📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mengenal Berbagai Komponen Kompresor AC Mobil

Mengenal Berbagai Komponen Kompresor AC Mobil

Sebagai komponen AC mobil paling esensial, tentu sangat penting bagi Anda memahami seperti apa komponen kompresor AC mobil ini.

Kompresor AC mobil bertanggung jawab untuk mengompres gas refrigeran dan menjadikannya cair, memungkinkan pendinginan udara dalam kabin.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang komponen-komponen dalam kompresor AC mobil, mulai dari jenis hingga perawatannya.

Jenis-jenis Kompresor AC Mobil

Dalam dunia otomotif, terdapat beberapa jenis kompresor AC mobil yang umum digunakan:

  1. Kompresor Piston

Kompresor piston, atau yang juga dikenal sebagai kompresor reciprocating, merupakan jenis yang paling umum digunakan pada mobil-mobil konvensional.

Kompresor ini bekerja dengan prinsip piston naik-turun untuk mengompres gas refrigerant. Meskipun efisien dalam hal performa pendinginan, mereka cenderung lebih berisik dibandingkan jenis kompresor lainnya.

  1. Kompresor Scroll

Kompresor scroll memiliki desain yang lebih modern dan kompleks. Mereka terdiri dari dua spiral atau lapisan yang berputar satu sama lain.

Proses kompresi terjadi secara bertahap di antara spiral-spiral ini. Keuntungan utama dari kompresor scroll adalah efisiensi energi yang lebih tinggi dan tingkat kebisingan yang lebih rendah.

  1. Kompresor Rotary

Kompresor rotary, juga dikenal sebagai kompresor roda gila, menggunakan roda berputar untuk mengompres gas refrigeran.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jenis kompresor ini memiliki keunggulan dalam desain yang lebih sederhana, lebih sedikit bagian bergerak, dan menghasilkan getaran yang lebih rendah. Kompresor rotary juga cenderung memiliki umur pakai yang lebih panjang.

Daftar Komponen Kompresor AC Mobil

Sebuah kompresor AC mobil terdiri dari beberapa komponen penting yang saling berinteraksi untuk menghasilkan udara dingin. Beberapa komponen kompresor AC mobil yang paling utama, meliputi:

  1. Kopling Elektromagnetik

Kopling ini berfungsi sebagai penghubung antara mesin mobil dengan kompresor sebagai komponen kompresor AC mobil.

Ketika AC dinyalakan, kopling akan menghubungkan poros mesin dengan poros kompresor, memungkinkan kompresor untuk beroperasi. Saat AC dimatikan, kopling akan memutus hubungan ini.

  1. Poros Kompresor

Sebagai komponen kompresor AC mobil, poros kompresor adalah penghubung antara kopling elektromagnetik dan kompresor itu sendiri.

Poros ini mengirimkan daya mekanis dari mesin untuk menggerakkan kompresor dalam mengompres gas refrigeran.

  1. Piston atau Spiral

Bergantung pada jenis kompresor untuk komponen kompresor AC mobil nya, piston atau spiral adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengompres gas freon.

Kompresor piston menggunakan gerakan naik-turun piston, sementara kompresor scroll menggunakan spiral yang berputar.

  1. Katup Hisap dan Dorong

Katup hisap mengatur aliran gas refrigeran masuk ke dalam kompresor saat piston bergerak turun. Sementara itu, katup dorong mengatur aliran gas keluar saat piston bergerak naik dan mengompres gas freon.

  1. Motor Listrik

Beberapa model kompresor menggunakan komponen kompresor AC mobil motor listrik tambahan untuk membantu menggerakkan kompresor.

Motor ini dapat membantu dalam situasi di mana putaran mesin mobil tidak mencukupi.

  1. Pengatur Tekanan

Komponen kompresor AC mobil ini mengontrol tekanan dalam sistem AC dan memastikan gas refrigeran mengalir dengan lancar sesuai dengan kebutuhan.

Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Cara kerja kompresor AC mobil melibatkan beberapa tahapan penting yang terjadi secara berurutan. Prosesnya dapat dijelaskan dalam beberapa langkah sederhana:

  1. Penghisapan

Pada tahap awal, kompresor menghisap gas freon yang berada dalam wujud rendah tekanan dan suhu. Gas ini masuk ke dalam kompresor melalui komponen kompresor AC mobil katup hisap.

  1. Pemampatan

Setelah gas freon masuk ke dalam kompresor, piston atau spiral di dalamnya mulai bergerak. Gerakan ini mengompres gas tersebut menjadi wujud yang lebih padat, meningkatkan tekanan dan suhu gas.

  1. Pemadatan dan Pendinginan

Setelah dikompres, gas freon yang padat dan panas bergerak melalui kondensor. Di kondensor, gas tersebut melepaskan panasnya sehingga berubah menjadi cairan yang dingin.

  1. Penguapan

Cairan dingin ini kemudian melewati katup ekspansi, yang mengurangi tekanan tiba-tiba. Hal ini menyebabkan cairan refrigeran menguap, sambil menyerap panas dari udara sekitarnya.

  1. Penghisapan Kembali

Gas yang sudah menguap kembali ke dalam kompresor untuk memulai siklus baru. Proses ini terus berulang selama AC dinyalakan.

Ciri-ciri Kerusakan Kompresor AC Mobil

Mengenali ciri-ciri kerusakan pada kompresor AC mobil sangat penting untuk mencegah kerusakan yang lebih serius. Beberapa ciri kerusakan yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Bunyi Berisik

Jika Anda mendengar suara berisik, berderak, atau gemuruh saat AC dinyalakan, hal ini bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada komponen kompresor AC mobil.

Bunyi-bunyi ini mungkin disebabkan oleh masalah pada komponen internal kompresor.

  1. Pendinginan Tidak Efektif

Jika AC tidak mampu mendinginkan udara sebaik biasanya, kemungkinan ada masalah pada kompresor. Penurunan kinerja pendinginan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kerusakan pada kompresor.

Baca Juga: 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

  1. Getaran Berlebihan

Jika Anda merasakan getaran yang tidak biasa saat AC berjalan, ini bisa menjadi tanda masalah pada kompresor. Getaran berlebihan bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan internal dalam kompresor.

  1. Bau Aneh

Jika Anda mencium bau tidak biasa saat AC dinyalakan, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem AC. Bau aneh bisa berasal dari gas freon yang bocor atau masalah lain dalam sistem.

  1. Pelumasan Berlebihan atau Kurang

Tingkat pelumasan yang tidak sesuai pada kompresor juga bisa menyebabkan masalah. Pelumasan yang berlebihan atau kurang dapat mempengaruhi kinerja dan umur pakai komponen kompresor AC mobil.

Tips Perawatan Kompresor AC Mobil

Agar kompresor AC mobil tetap berfungsi optimal dan tahan lama, perawatan yang baik sangat penting:

  1. Pemeriksaan Rutin

Lakukan pemeriksaan rutin pada sistem AC, termasuk kompresor, untuk mendeteksi masalah lebih awal. Pemeriksaan secara berkala dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih serius.

  1. Gunakan AC Secara Teratur

Meskipun terkadang Anda mungkin ingin menghemat bahan bakar dengan tidak menggunakan AC, sebaiknya hidupkan AC secara berkala.

Ini membantu menjaga kompresor tetap berfungsi dengan baik karena komponen internalnya tetap terpelumas.

  1. Pastikan Kondensor Bersih

Bersihkan kondensor secara berkala dari kotoran, debu, dan serangga yang menempel. Kondensor yang bersih memastikan bahwa panas dapat disingkirkan dengan efektif, sehingga kinerja pendinginan tetap optimal.

  1. Isi Kembali Freon dengan Benar

Jika AC mengalami penurunan kinerja atau tidak mampu mendinginkan seperti biasa, sebaiknya periksakan ke bengkel untuk mengisi ulang refrigeran dengan benar.

Freon yang cukup penting untuk menjaga kinerja kompresor dan pendinginan yang baik.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

gambar mobil derek tarik sedang menarik mobil mogok

Mobil Derek Tarik

Mobil derek tarik adalah solusi penting untuk kendaraan mogok, kecelakaan, pemindahan kendaraan yang salah parkir, dan mengangkut kendaraan rusak. Jenis-jenis derek tarik meliputi hook &

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form