📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Penyebab Bunyi Berisik saat AC Mobil Dinyalakan

Penyebab Bunyi Berisik saat AC Mobil Dinyalakan

Siapa yang tidak merasa terganggu dengan bunyi berisik saat Ac mobil dinyalakan? Muncul bunyi berisik saat AC mobil dinyalakan bisa jadi merupakan indikasi bahwa ada masalah pada sistem pendingin mobil.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kerusakan pada kipas blower hingga kebocoran freon.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda sebagai pengemudi untuk mengetahui penyebab bunyi bising pada AC mobil dan bagaimana cara mengatasinya agar dapat menikmati kenyamanan berkendara dengan AC mobil yang sehat.

Yuk, simak artikel berikut ini!

Penyebab Bunyi Berisik saat AC Mobil Dinyalakan

Bunyi berisik saat Ac mobil dinyalakan bisa sangat mengganggu dan menimbulkan kekhawatiran bagi pengemudi.

Namun, jangan khawatir terlalu banyak karena sebagian besar penyebab bising pada AC mobil cukup umum dan mudah diperbaiki.

Berikut adalah beberapa penyebab umum AC mobil bunyi saat dihidupkan:

  1. Kipas Blower yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Kipas blower adalah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin dari sistem AC ke dalam kabin mobil.

Jika kipas blower tidak berfungsi dengan baik, maka muncul bunyi berisik saat Ac mobil dinyalakan.

Hal ini disebabkan karena kipas blower yang rusak atau aus dapat menyebabkan hambatan aliran udara, sehingga sistem AC harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin yang cukup.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Beberapa penyebab kerusakan pada kipas blower antara lain adalah motor blower yang aus atau rusak, saklar kipas yang rusak, atau kipas blower yang tersumbat oleh kotoran atau serangga.

  1. Kompresor AC yang Aus

Kompresor AC adalah komponen yang berfungsi untuk menekan gas pendingin ke dalam kondensor dan mengubahnya menjadi cairan dingin.

Jika kompresor aus atau tidak berfungsi dengan baik, maka muncul bunyi berisik saat Ac mobil dinyalakan dan mungkin tidak menghasilkan udara dingin yang cukup.

Beberapa penyebab kerusakan pada kompresor AC antara lain adalah bearing dan piston yang aus atau rusak, atau terdapat kebocoran pada sistem pendingin yang menyebabkan tekanan freon tidak mencukupi.

Selain bunyi bising, kerusakan pada kompresor AC juga dapat menyebabkan getaran pada sistem AC dan memicu kerusakan pada komponen lain seperti kondensor atau evaporator.

  1. Kondensor AC yang Kotor

Kondensor AC adalah komponen yang berfungsi untuk mendinginkan gas panas yang dihasilkan oleh kompresor AC.

Jika kondensor kotor, maka udara dingin dari AC akan menjadi lebih lemah dan muncul bunyi berisik saat Ac mobil dinyalakan.

Hal ini disebabkan karena kotoran, serangga, dan kotoran lain yang menempel di atas kondensor dapat memblokir aliran udara, sehingga sistem AC harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin yang cukup.

Kondensor yang kotor juga dapat memicu terbentuknya karat dan korosi pada kondensor, yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti kompresor AC dan evaporator.

Untuk mencegah kerusakan pada kondensor, sebaiknya kondensor dibersihkan secara teratur dan tidak terkena debu atau kotoran saat mobil diparkir.

  1. Filter Udara AC yang Kotor

Filter udara AC adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam sistem AC.

Jika filter udara AC kotor atau tersumbat, maka aliran udara akan menjadi lebih lemah dan muncul bunyi berisik saat Ac mobil dinyalakan.

Selain itu, filter udara yang kotor dapat memicu tumbuhnya bakteri dan jamur, yang dapat menghasilkan bau yang tidak sedap dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Beberapa penyebab filter udara AC kotor antara lain adalah kurangnya perawatan atau penggantian filter, lingkungan yang berdebu atau terdapat serangga yang masuk ke dalam filter, atau terdapat kebocoran pada sistem pendingin yang menyebabkan masuknya udara kotor ke dalam sistem.

Untuk mengatasi masalah filter udara AC yang kotor, sebaiknya filter udara AC diganti secara teratur setiap 6 bulan atau 10.000 km.

Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan filter udara AC secara berkala jika mobil sering digunakan dalam kondisi yang berdebu atau terdapat serangga di sekitarnya.

  1. Freon yang Kurang

Freon adalah zat pendingin yang digunakan dalam sistem AC mobil. Jika freon kurang, maka sistem AC akan bekerja lebih keras dan muncul bunyi berisik saat AC mobil dinyalakan.

Selain itu, freon yang kurang juga dapat menyebabkan suhu udara yang dihasilkan oleh AC menjadi tidak cukup dingin.

Beberapa penyebab kurangnya freon dalam sistem AC antara lain adalah kebocoran pada sistem pendingin, penggunaan freon yang salah atau kurang, atau kegagalan dalam proses pengisian freon.

Jika ada kebocoran pada sistem pendingin, sebaiknya segera periksa dan perbaiki kebocoran tersebut agar freon tidak terus terbuang.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan freon yang sesuai dengan jenis dan kapasitas sistem AC mobil, dan lakukan pengisian freon secara teratur jika diperlukan.

Baca Juga: 5 Ciri AC Mobil Kurang Freon

Penutup

Dalam menghadapi masalah bunyi berisik saat AC mobil dinyalakan, sebaiknya segera periksa dan perbaiki kerusakan pada komponen yang menyebabkan masalah tersebut.

Meskipun sebagian besar penyebab bunyi berisik saat AC mobil dinyalakan cukup umum dan mudah diperbaiki, namun sebaiknya tetap konsultasikan masalah Anda pada mekanik atau teknisi yang ahli dalam bidang ini.

Selain itu, lakukan juga perawatan dan pemeriksaan rutin pada sistem AC mobil Anda agar dapat terus berfungsi dengan baik dan menghasilkan udara dingin yang nyaman.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form