pertama yang sebaiknya Anda cek saat mobil bermasalah. Alasannya sederhana, karena aki adalah faktor utama sistem kelistrikan mobil Anda.

Tegangan aki bisa bermasalah karena daya yang dimiliki sudah lemah. Jika sudah begitu maka kemampuan aki untuk menghidupkan mesin mobil ikut melemah juga.

Lakukan pengecekan dan perawatan aki secara rutin. Bila aki baik-baik saja tapi mesin mobil masih tidak normal, Anda wajib melanjutkan ke komponen lainnya.

  1. Koil dan busi

Dua komponen ini sebaiknya diperiksa setelah pemeriksaan aki.

Fungsi koil adalah untuk menaikkan tegangan listrik untuk ke aki. Bila fungsi ini terganggu, maka akibatnya adalah penurunan voltase listrik yang diterima busi.

Bila listrik yang diterima busi lemah, makan pijaran api yang dihasilkan busi juga ikut lemah.

Fungsi busi adalah untuk menghasilkan pijaran api bagi ruang bakar mesin mobil Anda. Bila busi mengalami gangguan, maka pijaran api tidak bisa dihasilkan. Artinya ruang bakar tidak bisa melakukan kerja yang semestinya.

Cek kedua kompone tadi dengan baik. Sebab, biasanya, pengguna kendaraan sering mengabaikan perawatan koil dan busi. Kebiasaan pengguna yang sering dijumpai hanya cenderung fokus pada perawatan aki saja.

  1. Sekring

Sekring adalah komponen kecil tapi vital bagi mobil Anda. Bila mobil bisa distarter tapi tidak hidup, sebaiknya Anda juga mengecek komponen ini.

Tidak perlu ke bengkel untuk mengecek sekring mobil Anda. Kemungkinan besar yang perlu Anda lakukan adalah mengganti sekring dengan yang baru.

Tapi bila analisis Anda mengatakan kondisi sekring mobil parah, Anda bisa menghubungi bengkel kepercayaan Anda untuk mendapatkan rekomendasi profesional.

Baca Juga : Suara Tek Tek Pada Mesin Mobil

  1. Karburator

Karburator adalah komponen penanggung jawab utama di ruang pembakaran mesin. Apabila komponen utama bermasasalah, maka sistem pembakaran juga ikut terganggu.

Karburator berfungsi untuk membakar bahan bakar dan dan udara. Bila krburator terganggu, rasio bahan bakar dan udara yang dibakar juga ikut terganggu. Sistem pembakaran juga ikut bermasalah.

Bila sudah begitu, sebaiknya yang Anda lakukan adalah mengecek dan membersihkan karburator. Apabila Anda ragu membersihkan karburator, serahkan permasalahan ini kepada bengkel kepercayaan Anda.

  1. Dinamo starter

Komponen lain yang ikut berperan membuat mobil bisa distarter tapi tidak nyala adalah dinamo starter.

Fungsi komponen ini adalah untuk menjalankan gerak roda gila yang ada di dapur pacu. Apabila fungsi dinamo starter bermasalah, roda gila juga ikut bermasalah.

Karena itu, Anda perlu ke bengkel untuk melakukan pengecekan dan perawatan dinamo starter. Atau Anda bisa merujuk ke spesialis dinamo untuk memperbaiki komponen ini.

Itulah lima komponen yang wajib Anda cek apabila menghadapi kondisi mobil bisa distarter tapi tidak nyala.

Bila kelima komponen itu sudah Anda cek dan bersihkan tapi kondisi mobil tidak berubah, ada baiknya Anda menghubungi bengkel.

Sebab ada kemungkinan mobil Anda mengalami kerusakan di beberapa komponen lain.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form