📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Panduan 10 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil, Agar Sejuk Selalu

Panduan 10 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

AC mobil merupakan komponen penting dalam kendaraan untuk menjaga kenyamanan pengemudi dan penumpang saat berkendara, terutama pada cuaca yang panas.

Poin Penting:

  • Evaporator AC perlu dibersihkan 6 bulan sekali.
  • Kotoran di evaporator bikin AC tidak dingin & bau tak sedap.
  • Bersihkan evaporator dengan semprotan udara, vacuum cleaner, sikat, cairan pembersih, dan ganti filter AC.
  • Rawat AC mobil di Dokter Mobil untuk performa optimal.

Apa efek buruk evaporator AC mobil kotor?

Jawaban: AC tidak dingin, bau tak sedap, & penyebaran bakteri.

Evaporator AC mobil merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan AC mobil. Seiring dengan penggunaan kendaraan, evaporator AC mobil dapat terkumpul kotoran dan debu, sehingga perlu dibersihkan secara rutin agar kinerja AC mobil tetap optimal dan dingin.

Apa Itu Evaporator AC Mobil?

Evaporator AC mobil merupakan salah satu komponen dalam sistem pendinginan AC mobil. Evaporator berfungsi untuk mengubah refrigeran dari cair menjadi gas sehingga dapat menyerap panas dari dalam mobil dan mendinginkan udara yang ditiupkan oleh blower.

Evaporator AC mobil umumnya terletak di dalam kabin mobil, di belakang dashboard atau dibawah jok depan mobil.

Apa Efek Buruk Evaporator AC Mobil Kotor?

Jika evaporator AC mobil kotor, maka akan menyebabkan kinerja AC menjadi buruk dan tidak optimal, bahkan dapat menyebabkan bau tidak sedap yang tidak menyenangkan bagi penumpang. Kotoran dan debu yang menumpuk pada evaporator juga dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan kuman yang dapat berdampak pada kesehatan penumpang mobil.

Kapan Harus Bersihkan Evaporator AC Mobil?

Evaporator AC mobil perlu dibersihkan secara rutin, umumnya setiap 6 bulan atau satu tahun sekali, tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan. Jika mobil digunakan di lingkungan berdebu atau cuaca yang sangat panas, sebaiknya membersihkan evaporator lebih sering untuk menjaga kinerja AC mobil yang optimal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Berikut adalah panduan lengkap 10 cara membersihkan evaporator AC mobil agar sejuk selalu:

  1. Menggunakan Semprotan Udara

Cara membersihkan evaporator AC mobil yang pertama adalah menggunakan semprotan udara. Semprotan udara dapat digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada permukaan evaporator. Namun, jika terdapat kotoran yang menempel dengan kuat pada permukaan evaporator, cara ini mungkin tidak cukup efektif.

  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Cara membersihkan evaporator AC mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Vacuum cleaner dapat digunakan untuk menghisap debu dan kotoran yang menempel pada permukaan evaporator dengan cara menyedotnya.

  1. Menggunakan Sikat atau Kuas Halus

Sikat atau kuas halus juga dapat digunakan untuk cara membersihkan evaporator AC mobil. Pastikan menggunakan sikat atau kuas halus agar tidak merusak permukaan evaporator.

  1. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus Evaporator AC Mobil

Untuk cara membersihkan evaporator AC mobil yang kotor, dapat digunakan cairan pembersih khusus evaporator AC mobil. Cairan pembersih ini umumnya berbentuk semprotan yang disemprotkan langsung pada permukaan evaporator. Setelah dibiarkan beberapa saat, permukaan evaporator dapat dibersihkan dengan menggunakan kain atau sikat halus.

  1. Membersihkan Filter AC

Membersihkan filter AC juga dapat membantu menjadi cara membersihkan evaporator AC mobil. Filter AC dapat menangkap debu dan kotoran yang masuk ke dalam sistem AC mobil. Jika filter AC kotor, maka akan sulit bagi AC mobil untuk mengalirkan udara bersih dan dingin ke dalam kabin mobil.

  1. Membersihkan Saluran Air AC

Saluran air AC juga perlu dibersihkan secara rutin. Saluran air AC dapat tersumbat oleh kotoran atau debu, sehingga menyebabkan air AC menggenang dan menyebabkan bau tidak sedap pada mobil. Membersihkan saluran air AC dapat dilakukan dengan menggunakan semprotan air atau alat khusus untuk membersihkan saluran air.

  1. Mengganti Refrigeran/Freon

Refrigeran pada AC mobil perlu diganti secara berkala untuk menjaga kinerja AC mobil. Refrigeran yang sudah kadaluwarsa atau berkurang kuantitasnya dapat menyebabkan AC mobil tidak dingin.

  1. Mengganti Kompresor AC

Kompresor AC adalah komponen penting dalam sistem pendinginan AC mobil. Jika kompresor AC rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka AC mobil tidak akan dingin. Kompresor AC perlu diganti jika terdapat tanda-tanda kerusakan, seperti suara berisik atau tidak berfungsi dengan baik.

  1. Membersihkan Bagian Evaporator yang Sulit Dijangkau

Bagian evaporator yang sulit dijangkau, seperti bagian dalam kabin atau di balik dashboard, perlu dibersihkan dengan hati-hati. Bagian pembersihan di tempat yang sulit ini dapat menggunakan alat khusus atau bantuan teknisi AC mobil untuk membersihkan bagian evaporator yang sulit dijangkau.

  1. Menjaga Kebersihan Mobil

Untuk cara kebersihan evaporator AC mobil, Anda juga perlu menjaga kebersihan mobil secara umum. Hindari makan atau minum di dalam mobil, dan bersihkan secara rutin permukaan kabin mobil dari debu dan kotoran.

Baca Juga: Cara Merawat Kabin Mobil Tetap Bersih, Bikin Berkendara Jadi Lebih Nyaman

Dalam menjaga kinerja AC mobil, membersihkan evaporator AC mobil merupakan langkah penting yang perlu dilakukan secara rutin. Dengan membersihkan evaporator AC mobil secara rutin, kinerja AC mobil dapat tetap optimal, dan udara di dalam mobil tetap sehat dan segar. Jangan lupa, pastikan penggunaan bahan dan alat pembersih yang sesuai agar tidak merusak permukaan evaporator AC mobil.

Demikianlah panduan lengkap 10 cara membersihkan evaporator AC mobil agar sejuk selalu. Semoga panduan cara membersihkan evaporator AC mobil ini dapat membantu para pengguna mobil untuk menjaga kinerja AC mobil agar tetap optimal dan dingin.

Selalu perhatikan kondisi AC mobil dan lakukan perawatan secara rutin agar terhindar dari kerusakan yang dapat menimbulkan biaya perbaikan yang lebih mahal.

Evaporator AC mobil yang kotor dapat menyebabkan kinerja AC mobil tidak optimal dan berdampak pada kenyamanan pengemudi dan penumpang. Oleh karena itu, penting untuk tahu dan lakukan cara membersihkan evaporator AC mobil secara rutin agar kotoran dan debu yang menumpuk pada evaporator dapat dihilangkan.

Cara membersihkan evaporator AC mobil juga dapat membantu mencegah penyebaran bakteri dan kuman pada udara di dalam mobil.

Dalam melakukan perawatan evaporator AC mobil, pastikan juga untuk menjaga kebersihan mobil secara umum. Hindari makan atau minum di dalam mobil, dan bersihkan secara rutin permukaan kabin mobil dari debu dan kotoran.

Dengan perawatan yang rutin dan tepat, kinerja AC mobil dapat tetap optimal dan dingin, dan penumpang mobil dapat merasa nyaman selama berkendara.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form