📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Jangan Diabaikan! Inilah Dampak Telat Ganti Oli Mobil

dampak telat ganti oli mobil

Dampak telat ganti oli mobil bisa menjadi salah satu faktor yang akan merusak komponen komponen mesin yang ada di dalam mobil dan jika hal ini terus dibiarkan maka akan membuat performa mobil kesayangan Anda akan menurun. Oleh karena itu, melakukan pergantian oli mobil merupakan hal yang perlu dan sebaiknya dilakukan karena jika Anda tidak melakukan pergantian oli secara rutin maka dampak telat ganti oli mobil ini bisa Anda rasakan di mana kondisi mobil tidak akan kembali prima lagi.

Meskipun mobil Anda jarang digunakan sekalipun, hal ini bukan berati Anda bisa menunda pergantian oli kendaraan atau parahnya tidak mengganti oli kendaraan sama sekali karena merasa mobil lebih sering diam di rumah. Melakukan pergantian mesin mobil ini sendiri memiliki tujuan agar komponen komponen yang ada di dalam kendaraan bisa tetap bekerja secara baik dan optimal. Untuk masa pakai dari oli mobil ink tidak hanya dilihat dari jarak tempuh yang sudah dilalui saja karena memang jika oli kendaraan tidak segera diganti dalan waktu tertentu akan memberikan dampak telat ganti oli yang mana hal tersebut akan sangat berbahaya bagi mesin mobil Anda.

Dampak telat ganti oli paling nyata adalah membuat mesin pada kendaraan kesayangan Anda menjadi lebih cepat panas, mesin dalam mobil yang kotor hingga berkarat tentunya dampak telat ganti oli ini akan sangat berbahaya untuk mesin mobil Anda. Tetapi tudak hanya itu saja karena faktanya tudak rutin mengganti oli juga bisa berakibat fatal.

Dampak Telat Ganti Oli Mobil yang Harus Diketahui Pengguna Mobil

dampak telat ganti oli mobil

Pada dasarnya jika Anda ingin mengganti oli mobil sebenarnya tidak hanya berpatokan pada kilometernya saja. Untuk mobil yang jarang digunakan, apakah oli pada mobil tersebut bisa bertahan lebih lama? Jawabannya adalah tidak.

Kualitas oli mesin pada kendaraan yang sudah tidak pernah digunakan sampai dengan masa pemakaian tiga bulan juga akan mengalami penurunan. Oli yang semula berwarna bening akan berubah menjadi kehitaman. Oleh karena itu, sebenarnya jika mobil Anda tidak pernah digunakan sekalipun dan hanya Anda diamkan di rumah saja serta kilometer mobil tidak bertambah tetap akan membuat oli mobil menjadi rusak.

Selain itu, pemilik yang telat mengganti oli mobil juga pasti akan mengalami dampak telat ganti oli mobil dan tentu saja dampak telat ganti oli mobil pada mobil pun juga akan memberikan efek yang sangat merugikan pada mobil kesayangan Anda karena dampak telat ganti oli mobil ini pun bisa berakibat fatal di mana bisa merusak mesin mobil yang akan membuat Anda bisa mengeluarkan dana lebih banyak jika hal tersebut sampai terjadi.

Berikut adalah beberapa efek dari dampak telat ganti oli mobil yang sebaiknya harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Membuat Mesin Mobil Tidak Lagi Bertenaga

Dampak telat ganti oli mobil yang pertama adalah akan membuat mesin mobil tidak bertenaga. Hal tersebut karena oli mesin mobil tidak mengalami pergantian sehingga akan menyebabkan performa dari mobil kesayangan Anda yang semula terasa lebih ringan ketika digunakan untuk berkendara kini tela berubah menjadi lebih berat.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Mengeluarkan Suara Yang Cukup Mengganggu

Dampak lainnya yang juga bisa Anda rasakan adalah mesin kendaraan akan mengeluarkan suara suara yang cukup menganggu dan suara tersebut sebenarnya muncul pada bagian mesin. Bisa dikatakan jika hal ini sampai terjadi merupakan tanda dari dampak tidak ganti oli mobil yang parah.

Munculnya suara tersebut terjadi karena adanya gesekan antara komponen komponen mesin mobil yang tidak terlumasi dengan oli mesin dengan baik karena oli mobil yang sudah kotor. Tidak hanya itu, oli mobil yang sudah kotor juga bisa menyumbat, di mana komponen tersebut merupakan saluran dari oli kendaraan.

Oleh karena itu, ketika Anda sudah merasakan tanda tanda ini maka harus segera mengganti oli mesin mobil karena jika Anda masih menundanya akan berakibat kerusakan yang semakin parah pada komponen komponen mobil di mana terjadi gesekan terlalu kuat dari komponen mesin pada mobil.

Biasanya dampak telat ganti oli mobil ini akan langsung muncul setelah satu hingga dua bulan kendaraan Anda tidak ganti oli.

  • Membuat Bahan Bakar Kendaraan Lebih Boros

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelumas komponen mesin pada mobil, sebenarnya oli mobil juga memiliki fungsi lain yaitu bisa menyerap panas. Oleh karena itu, oli mobil yang kotor akan membuat tarikan pada mesin mobil akan terasa lebih berat di mana hal tersebut akan memberikan dampak yang lebih besar pada pembakaran mesin mobil.

Hal ini akan membuat mesin mobil akan bekerja lebuh keras dan bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, bahan bakar kendaraan Anda menjadi lebih boros sehingga tidak perlu heran jika Anda merasa kendaraan Anda lebih boros karena hal tersebut merupakan salah satu efek dari dampak telat ganti oli mobil.

  • Menimbulkan Kerak Pada Mesin Mobil

Terjadinya gesekan pada komponen komponen mesin mobil akan membuat munculnya kotoran yang berupa kerak. Kotoran tersebut nantinya akan bercampur dengan oli mesin mobil dan membuat oli ini nantinya akan berubah dan jadi menumpuk menjadi kerak pada permukaan komponen mesin mobil jika Anda masih tidak mengganti oli mobil.

Kerak yang muncul ini pada dasarnya akan sulit untuk dibersihkan, bahkan memiliki potensi bisa merusak komponen mesin mobil jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Dampak telat ganti oli mobil ini tidak bisa Anda anggap remeh.

Mungkin untuk saat ini Anda tidak akan merasakan bagaimana efek tersebut tapi beberapa tahun yang akan datang Anda mungkin harus siap siap mengganti komponen mesin mobil yang rusak akibat penumpukan kerak tersebut.

  • Lebih Mudah Mengalami Overheating Mesin Mobil

Jika Anda merasa mesin mobil Anda lebih mudah panas maka bisa saja hal tersebut disebabkan karena dampak telat ganti oli mobil. Bisa dikatakan mesin kendaraan yang mudah panas ini tidak selamanya disebabkan karena mengalami kerusakan pada sistem pendingin mobil misalnya seperti komponen selang radiator yang mengalami kebocoran.

Jika oli mobil sudah kotor akan membuat oli tersebut tidak bisa menyerap panas dari gesekan antara komponen mesin mobil secara baik dan optimal. Dampak telat ganti oli mobil menjadi lebih mudah mengalami overheating ini pun akan membuat mesin mobil bisa mati kapan saja.

Sebagai contoh, ketika Anda sedang berkendara di jalanan yang macet dan memicu panas di dalam mesin mobil dalam waktu cepat. Tentu akan sangat repot jika mesin mobil Anda tiba tiba mati di jalan dan akan jauh lebih berbahaya jika sampai mobil Anda mengeluarkan asap putih dari dalam kap mobil yang merupakan tanda adanya bagian komponen mesin tang terbakar karena terlalu panas.

Pentingnya Mengganti Oli Mobil Secara Berkala dan Optimal

Oli mesin pada mobil adalah komponen yang harus diperhatikan lebih telit. Hal ini karena oli menjadi salah satu elemen penyokong pada tarikan mesin mobil agar lebih responsif, optimal, dan tanpa kendala.

Oleh karena itu, pergantian oli mesin pun perlu diperhatikan dengan seksama agar tak turut berpengaruh negatif pada performa mobil. Saat mengganti oli mesin, seringkali pengkurasan tak dapat mengeluarkan oli hingga bersih. Faktanya, masih ada oli-oli bekas yang tersisa di dinding-dinding serta pompa oli hingga mencapai 900 ml, dan pengkurasan oli secara konvensional tak akan cukup mengkuras oli hingga bersih maksimal.

Baca Juga: Harus Tahu! Setiap Berapa KM Ganti Oli Mobil Matic

Untungnya kini ada inovasi terbaru cara mengganti oli yang lebih modern dan bersih, sehingga performa oli baru jadi tak terganggu. Metode Cuci Darah di Dokter Mobil mampu merontokkan oli-oli sisa yang tak terkuras dengan sempurna untuk selanjutnya disedot hingga oli-oli bekas tak akan tersisa.

Proses Cuci Darah ini menggunakan alat khusus yakni 9Circle Engine Flush dan cairan khusus yakni 9Circle Engine Flush Oil yang akan meluruhkan oli-oli lama dan disedot hingga bersih, untuk selanjutnya oli baru dapat diisi tanpa harus takut terkontaminasi oleh oli yang lama.

Penutup

Demikianlah penjelasan kami mengenai dampak telat ganti oli mobil yang akan memberikan efek berbahaya pada kendaraan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda secara rutin mengganti oli pada mesin secara berkala.

Adapun pergantian oli secara konvensional yang seringkali menyisakan sisa oli yang tak terkuras seringkali membuat khawatir para pengguna mobil saat mengisi oli dengan yang baru. Kekhawatiran tersebut kini hanya cerita lama saja, karena ada cara baru mengganti oli dengan cara menguras oli lama sampai bersih dengan metode Cuci Darah di Dokter Mobil.

Penggunaan mesin dan peralatan yang mumpuni serta ditangani langsung oleh teknisi yang berpengalaman, membuat proses pergantian oli dengan Cuci Darah di Dokter Mobil tak perlu diragukan lagi soal keabsahannya. Agar pergantian oli pada mobil kesayangan Anda jadi lebih optimal, cobalah metode Cuci Darah di Dokter Mobil dengan menghubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7685

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.