💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penunjang Kesejukan Dalam Kabin Mobil, Freon AC Mobil Tahan Berapa Lama?

freon ac mobil tahan berapa lama

Freon AC mobil tahan berapa lama? Tentu pertanyaan tersebut sangat sering dipertanyakan oleh para pengendara mobil. Ketika Anda menyalakan kendaraan kesayangan Anda dan merasa jika AC pada mobil serta kabin terasa tidak dingin memang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika kebanyakan orang pasti akan menduga jika ada sesuatu yang salah pada freon mobil. Memang suhu udara dingin pada mobil sering disangkut pautkan dengan komponen freon, orang orang menduga saat freon habis maka sudah pasti suhu udara pada mobil tidak akan terasa dingin lagi atau Anda hanya akan merasa terkena angin saja.

Komponen freon memang telah menjadi salah satu komponen penting dan sumber utama dari AC mobil. Tidak jarang suhu udara mobil yang sudah tidak dingin lagi dikaitkan dengan freon mobil yang mahal padahal kenyataan sebenarnya adalah freon mobil ini tidak akan habis. Hal ini karena freon mobil memiliki fungsi sebagai cairan utama pada sistem pendingin AC mobil di mana freon dapat mengubah gas melalui evaporator.

Mengenal Freon AC pada Mobil

freon ac mobil tahan berapa lama

Freon AC mobil bisa disebut juga sebagai komponen refrigerant di mana komponen pada sistem AC ini merupakan suatu senyawa kimia yang digunakan sebagai fluida yang dapat menyerap suhu panas dari udara pada suatu ruangan sehingga nantinya suhu pada ruangan tersebut bisa lebih rendah atau dingin. Freon ini nantinya akan diolah menjadi dalam bentuk gas dan freon ini merupakan senyawa kimia yang tidak memiliki warna maupun bau tertentu.

Freon AC mobil tahan berapa lama? Tentu kondisi freon AC mobil bisa tahan berapa lama ini perlu untuk Anda sebagai pemilik mobil ketahui karena bagaimana pun menjaga kondisi freon ini adalah hal yang penting karena AC menjadi salah satu aspek yang dapat membuat Anda merasa nyaman ketika sedang berkendara. Anda bisa terus membaca penjelasan mengenai freon AC mobil tahan berapa lama yang akan kami jelaskan untuk Anda.

Jangka Waktu Freon AC Mobil Tahan Berapa Lama

Tentu banyak orang yang bertanya tanya mengenai freon AC mobil tahan berapa lama karena mengingat jika komponen mobil satu ini memiliki peran yang penting untuk menjaga kenyamanan baik pengemudi maupun penumpang ketika berkendara.

Pada dasarnya freon AC mobil tahan berapa lama ini tergantung dari jangka waktu dari umur freon AC mobil sehingga bisa dikatakan jika freon AC mobil tahan berapa lama ini memiliki variasi yang berbeda dan tergantung dari masa pemakaiannya. Freon AC mobil tahan berapa lama ini memang tidak memiliki waktu yang pasti mengenai kira kira berapa jangka waktu umur dari freon AC mobil tersebut. Jangka waktu freon AC mobil tahan berapa lama hanya tergantung dari penggunaannya, tetapi biasanya komponen freon AC mobil bisa bertahan dalam jangka waktu hingga bertahun tahun.

Mengetahui Kapan Freon AC Mobil Habis

Jika freon AC mobil tahan berapa lama hanya bisa tentukan oleh jangka waktu pemakaiannya saja, lalu bagaimana cara bagi para pemilik kendaraan dapat mengetahui jangka waktu kapan freon mobil akan habis? Pada dasarnya freon AC mobil tidak akan bisa habis. Freon AC mobil baru akan habis jika mobil Anda mengalami kebocoran pada sistem AC mobil.

Baca Juga: Wajib Tahu, 4 Jenis Freon AC Mobil dan Karakternya

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Penyebab Freon AC Mobil Habis

Tentunya selain mengetahui berapa jangka waktu freon AC mobil tahan berapa lama, salah satu hal penting yang juga harus diperhatikan oleh para pemilik kendaraan roda empat adalah mengenai freon AC mobil. Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan freon AC mobil menjadi habis? Pada dasarnya, alasan utama freon AC mobil habis ini karena kebocoran yang terjadi pada sistem AC mobil Anda.

Salah satu hal yang membuat freon AC mobil bocor adalah karena faktor umur pemakaian dari freon tersebut. Jika jangka waktu pemakaian dari freon mobil sudah cukup lama maka menjadi hal yang wajar jika komponen tersebut mengalami kebocoran. Freon AC mobil cukup dipengaruhi oleh jangka waktu karena sistem dari AC sendiri memiliki beberapa komponen yang berkaitan antara satu sama lain seperti kompressor, kondesor, evaporator, hingga receiver drier.

Oleh karena itu, selain freon ac mobil yang dapat habis disebabkan karena jangka waktu pemakaian, freon AC mobil tahan berapa lama juga bisa dipengaruhi oleh pemakaian mobil.

Selain freon AC mobil yang dapat habis dipengaruhi oleh karena terjadinya kebocoran sistem AC, freon habis juga bisa disebabkan karena kerenggangan yang terjadi pada karet seal yang posisinya ada disambungan selang dan pipa sehingga menyebabkan kebocoran pada freon AC mobil. Tidak hanya karena karet seal yang renggang, tetapi bisa juga terjadi karena terdapat lubang pada pipa maupun selang.

Solusi Jika Terjadi Kebocoran pada Freon AC Mobil

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan ketika freon AC mobil mengalami kebocoran maka Anda harus memastikan terlebih dahulu kira kira apa penyebab yang menjadi pemicu freon AC mobil bocor. Jika freon habis disebabkan karena adanya kebocoran di mana terdapat lubang pada selang atau pipa, maka Anda bisa melakukan penambalan pada lubang tersebut lalu mengisi pengisian ulang terhadap freon AC mobil Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui penyebab dari kebocoran freon AC mobil ketika menghidupkan mobil. Biasanya kompresor yang posisinya ada pada sistem AC mobil secara otomatis akan berputar atau bergerak. Akan tetapi, ketika Anda melihat kompresor AC mobil ini tidak berputar maka sudah dapat dipastikan jika freon AC mobil Anda sudah habis.

Baca Juga: 2 Penyebab Utama Tekanan Freon AC Tidak Stabil

Salah satu cara atau solusi paling bijak agar sistem AC pada mobil Anda tetap terasa dingin dan Anda tidak perlu melakukan penambahan freon adalah dengan melakukan servis sistem AC secara rutin. Dengan melakukan servis pada sistem AC ini tidak hanya memiliki tujuan untuk menjaga mobil tetap optimal ketika digunakan untuk sehari hari, melakukan servis mobil juga dilakukan supaya jika AC mobil terjadi kebocoran atau tidak bisa dideteksi dengan cepat pada sistem AC mobil di mana jika tidak terdeteksi dengan cepat akan membuat freon AC mobil akan lebih cepat habis dan lebih boros dalam penggunaannya.

Penutup

Demikianlah penjelasan kami mengenai informasi seputar freon AC mobil tahan berapa lama di setiap mobil yang penting untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui freon AC mobil tahan berapa lama ini Anda bisa melakukan antisipasi terhadap kerusakan freon AC mobil yang kinerjanya akan mulai berkurang.

Tentu, ketika komponen ini sudah tidak berfungsi dengan baik maka sebaiknya Anda membawanya pada bengkel mobil terpercaya untuk dilakukan pemeriksaan. Seperti melakukan pemeriksaan mengenai kerusakan freon AC mobil di bengkel Dokter Mobil yang memang sudah dikenal sebagai spesialis service AC terkemuka, dengan teknisi yang berpengalaman serta peralatan dengan teknologi yang canggih dan mutakhir.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Melakukan perbaikan freon AC mobil yang mengalami kebocoran pun bisa dilakukan di Dokter Mobil dengan aman. Selain melakukan perbaikan terhadap freon AC, berbagai keluhan-keluhan terkait AC mobil pun tersedia di sini. Lakukan reservasi service AC di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat agar lebih leluasa dalam mengkomunikasikan permasalahan AC, salah satunya terkait freon pada AC mobil Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8768

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya