New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Segera Atasi Penyebab Keluar Asap Hitam Pada Mesin Diesel

Asap hitam memang sering diidentikkan pada jenis mobil diesel. Lantas apakah penyebab keluar asap hitam pada mesin diesel? Gejala ini memang dianggap mengganggu terutama bagi pengguna jalan lainnya sebab secara langsung asap dapat terhirup secara bebas hingga mengganggu saluran pernafasan.

Pada dasarnya, timbul asap hitam merupakan proses pembakaran yang tidak sempurna. Berawal dari sinilah dapat memicu performa berkendara. Jangan biarkan kondisi ini berlanjut lebih lama, bisa jadi ini sebab utamanya;

Ruang Pembakaran Bermasalah

Umumnya, gejala asap hitam disebabkan oleh ruang pembakaran yang sedang mengalami masalah. Ruang pembakaran terdiri dari berbagai komponen yang seperti busi, koil, injektor, throttle body, dan lain sebagainya. Berbagai komponen tersebut sangat memungkinkan dalam kondisi kotor, namun bisa jadi salah satunya diantaranya mengalami kerusakan.

Hal ini dipicu bekas residu pembakaran yang kurang sempurna sehingga memunculkan kerak karbon. Residu berasal dari bahan bakar bensin maupun solar. Partikel kotoran inilah yang harus dibersihkan menyeluruh agar performa mobil kembali terjaga.

Oli Sudah Jelek

Selanjutnya, penyebab keluar asap hitam pada mesin diesel bisa disebabkan oleh oli yang sudah jelek atau menurun kualitasnya. Kapan terakhir anda mengganti oli mobil anda?

Sebagus apapun oli yang digunakan, kualitas pasti akan menurun seiring dengan intensitas waktu penggunaan. Alhasil, kinerja mesin akan terganggu karena oli tidak dapat melumasi mesin dengan optimal. Bahayanya, oli yang sudah jelek akan berimbas pada gejala mobil knocking, brebet, hingga overheat.

Solusi Mengatasi Asap Hitam Pada Mesin Diesel

Jangan khawatir, yakinlah disetiap masalah pasti terdapat solusi dan kemudahan asalkan anda niatkan. Solusi tepat yang dapat anda lakukan yakni sebagai berikut;

-Lakukan Purging atau Tune Up

Purging atau Tune Up merupakan proses servis untuk membersihkan kotoran pada ruang pembakaran secara menyeluruh. Dengan melakukan Purging atau Tune Up, anda tidak hanya mengusir gejala asap hitam namun dapat menaikkan tenaga lebih ringan serta hemat BBM hingga 30%. Namun pastikan bengkel yang anda tuju memang berkompeten agar hasil Purging atau Tune Up berkualitas.

Baca Juga : Ketahui Cara Mudah Proses Tune Up Mobil di Bengkel Mobil

Ingat, Purging atau Tune Up dilakukan setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali untuk menjaga performa.

-Ganti Oli

Tidak hanya Purging atau Tune Up, namun anda juga wajib mengganti oli. Umumnya, pergantian oli dilakukan ketika menempuh perjalanan 10 ribu kilometer atau 6 bulan sekali sesuai buku pedoman.

Pastikan oli lama terkuras dengan tuntas agar kualitas oli  baru tidak tercampur dengan oli lama. Nah itulah pentingnya anda memilih bengkel berkualitas yang didukung tools atau mesin canggih dalam proses pengurasan oli.

Nah itulah ulasan mengenai penyebab keluar asap hitam pada mesin diesel dan solusinya. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan rujukan. Jangan lupa berikan perawatan berkualitas untuk mobil anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!