New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Mengapa Kompresor AC Mobil Bunyi Kasar? Ini Jawabannya

Salah satu pemicu turunnya kualitas kenyamanan saat berkendara yakni kompresor AC mobil bunyi kasar. Apa sih yang menyebabkan timbulnya suara bising tersebut? Jangan dibiarkan lebih lama sebab gejala ini dapat memicu kerusakan hingga merembet ke komponen lainnya.

Namun tidak dapat dipungkiri, hingga saat ini sebagian pengguna masih bersikap acuh atau tidak peduli jika mobil miliknya belum terlalu rusak parah. Sebelum rusak parah, ada baiknya anda mengetahui jawaban penyebab selengkapnya dibawah ini;

Ini Jawaban Kompresor AC Bunyi Berisik

Kompresor AC mobil bunyi kasar karena disebabkan oleh ausnya oli kompresor. Nah, kapan terakhir kali anda mengganti oli kompresor?

Sebagus atau semahal apapun oli kompresor yang digunakan, lambat laun kualitas oli tersebut dapat menurun karena umur dan tingginya intensitas penggunaaan mobil. Oli kompresor butuh dilakukan pergantian agar kinerja kompresor serta part lainnya berjalan optimal.

Umumnya, pergantian oli kompresor dilakukan ketika menempuh jarak sekitar 20 kilometer namun tidak menutup kemungkinan dapat lebih cepat karena tingkat pemakaian pengguna. Ketika melakukan pergantian oli kompresor, usahakan oli lama dapat terkuras habis sebelum oli baru dimasukkan. Jika kedua jenis oli ini tergabung, maka kualitas oli baru akan tercampur dengan oli lama. Alhasil kienrja kompresor menjadi kurang maksimal karena oli tersebut.

Berikut langkah pergantiaon oli kompresor umumnya ditemukan di bengkel mobil, antara lain sebagai berikut;

1. Freon AC dikosongkan terlebih dulu

Untuk mengosongkannya, pihak teknisi akan mengangkat freon tersebut, lalu dipindahkan ke tempat yang aman

2. Buka bagian kompresor ac mobil, lalu mengosongkan bagian kompresor

Caranya dengan membalikkan atau memutar bagian oli kompresor agar semua oli tumpah ke lantai. Cara ini hanya dapat dilakukan ketika takaran oli di dalam kompresor sebesar 100 cc

3. Pihak teknisi mengambil oli baru yang sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda

4. Pengisian oli melalui lubang saluran tekanan terendah yang terdapat pada kompresor

Sekali lagi ingat, pastikan oli lama tidak tercampur dengan oli baru. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memilih bengkel spesialis AC berkualitas. Umumnya, bengkel yang berkualitas  sudah dilengkapi dengan tools canggih pendukung serta pelayanan memuaskan guna membantu kegiatan servis menjadi lebih berkualitas.

Semoha hadirnya ulasanya diatas dapat menjadi rujukan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa apstikan mobil anda mendapatkan perawatan baik rutin maupun berkala agar terhindar dari kerusakan mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya