💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penting untuk Diketahui, Ini Cara Isi Ulang Freon Mobil

Penting untuk Diketahui, Ini Cara Isi Ulang Freon Mobil

Isi ulang freon mobil kini menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh para pemilik mobil. Pada saat ingin melakukan isi ulang freon mobil ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan banyak dari para pemilik kendaraan yang belum banyak paham dengan caranya.

Maka dari itu, untuk kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap dan juga jelas mengenai isi ulang freon mobil. Sedangkan, bagi para pemilik kendaraan khususnya roda 4 bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Persiapan dan Cara Isi Ulang Freon Mobil

Persiapan dan Cara Isi Ulang Freon Mobil

Ketika akan melakukan isi ulang freon mobil tidak hanya mempersiapkan alat dan bahan saja. Akan tetapi, Anda juga harus menerapkan cara isi ulang freon mobil dengan benar dan sesuai. Untuk beberapa langkah atau step yang harus dilakukan adalah:

  1. Mengosongkan Sistem AC Mobil

Cara pertama yang harus dilakukan pada saat isi ulang freon mobil adalah mengosongkan sistem AC terlebih dahulu. Satu hal perlu diketahui, pada saat freon lama dengan kondisi belum kosong dan langsung melakukan ini bisa menimbulkan masalah pada kinerja AC mobil.

Maka dari itu, ketika freon masih ada sisa sebaiknya harus benar-benar mengosongkan terlebih dahulu. Selain itu, sebelum proses pengosongan Anda harus mengetahui berapa besaran tekanan pada komponen freon tersebut.

Alat untuk mengukur tekanan freon sering disebut dengan manifold gauge. Setelah mengetahui tekanan, Anda bisa langsung melakukan pengosongan freon sampai dengan benar-benar habis.

Cara yang dilakukan untuk membuang freon adalah dengan menutup katup alat pemeriksa pada tekanan freon atau manifold gauge dengan menggunakan selang sesuai angka tekanan sebelumnya. Setelah itu, tunggu sampai dengan beberapa saat untuk memastikan bahwa freon AC sudah tidak ada isinya lagi.

Untuk cara mengetahui freon AC mobil habis, yaitu dengan cara mengecek suara desisan kran yang sudah dibuka. Ketika suara desisan sudah menghilang, maka dapat dipastikan komponen freon AC sudah habis total dan sudah siap untuk dilakukan isi ulang freon mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Vakum Sistem AC Mobil

Setelah memastikan, bahwa komponen freon AC sudah kosong dan tidak tersisa lagi. Maka, untuk langkah atau cara isi ulang freon mobil selanjutnya adalah melakukan vakum pada sistem AC mobil.

Melakukan vakum pada sistem AC ini dilakukan untuk memastikan, menghilangkan atau menghisap sisa-sisa uap air yang mungkin masih terjebak didalam sistem AC mobil. Apabila terdapat sisa-sisa uap air dan tidak dihilangkan bisa mempercepat proses pembekuan freon pada sistem AC.

Bahkan, dengan hal tersebut bisa mengakibatkan munculnya gumpalan es dan merusak sistem pendingin mobil. Vakum sistem AC ini dilakukan dengan menggunakan manifold gauge atau manometer dengan tekanan.

Untuk proses tersebut membutuhkan waktu sampai dengan 15 menit atau sampai dengan indikator manifold gauge menunjukkan di angka 758,4 mmHg atau 20 psi. Pada angka tersebut membuat tekanan uap air yang masih terjebak didalam sistem AC mobil ini akan keluar dengan sempurna.

  1. Melakukan Pelumasan pada Kompresor AC

Persiapan yang paling akhir sebelum melakukan isi ulang freon mobil adalah melakukan pelumasan pada komponen kompresor AC. Pada hal yang satu ini sangat penting sekali dilakukan sebelum proses pengisian freon AC berlangsung.

Selain itu, pada langkah yang satu ini dipergunakan untuk mengurangi resiko kerusakan pada komponen kompresor AC mobil. Cara yang dapat dilakukan adalah menuangkan oli pelumas sebanyak 5-10 cc ke dalam kompresor AC mobil dengan menggunakan gelas ukur.

Selanjutnya, hubungkan selang manifold gauge yang masih tersambung dengan vakum ke dalam gelas ukur. Sembari melakukan hal tersebut, Anda bisa membuka kran dengan tekanan rendah sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk menutup kran tekanan rendah, ketika oli pelumas sudah berhasil masuk ke dalam kompresor AC mobil.

Baca Juga: Pentingnya Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda

  1. Melakukan Isi Ulang Freon Mobil pada Saluran Tekanan Rendah

Cara mengisi isi ulang, pastikan mobil berada di tekanan yang paling rendah. Sedangkan, untuk beberapa langkah maupun tahapan yang dapat dilakukan pada cara satu ini adalah:

  • Pertama, Anda harus menghidupkan terlebih dahulu mesin mobil pada putaran 2000 sampai dengan 3000 rpm.
  • Hidupkan juga AC mobil dengan temperatur yang maksimal.
  • Lakukan pengisian freon pada saluran hisap atau suction (S/L) yang ada di bagian kompresor AC mobil.
  • Pasangkan manifold gauge dan lalu buka kran tabung freon dan tutup kran secara rapat-rapat.
  • Buka kran dengan tekanan yang paling rendah secara perlahan-lahan supaya freon yang masuk ke dalam saluran kompresor AC berupa gas.
  • Perlu diperhatikan, jangan sampai tabung freon ini terbalik. Terbaliknya tabung freon ini bisa menyebabkan komponen yang masuk ke dalam kompresor menjadi cepat rusak.
  • Perhatikan besaran tekanan freon AC. Anda harus memastikan, bahwa pada indikator tekan rendah manifold gauge menunjukan angka kisaran 1,5 – 2 bar (21-29 psi). Sedangkan, indikator pada tekanan tinggi menunjukkan angka 14,5 – 15 bar (200 – 213 psi). Artinya, untuk kompresor AC mobil tersebut sudah terisi penuh oleh freon.
  • Setelah melakukan isi ulang freon mobil pada tekanan rendah sudah selesai. Anda harus memastikan, bahwa tidak ada kebocoran yang terjadi pada saluran AC dengan menggunakan alat berupa AC Leak Detector.
  • Proses isi ulang sudah selesai dan mobil bisa dipergunakan.
  1. Melakukan Isi Ulang Freon Mobil Pada Saluran Tekanan Tinggi

Bagi Anda yang barusan saja belajar atau pemula sangat disarankan untuk menggunakan cara satu ini. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan pada saat ingin melakukan isi ulang freon mobil, yaitu:

  • Pertama, naikkan terlebih dahulu tekanan pada freon dengan cara memasangkan alat pengisian khusus pada charging station.
  • Pastikan, bahwa kondisi mesin mobil dan AC berada di kondisi off.
  • Pastikan alat manifold gauge sudah terpasang dengan rkan tekanan rendah ditutup dan kran tekanan tinggi dibuka.
  • Untuk bisa mengisi freon ke dalam sistem kompresor AC dalam bentuk cair. Anda bisa membalik tabung freon terlebih dahulu.
  • Tunggu beberapa saat sampai dengan benar-benar selesai.

Mungkin, untuk para pemula akan merasa kebingungan di saat harus melakukan isi ulang individu. Maka dari itu, langkah atau cara yang dapat diambil adalah menggunakan jasa layanan bengkel AC mobil.

Untuk memilih bengkel AC mobil Anda tidak boleh dilakukan asal dan mudah percaya begitu saja. Ada salah satu bengkel mobil yang dapat Anda pilih dan gunakan, yaitu Bengkel Dokter Mobil.

Ada banyak sekali macam-macam jenis layanan di Bengkel Dokter Mobil dapat dipilih dan dipergunakan. Bahkan, untuk mekanik yang ada di Bengkel Dokter Mobil ini sudah ahli di dalam bidangnya masing-masing. Sehingga, untuk kualitas pengerjaan yang dilakukan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tertarik coba layanan Dokter Mobil? Reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau klik di sini). Bisa reservasi di mana saja, Anda akan diarahkan menuju cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan service AC mobilnya tanpa harus khawatir menunggu dapatkan layanannya.

Itulah penjelasan secara lengkap mengenai persiapan dan cara untuk melakukan isi ulang freon mobil. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin memberikan perawatan kendaraan dan isi ulang pada komponen freon.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5468

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya