📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Cara Cek AC Mobil Bocor

5 Cara Cek AC Mobil Bocor

Kebocoran AC mobil dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara. Cara cek kebocoran AC seperti pemeriksaan visual, penggunaan alat tester, dan pengecekan tekanan angin diperlukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah.

Bagaimana cara cek AC mobil bocor?

Anda dapat menggunakan beberapa metode, termasuk pemeriksaan visual untuk mencari rembesan, penggunaan Manifold AC tester untuk mendeteksi perubahan tekanan, dan AC Recovery Tool untuk melakukan pengisian ulang freon.

Ketika AC mobil bocor, kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu. Cek kebocoran AC secara teratur penting untuk menjaga performa sistem pendinginan. Simak berbagai cara cek AC mobil bocor berikut ini.

Cara cek AC mobil bocor meliputi pemeriksaan visual, penggunaan alat tester, dan pengecekan tekanan angin. Dengan mengidentifikasi dan memperbaiki kebocoran secara tepat, Anda dapat menjaga performa dan kenyamanan berkendara.

Cara Cek AC Mobil Bocor

Keberadaan AC mobil sudah menjadi satu bagian mobil yang tak bisa lepas dari kaitannya. Tanpa adanya AC mobil, tentu kenyamanan saat berkendara pun jadi terganggu.

Jika pengguna mobil tak tahan saat kenyamanannya terganggu, bukan tidak mungkin hal ini akan turut membahayakan keselamatan berkendara, lho.

Itulah mengapa saat AC mobil bermasalah – seperti AC mobil bocor –  maka Anda perlu mengetahui cara cek AC mobil bocor.

Dengan mengetahui kiat-kiat pemeriksaannya, Anda bisa lebih mengetahui bagaimana kondisi AC mobil saat terjadi permasalahan sehingga bisa menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi.

Agar tak kelimpungan saat AC mengalami kebocoran, simak cara cek AC mobil bocor selengkapnya di bawah ini, yuk!

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Cara Cek AC Mobil Bocor

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab AC menjadi tidak dingin, dimana salah satunya adalah karena kebocoran.

Lain penyebab bisa jadi lain pula gejalanya. Agar tak bingung, berikut ini adalah cara cek AC mobil bocor yang bisa Anda coba.

  1. Melakukan Pemeriksaan Awal

Penyebab AC bocor memang cukup banyak, dimana salah satunya adalah bisa saja berssal dari freon. Sebelum kita mulai membahas kedalam sistem AC inti.

Ada beberapa kriteria yang harus dipastikan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa letak masalah AC yang tidak dingin berasal dari kebocoran freon.

Berikut adalah beberapa kriteria tersebut, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa Magnetic switch bekerja dengan normal, dimana pada saat AC dinyalakan. Maka, magnetic switch akan berfungsi dengan adanya sebuah bunyi ketukan besi dari kompresor AC. Bunyi ini nantinya juga akan terdengar beberapa kali.
  • Blower di dalam AC mobil dalam keadaan normal. Pada bagian komponen ini bisa kita cek pada lubang AC. Apabila pada komponen ini keluar angin, tandanya blower berfungsi dengan normal.
  • Kipas pendingin di dalam AC ini dalam keadaan hidup. Untuk mengetahui lebih hal ini, maka Anda perlu mengecek secara langsung ke ruang mesin untuk melihat apakah kipas masih berputar Namun biasanya cara cek ac mobil bocor ini akan memakan waktu untuk menunggu kipas bekerja. Sehingga, apabila tidak ada masalah engine overheat berarti kipas akan aman.

Setelah ketiga kondisi dari AC mobil tersebut sudah ditemukan. Maka, Anda mungkin bisa memastikan bahwa elektrikal AC ini tidak bermasalah.

Sehingga, tidak akan ada faktor masalah yang bisa menyebabkan kebocoran dan mengharuskan Anda untuk melakukan cek kondisi AC mobil.

  1. Memperhatikan Visualnya

Cara cek AC mobil bocor selanjutnya juga cara yang paling mudah adalah dengan melihat seluruh saluran dari sistem AC tersebut dengan bantuan senter.

Kebocoran freon yang terjadi pada bagian AC, biasanya akan terlihat dengan adanya rembesan yang keluar dari area selang AC.

Rembesan ini berasal dari oli PAG yang keluar melalui lubang kebocoran, dimana oli ini hanya akan melumuri daerah sekitar kebocoran.

Maka pada akhirnya, oli ini hanya akan melumuri daerah sekitar kebocoran. Dalam beberapa saat aja, hal ini juga akan membuat debu menjadi menempel pada PAG oil.

Sehingga rembesan dari kebocoran ini akan menyerupai kebocoran oli mesin, namun terletak pada bagian selang AC.

Cara cek ac mobil bocor dengan cara ini akan bisa dilakukan dengan mudah, sebab kondisi yang seperti ini akan dapat langsung mendeteksi dimana letak kebocoran.

Sehingga, Anda tidak akan memerlukan waktu yang lama untuk melakukan perbaikan. Namun pada beberapa kasus, rembesan dari pada selang ini juga bukan selamanya berasal dari PAG oil yang bocor.

Karena, hal ini bisa saja berasal dari tetesan saat pengisian oli mesin atau tetesan oli lainya. Untuk itu, pemeriksaan visual ini bisa dibilang hanyalah sebagai pendeteksi awal saja.

Sementara untuk memastikan kebenaranya, Anda akan tetap memerlukan pemeriksaan menggunakan alat ukur. Atau, bisa juga Anda langsung membawa mobil Anda ke bengkel servis untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Cek Tekanan Menggunakan Manifold AC Tester

Selain dengan melakukan pengecekan menggunakan visual, ada juga cara lain yang bisa digunakan. Cara cek AC mobil bocor yang selanjutnya ini adalah dengan menggunakan alat bernama Manifold AC tester.

Alat ini akan berfungsi untuk mendeteksi perubahan tekanan pada low and high pressure hose di dalam saat sistem AC pada saat AC dinyalakan.

Alat ini akan bisa digunakan untuk mengindikasikan kebocoran yang terjadi pada freon ataupun kerusakan pada bagian kompressor AC.

Cara untuk melakukan pengecekan menggunakan alat ini adalah, tancapkan kedua konektor pada bagian niple low dan high pressure hose.

Setelah itu, akan ada sebuah pergerakan jarum pada indikator low. Dimana indikator low ini yang biasanya berwarna biru.

Sedangkan untuk indikator high pressure adalah yang biasanya berwarna merah.

Indikator tersebut akan dapat menunjukan tekanan yang terjadi pada sistem AC. Pada saat AC belum dinyalakan, tekanan low pressure dan juga high pressure ini akan tetap sama.

Tapi pada saat AC ini mulai dinyalakan, maka kompressor akan mulai bekerja.

Sehingga, tekanan yang terjadi pada high pressure side ini akan meningkat, sementara pada bagian tekanan low pressure side akan menurun.

Jika AC menyala, namun jarum tidak bergerak. Maka, hal ini bisa di indikasikan bahwa adanya sebuah kerusakan pada bagian kompressor AC.

Apabila AC Anda mengalami kejadianya seperti diatas, maka Anda juga akan perlu membandingkan hasil tekanan yang dibaca dengan tekanan standar.

Jika ternyata tekanan tersebut berkurang. Maka, bisa dipastikan bahwa masalah AC yang tidak dingin pada mobil Anda disebabkan freon yang bocor.

Baca Juga: Penyebab Freon AC Mobil Bocor pada Toyota Raize

  1. Menggunakan AC Recovery Tool

Cara cek ac mobil bocor yang selanjutnya, selain dengan menggunakan alat Manifold AC tester. Anda juga bisa menggunakan alat lain yang jauh lebih canggih dan juga praktis.

Alat yang bisa Anda gunakan tersebut adalah AC Recovery Tool. Alat yang satu ini berbentuk seperti sebuah Box besar yang multifungsi.

Alat ini, dibilang multifungsi karena bisa membersihkan saluran AC, menguras sistem dari AC mobil, mengganti atau melakukan isi ulang freon, serta bisa juga untuk melakukan penambahan oli PAG tanpa perlu membuang freon.

Alat ini memang sangat canggih dan memiliki banyak sekali manfaat. Tetapi, sayangnya alat ini hanya akan tersedia pada bengkel AC khusus.

Dimana bengkel tersebut adalah bengkel yang sudah memikiki otoritas besar. Hal ini disebabkan oleh mahalnya harga dari alat ini, sehingga tidak semua bengkel akan memilikinya.

Tapi untuk sekedar pengetahuan, jika dibandingkan dengan alat pertama, ada bentuk lebih simple yang dibuat khusus untuk mendeteksi kebocoran, dengan alat ini Cara cek ac mobil bocor ini akan menjadi lebih mudah dan efektif tentunya.

  1. Diperiksa Tekanan Anginnya

Cara cara cek AC mobil bocor yang terakhir yang bisa didilakukan selain dengan keempat cara diatas. Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan bantuan tekanan angin.

Untuk cara ini, Anda tentunya akan perlu mempreteli seluruh bagian dari sistem AC. Untuk mengecek kebocoran, misalnya saja pada bagian selang.

Maka Anda akan pwrlu melakukannya dengan merendam selang kedalam air. Kemudian, semprotkan angin yang bertekanan tinggi pada salah satu lubang dan tutup lubang lainnya dari sisi selang.

Jika ada terdapat sebuah kebocoran, maka akan timbul gelembung udara dari. Cara cek ac mobil bocor ini, akan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!