New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Solusi Kipas AC tidak bekerja di Peugeot atau Citroen

Sebab Kipas AC tidak bekerja di Peugeot atau Citroen- Peugeot Citroen merupakan merk mobil lama yang tetap bertahan di Indonesia. Saat ini peminat mobil tersebut lambat laun berkurang sebab Peugeot atau Citroen tidak berinovasi secara kontinyu untuk menghasilkan desain kendaraan yang trendy mengikuti perkembangan jaman.

Seperti dengan problem mobil lainnya, jenis mobil ini juga dapat memiliki problem yang sama yakni Kipas AC tidak bekerja secara maksimal untuk mendinginan ruangan mobil. Sudah tahu apa penyebabnya?

Kipas AC mobil yang meniupkan udara didashboard atau diatas kabin tengah itu disebut kipas blower sedangkan kipas AC yang yang bertugas mendinginkan kondensor AC yang terletak didepan mesin itu disebut extra fan AC mobil.

Penyebab Kipas Blower AC Peugeot atau Citroen Tidak Berputar

Satu hal yang perlu diingat setiap kendaraan memiliki jalur kelistrikan yang tidak sama dan berikut adalah beberapa tips mencari penyebab kipas blower tidak berputar:

1. Periksa kondisi blower dari kemungkinan rusak atau sikat arang atau karbon brush habis. Ini sekedar catatan saja untuk karbon brush blower ac biasanya berumur lama diatas 5 tahun kondisi motor blower masih bagus. Bahkan body mobil sampai keropos pun motor blower masih bagus.

2. Periksa apakah terdapat tegangan listrik disoket motor blower. Kalau ada tegangan listrik pada soket motor blower tetapi motor blower tidak berputar, berarti terjadi masalah pada bagian yang mengontrol kecepatan motor blower. Biasanya menggunakan resistor blower pada sistem AC manual.

3. Jika memang di motor blower tidak terdapat tegangan besar, kemungkinan jalur listrik terputus. Kemungkinannya, terjadi sekring yang putus atau relay blower mengalami kerusakan.

Tips Mencari Penyebab Fan Kondensor tidak berputar

Kebanyakan sistem AC mobil sudah didesain agar extra fan kondensor berputar saat AC mobil dihidupkan dan extra fan ini berfungsi untuk membuang panas kondensor.

Jika extra fan AC mobil atau kipas kondensor AC tidak berputar berikut beberapa tips untuk mengetahui penyebabnya;

1. Cek kondisi extra fan tersebut kemungkinan karbon brush (kool) nya habis.
2. Periksa Extra Fan dari kemungkinan soket longgar atau pun kontak relay rusak.
3. Periksa jalur kelistrikan extra fan dari kemungkinan soket yang longgar atau sekring yang berhubungan dengan kipas kondensor rusak, biasanya sekring kipas kondensor jadi satu dengan sekring kipas radiator.

Nah, itulah ulasan terkait Kipas AC tidak bekerja di Peugeot atau Citroen. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh jasa kami?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Yuk hubungi kami dengan klik disini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!