📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Ketahui Berapa Tekanan Freon Mobil yang Ideal

Ketahui Berapa Tekanan Freon Mobil yang IdealKetahui Berapa Tekanan Freon Mobil yang Ideal

Berapa tekanan freon mobil yang ideal untuk menjaga performa AC mobil tentunya penting diketahui. AC mobil adalah bagian interior mobil yang memiliki beberapa komponen. Di mana pada setiap komponen ini akan saling terikat satu dengan yang lain. Apabila terdapat salah satu dari beberapa komponen AC tersebut rusak, maka kinerja dari AC tidak akan bisa maksimal.

Kerusakan yang paling sering sekali ditemui dan dialami pada AC adalah karena freon yang bocor. Dimana sebenarnya, kerusakan atau masalah pada freon ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah ukuran tekanan freon mobil yang berlebih. Untuk mengetahui lebih jelas tentang berapa tekanan freon AC mobil yang tepat, berikut adalah penjelasan.

Alat untuk Mengetahui Ukuran Tekanan Freon Mobil

Freon ac mobil memang menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan benar. Sebab, fungsi dari freon AC mobil ini memang sangat penting. Sehingga, memperhatikan ukuran tekanan freon mobil agar tidak berlebihan ada hal yang sangat penting. Untuk melakukan pengukuran terhadap freon AC mobil ini, Anda butuh sebuah alat khusus yang dinamakan dengan manifold gauge.

Manifold gauge ini berfungsi untuk mengetahui berapa ukuran tekanan freon mobil. Dimana alat ini akan secara otomatis menunjukkan tekanan daru freon mobil apakah tinggi atau rendah. Biasanya, tekanan freon yang tinggi ini akan bisa ditunjukkan dengan garis merah. Sedangkan, untuk tekanan freon yang rendah akan ditunjukkan dengan menggunakan garis biru.

Lalu, bagaimana dengan ukuran dari tekanan freon AC mobil? Berikut ini adalah berapa tekanan freon mobil yang benar yang perlu diketahui.

  • Untuk ukuran tekanan freon yang rendah, maka tekanannya adalah sekitar antara 15 sampai dengan 30 psi.
  • Untuk tekanan freon yang tinggi, tekanan yang ideal adalah apabila berada di antara sekitar 160 sampai dengan 250 psi.

Pada alat ukur freon tersebut, setidaknya didalamnya terdapat 5 bagian yang harus Anda ketahui dan pahami. Hal ini perlu dilakukan agar bisa memudahkan Anda pada saat akan melakukan proses penghitung ukuran tekanan freon mobil. Berikut ini adalah beberapa bagian dan juga fungsi dari Manifold Gauge yang perlu Anda ketahui, antara lain adalah:

  • Bagian Pressure Gauge: bagian pressure gauge ini adalah bagian yang dipakai untuk mengukur tekanan darah freon dan juga terhubung dengan bagian valve yang berwarna merah.
  • Bagian Manifold Chamber: Manifold chamber ini merupakan sebuah nozzle yang berada dibagian tengah manifold gauge dan juga terhubung langsung ke bagian selang kuning dan juga katup atau tutup selang merah dan biru.
  • Bagian Compound Gauge: Yaitu adalah media pengukur tekanan yang berada di bagian kiri yang digunakan untuk mengukur dari tekanan kevakuman positif dan negatif. Dimana bagian ini terhubung dengan bagi valve warna biru.
  • Bagian Isolation Valve Biru: bagian ini dipakai untuk mengukur tekanan dari sisi rendah.
  • Bagian Isolation Valve Merah: untuk bagian ini, adalah bagian yang dipakai untuk mengukur tekanan dari sisi tinggi.

Manifold gauge ini, terdiri dari lima bagian yang penting di dalamnya. Dimana lima bagian penting tersebut, adalah bagian skala ukuran tekanan, kran, selang atau yang disebut hose, coupler atau yang disebut kopel dan naple, dan juga bagian sightglass, dimana bagian sightlass ini adalah bagian yang digunakan untuk menunjukkan isi dari freon mobil pada alat ukur. Oleh karena hal itu, Sebelum Anda memulai untuk Mella pengukuran freon ac mobil. Maka sebaiknya Anda harus mengenali kelima bagian dari manifold gauge tersebut dengan baik. Tujuannya agar proses pengukuran berjalan dengan baik, sehingga Anda juga dapat mengetahui tekanan freon AC dengan lebih mudah.

Baca Juga: 4 Hal yang Buat Tekanan Freon AC Mobil Tidak Stabil

Cara Mengetahui Berapa Tekanan Freon Mobil

Cara Mengetahui Berapa Tekanan Freon Mobil

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Mengetahui berapa tekanan yang benar dari freon pada mobil adalah hal yang penting. Sebab, apabila freon memiliki tekanan yang terlalu besar atau terlalu rendah. Hal ini akan berakibat buruk terhadap kinerja dari AC mobil. Setelah mengetahui tentang apa saja bagian yang dimiliki oleh Manifold Gauge dan apa saja fungsinya.

Selanjutnya, saya akan memberi tahu bagaimana cara untuk mengukur tekanan dari freon AC mobil. Berikut adalah cara untuk mengetahui berapa tekanan yang dimiliki dari freon AC mobil.

  • Langkah pertama, pastikan jika kran alat Manifold Gauge sudah tertutup rapat sesuai dengan arah dari jarum jam.
  • Selanjutnya, Pasang naple biru pada bagian service valve AC mobil yang memiliki tekanan randah.
  • Kemudian, pasang bagian naple merah pada service valve AC mobil yang memiliki tekanan tinggi.
  • Selanjutnya, Pastikan juga jika pemasangan naple sudah mengeluarkan bunyi klik. Hal ini untuk memastikan bahwa naple ac telah terpasang dengan sempurna.
  • Setelah itu, putar kedua penutup pada bagian AC yang bertekanan tinggi atau juga rendah ini dengan searah dari jarum jam.
  • Apabila sudah terbuka, maka tekanan ini akan dapat dibaca dengan menggunakan alat ukur dari Manifold Gauge ini.
  • Jika mendapatkan tekanan AC pada angka 70 sampai dengan 90 psi. Pada saat mesin ini belum dihidupkan, maka bisa dikatakan tekanan freon Mobil wajar dan normal. Tapi sebaliknya, jika tekanan yang dimiliki diatas atau dibawah itu, maka akan cukup berbahaya.

Setelah mengetahui tentang ukuran diatas, maka Anda bisa mencobanya dengan nyalakan mesin. Kemudian, hidupkan AC mobil Anda dan pastikan bahwa tekanan freon ac mobil pada bagian rendah harus berada di angka 20 dan juga 30 psi. Kemudian, selanjutnya untuk bagian tekanan tertingginya harus berada pada angka 170 sampai dengan 250 psi.

Tanda Freon AC Mobil Mulai Habis

Setelah mengetahui tentang cara mengukur tekanan freon Mobil. Selanjutnya Anda juga harus tau tentang tanda bahwa freon AC mulai habis. Hal ini berguna agar Anda bisa segera melakukan pengisian tanpa perlu menunggu sampai terlalu parah.

  • Kompresor dari ac mobil mati dan bahkan tidak bisa berputar sama sekali.
  • Suhu dari AC mobil yang di keluarkan tidak terasa dingin.
  • Extra fan dalam AC mobil tidak dapat berputar.

Baca Juga: Penyebab Extra Fan AC Mobil Mati dan Cara Menanggulanginya

Bahaya Tekanan Berlebih pada Freon

Jika sebelumnya tekanan freon mobil yang berkurang bisa menyebabkan masalah. Sekarang, freon mobil yang tekanannya berlebihan juga bisa berbahaya. Karena, tekanan dari freon yang terlalu tinggi akan bisa menimbulkan beberapa masalah. Dan berikut ini adalah beberapa dampak atau masalah yang akan ditimbulkan dari freon yang bertekanan tinggi:

  • Pipa AC yang menahan tekanan tinggi akan membuat arus listrik yang mengalir ke bagian magnet clutch terputus.
  • Tekanan freon tinggi membuat suhu udara di dalam kabin jadi tidak terasa dinging.
  • Tidak bergunanya pemutaran suhu AC mobil ke level suhu tertinggi.
  • Beban yang ditanggung oleh mesin akan terlalu tinggi dan berat.
  • Tekanan tinggi akan membuat bagian kondensor AC mobil lebih cepat panas.

Rutin Melakukan Service AC Mobil di Dokter Mobil Cikarang

Untuk menghindari permasalahan yang tidak diinginkan pada AC mobil. Maka, selalu lakukan servis secara rutin di bengkel terpercaya. Bagi Anda yang tinggal di sekitar daerah Cikarang, Dokter Mobil Cikarang adalah pilihan yang tepat untuk dituju dalam mengatasi berbagai permasalahan pada AC mobil.

Menggunakan peralatan canggih terkini, teknisi yang ahli, dengan mengantongi sertifikasi internasional ISO 9001:2015 Quality Management System, membuat layanan service AC mobil di Dokter Mobil Cikarang begitu terbukti kualitasnya.

Selain itu, Dokter Mobil Cikarang juga memberlakukan Free General Checkup hingga di 32 titik komponen mobil. Dari pemeriksaan ini, teknisi Dokter Mobil Cikarang akan mengkomunikasikan permasalahan apa yang ada pada mobil Anda agar Anda bisa bersiaga melakukan tindakan preventif untuk mencegah masalahnya terjadi.

Dengan beragam keunggulan, proses reservasi di Dokter Mobil Cikarang pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan reservasi via WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau klik di sini), Anda akan langsung diarahkan menuju lokasi untuk segera dilakukan tindakan perbaikan.

Lokasi Dokter Mobil Cikarang

Alamat: Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Waluya, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530
Kontak: 0813-9860-1800 atau klik di sini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3467

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya