New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Mendeteksi Kebocoran Freon AC

4 Hal yang Buat Tekanan Freon AC Mobil Tidak Stabil

Biasanya hal yang membuat tekanan freon AC mobil jadi tidak stabil itu lantaran adanya kebocoran yang biasanya sulit untuk dideteksi. Mengapa sulit untuk terdeteksi? karena freon merupakan gas yang sangat mudah mengalami penguapan di temperatur dingin. Sehingga ketika ada lubang kecil di selang AC, maka akan terjadi penguapan di freon yang akhirnya membuat tekanannya semakin berkurang. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu ciri-ciri dari freon AC mobil habis berikut ini.

Ciri-Ciri Tekanan Freon AC Mobil Habis

  • AC cuma keluar angin dan tidak dingin

ciri pertama dari freon AC mobil yang habis yaitu pada saat dinyalakan AC hanya mengeluarkan angin saja, tetapi tidak menambah dingin suhu di kabin mobil. Hal yang membuat berbeda dari freon yang habis dan kerusakan pada AC yaitu. Jika freon habis semua sistem berjalan normal pada saat AC dinyalakan. Adanya bunyi ketukan yang menjadi tanda kompresor AC bekerja, RPM mesin mengalami kenaikan dan kipas pendingin menyala. Tetapi, hembusannya hanya angin yang tidak dingin saja dan tidak memberikan perubahan suhu pada kabin. Itulah ciri-ciri freon AC mulai habis.

  • Kompresor AC tak berhenti bekerja saat AC menyala

Ciri berikutnya yang buat tekanan freon AC mobil berkurang akibat freonnya yang habis yaitu adanya masalah pada sistem, dimana pada saat saklar dinyalakan tetapi magnetic clutch-nya terus terhubung. Padahal, pada saat saklar AC nyala, magnetic clutch akan langsung terhubung tetapi akan terbebas pada interval waktu tertentu pada saat tekanan freon sudah maksimal. Apabila yang terjadi sebaliknya, dimana magnetic clutch sedari awal AC dinyalakan terus terhubung, maka itulah pertanda kalau freon AC mobil habis.

  • Tidak ada freon di sight glass

Dari dua ciri di atas, Anda bisa segera turun dari mobil dan membuka kap mesinnya untuk melakukan pengecekan sirkulasi di bagian sight glass. Bagian sight glass ini adalah sebuah kaca bulat yang sangat transparan dan fungsinya untuk melihat sirkulasi freon pada sistem AC.  Sight glass umumnya terdapat di bagian dryer atau filter freon. Pada saat mesin masih ON dan AC dinyalakan, maka lihatlah pada bagian sight glassnya.  Jika freonnya masih ada, maka cairan akan terus mengalir. Sebaliknya apabila freon habis maka tidak akan ada yang mengalir dari balik sight glass.

  • Tidak ditemukan embun pada selang low pressure AC

Selang AC mobil pada kompresor itu ada dua buah, yang pertama selang high pressure (bentuknya lebih kecil dan mengarah dari kompresor ke kondensor) dan kedua yaitu selang low pressure (bentuknya lebih besar dan mengarah dari evaporator menuju kondensor). Ketika AC nyala seperti biasanya akan terbentuk embun di bagian selang low pressure. Dimana embun ini adalah hasil perbedaan suhu di dalam selang yang dingin dengan yang panas. Apabila tidak terbentuk embun, maka itu artinya freon mulai habis.

Baca Juga : Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Kotor

Apabila Anda menemukan hal semacam ini yang akhirnya membuat tekanan freon AC mobil, maka langsung saja untuk membawanya ke bengkel Dokter Mobil. Nanti di bengkel Dokter Mobil akan langsung dilakukan pengecekan menggunakan alat yang canggih, untuk mengetahui apa yang membuat freon cepat habis. Jika sudah ditemukan, maka freon bisa langsung diisi kembali supaya AC di mobil Anda bisa kembali seperti semula memberikan hawa dingin pada ruangan kabin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap